Tempat-Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Bangka Belitung


Tempat-Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Bangka Belitung

Kementerian Pariwisata Indonesia menetapkan Bangka Belitung sebagai next Bali, yang bisa diterjemahkan sebagai pembangunan kawasan kepulauan di Provinsi Riau ini sebagai destinasi wisata yang nantinya sama maju dan populer seperti Pulau Bali. Kemenpar melalui siaran beritanya menyebut Bangka Belitung adalah daerah yang patut dikembangkan.

Nantinya, setelah dibangun sedemikian rupa, baik kawasan wisata maupun infrastrukturnya, wisatawan yang datang akan lebih banyak. Karena itu, pemerintah pusat dan daerah bersinergi agar pembangunan kawasan Bangka Belitung segera dikerjakan.

Ada banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bangka Belitung. Beberapa di antaranya sudah terkenal setelah kepopuleran film LASKAR PELANGI yang diinisiasi oleh pemuda Babel, Andrea Hirata. Sebagian lain masih belum dikenal masyarakat luas lantaran belum terekspose.

Kawasan yang sudah terkenal di masyarakat luar Babel antara lain adalah Pantai Tanjung Tinggi. Kawasan ini awalnya dikenal lantaran jadi tempat syuting film LASKAR PELANGI, dan kemudian jadi jujugan para wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi memiliki pantai dengan batu-batu besar di salah satu sisinya. Batu-batu ini adalah peninggalan masa prasejarah yang menunjukkan bagaimana alam Bangka Belitung terbentuk kala itu.

Ada beberapa pantai di Bangka Belitung yang punya karakteristik mirip dengan Pantai Tanjung Tinggi. Ada Pantai Tanjung Kelayang, yang batuannya tidak hanya terletak di tepi pantai, dengan ukuran yang sangat besar. Tapi juga ada di tengah laut yang tak jauh dari pantai, dengan model mirip seperti Pantai Tanjung Tinggi.

Selain itu juga ada Pantai Siangau Jebus yang terletak di kawasan Bangka. Batuan di pantai ini lebih besar daripada Pantai Tanjung Tinggi, dengan warna yang lebih gelap dan menjorok sampai ke tengah laut, mirip dengan pelabuhan.

Pantai lain yang memiliki batuan di sekeliling pasirnya adalah Pantai Batu Berlayar. Air di pantai ini sangatlah jernih, dengan batuan yang tersebar tak rata di sepanjang bibir pantainya. Juga ada Pantai Rambak, yang di tepian lautnya terdapat batuan besar yang rata, bisa dipakai tempat duduk manis.

Tapi bukan hanya keindahan pantai berbatu yang membuat Bangka Belitung layak untuk dikunjungi. Di sana juga terdapat wisata bawah laut yang bisa ditemukan di Pulau Leebong, yang jadi tempat favorit para pecinta snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut kawasan Belitung.

Pasir putih dengan air laut biru jernih juga bisa ditemukan di Pulau Babi Kecil, Belitung. Pulau ini bisa ditempuh dengan menggunakan perahu dengan jarak yang tak terlalu jauh dari Belitung. Keindahan alamnya, terutama pasir pantai dan air lautnya, sungguh merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Bangka Belitung juga memiliki Pulau Lengkuas, yang memiliki kehidupan bawah laut mempesona. Tidak hanya terumbu karang yang masih indah terjaga, hewan-hewan laut di Pulau Lengkuas juga beragam. Kalau beruntung, penyelam bisa menemukan ikan dory yang disuka banyak orang.

Banyak potensi wisata yang bisa digali dari Bangka Belitung. Tidak hanya pantai, Kepulauan Babel juga memiliki danau Kaolin, Bukit Kubing, Bukit Mupos, Kampung Gedog, Gunung Maras, Museum Kata, Sungai Aik Begantong dan masih banyak tempat lainnya yang harus dikunjungi.

Pemerintah pun tidak sekedar membangun kawasan wisata di Belitung, tapi juga menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi wisatawan. Didukung oleh perusahaan yang menyediakan tiket murah ke Bangka Belitung, diharapkan potensi wisata di kawasan ini akan semakin meningkat dan menjadi the next Bali.(**)







Berikan Komentar

Weekend Lainnya
Sensasi Tidur di Rumah Pohon di Taman Langit dan Omah Kayu
Sensasi Tidur di Rumah Pohon di Taman Langit dan Omah Kayu
Sabtu, 23 September 2017 09:04 WIB
BATU - Ide kreatif Perhutani Malang patut diacungi jempol. Pasalnya, dari kawasan hutan yang dikelolanya, berkat tangan-tangan kreatif akhirnya menjadi
​Suku Loem Bisa Jadi Potensi Wisata
​Suku Loem Bisa Jadi Potensi Wisata
Rabu, 23 Agustus 2017 13:28 WIB
SUNGAILIAT - Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu menampilkan Suku Adat Lom dalam karnaval di Kabupaten Bangka, Senin (21/8) kemarin
​Pulau Putri Mulai Dilirik Turis Asing
​Pulau Putri Mulai Dilirik Turis Asing
Senin, 14 Agustus 2017 13:59 WIB
BELINYU - Lokasi Pulau Putri di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka sangat mudah dijangkau. Dengan menggunakan perahu untuk menyebrang ke Pulau
Aksesibilitas Wisata Dieng Belum Penuhi Syarat
Aksesibilitas Wisata Dieng Belum Penuhi Syarat
Senin, 24 Juli 2017 14:55 WIB
DIENG - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengatakan perlu ada sinergitas antara Kementerian Pariwisata