Sungailiat -
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan memberangkatkan 314 calon haji ke Tanah Suci pada 15 Mei 2024. "Ke-314 calon haji tersebut berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bangka," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Bangka, Zakwan, di Sungailiat, Rabu. Ia mengatakan ratusan calon haji yang akan berangkat pada 15 Mei 2024 itu sedang menjalani manasik haji di kecamatan masing-masing.



"Sesuai jadwal, jemaah calon haji terbagi dalam Kloter 4 dan 5, yang akan mulai masuk asrama haji Banka Biritung pada tanggal 14 Mei 2024 dan berangkat ke Tanah Suci pada tanggal 15 Mei 2024," katanya. Menurut dia, seluruh calon jamaah haji yang berangkat dari embarkasi Palembang, Sumatera Selatan, telah memenuhi persyaratan seperti pelunasan biaya haji dan persyaratan kesehatan.



Beliau menyatakan bahwa "semua calon jemaah haji telah memenuhi persyaratan dan mengingatkan kepada seluruh calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan agar tidak ada masalah kesehatan yang muncul sejak keberangkatan hingga kembali ke tanah air."

Beliau menyatakan bahwa jumlah calon jamaah haji Kabupaten Banka tahun 2024 yang berangkat ke Tanah Suci merupakan jumlah yang paling banyak dibandingkan dengan jamaah haji dari kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.



"Selain merupakan jumlah terbanyak dibandingkan daerah lain, juga merupakan yang terbanyak dibandingkan musim haji beberapa tahun lalu," kata Zakwan.