JAKARTA - Sebanyak tujuh anggota Divisi Humas Polri menerima penghargaan dari Irjen Pol Sandi Nugroho, Direktur Humas Polri, karena telah meraih hasil terbaik dalam Sertifikasi Kompetensi Umum untuk meningkatkan kapasitas Humas Polri. Irjen Sandi Nugroho mengatakan dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Divisi Humas Polri di Jakarta, Rabu, bahwa "penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada jajaran humas yang telah lulus sertifikasi dengan nilai terbaik". Penghargaan tersebut diserahkan pada sesi penutupan Rapat Kerja Teknis Humas Polri Tahun 2024 di Surabaya. Humas Polri menyelenggarakan Sertifikasi Kompetensi Kehumasan sebagai tindak lanjut dari Perkap Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Kehumasan di Lingkungan Polri. Dalam kegiatan Rakernis Humas Polri tahun ini, Sandi meminta seluruh perwira untuk meningkatkan kapasitas diri dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan nasional dan global.

"Dengan demikian, kami lebih siap menghadapi kemungkinan tantangan di masa depan dan mendukung stabilitas keamanan publik untuk mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan."
Bagian Hubungan Masyarakat Polri saat ini menawarkan e-learning Precision Public Relations kepada seluruh staf sebagai alat pembelajaran untuk sertifikasi kompetensi humas secara umum.

"Belum lama ini, pelatihan kompetensi kehumasan telah dilaksanakan untuk bintara, perwira dan pegawai negeri sipil di Bagian Humas. Ke depan, sertifikasi kompetensi kehumasan akan diberikan kepada para petugas kehumasan di lingkungan Polri".

Sandi menambahkan bahwa membangun kapasitas kehumasan penting untuk menuju Indonesia emas 2045. Mengutip pernyataan yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi, ada tiga hal utama yang akan membawa Indonesia mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045, yaitu pentingnya stabilitas nasional, harus ada kesinambungan dan kontinuitas, pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Berikut ini adalah beberapa alasan utama dari hal tersebut.



Bulan lalu, pada pembukaan rakernis gabungan lima divisi, termasuk Divisi Humas, Jenderal Listoyo Sigit Prabowo, Kapolri, meminta kepada Korps Humas Polri dan seluruh pegawai negeri sipil Polri, dengan narasi kepolisian yang solid, humanis dan merakyat untuk meminta mereka untuk membangun persepsi positif terhadap Polri. Anggota Bidang Humas yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Penum Subbippenmas Humas Polda Maluku AKP Wehelmina Merda Haulissa, Kasbid Murmed Humas Polda Kalsel Pembina Sri Widayati, Khabid Humas Polda Kalsel Ketujuh, Kombes Pol Adam Elwindi. Kemudian, Dirreskrimum Polda Bangka Belitung Kombes Pol Jojo Sutarjo, Dirreskrimum Polda Riau Kombes Pol Hery Murwono, Kasubbidpenmas Humas Polda DIY AKBP Verenasri Wahyuningsih, dan Kaur Penmas Humas Polda Bangka Belitung AKP Kaur Penmas Humas Polda Bangka Belitung AKP Candra Wijaya.