JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan siap mengawal dan mengawal perayaan Hari Buruh (May Day) besok, 1 Mei. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Tornoyud Wisnu Andiko mengatakan May Day merupakan salah satu agenda yang masuk dalam kalender keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Polri. "Dalam kegiatan kalender kamtibmas peringatan May Day Polri dan jajarannya," kata Turnoyud di Jakarta, Selasa.
Dia mengatakan Polri siap mengawal berbagai kegiatan di mana para buruh menyampaikan pendapat di muka umum dan memberikan pelayanan sosial. "Polri dan jajarannya selalu siap memberikan pengamanan terhadap kegiatan saudara-saudara kita para buruh, termasuk bakti sosial dan kegiatan-kegiatan yang bersifat penyampaian pendapat.
"Namun demikian, para buruh yang akan memperingati May Day besok diharapkan dapat melaksanakan kegiatannya dengan tertib dan bekerja sama menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

"Namun demikian, kami mengimbau kepada Polri untuk juga bertindak tertib dan bekerja sama menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat," kata Tornoyud. Sementara itu, sebuah koalisi serikat buruh merencanakan sebuah aksi besar-besaran di sekitar kediaman Raja Salman di Jakarta untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) pada hari Rabu (5 Jan).

Banyak daerah lain di Jakarta yang juga memperingati Hari Buruh, termasuk kegiatan jalan santai di Bangka Biritung, kegiatan kerja bakti di pemerintah kabupaten Purwakarta dan pesta rakyat di Pukalongan.

Selanjutnya, Federasi Serikat Pekerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menyelenggarakan serangkaian aksi sosial dan diskusi publik sebagai bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Buruh 2024.