Pangkalpinang - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safriati Safrizar, mengajak kaum perempuan di daerah itu untuk memaknai peringatan Hari Kartini dengan terus berkarya, tangguh dan menjadi teladan. "Peringatan Hari Kartini harus menjadi momentum bagi kaum perempuan untuk terus berkarya, tangguh dan menjadi teladan sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan," kata Safriati Safrizal di Pangkalpinang, Senin. Menurut dia, perempuan di Indonesia dapat berperan dan berkarya baik di rumah maupun di ruang publik, sehingga perempuan harus selalu meningkatkan kemampuan melalui pendidikan. "Sosok Ibu Kartini mengingatkan kita seperti apa perjuangan akan pentingnya pendidikan bagi perempuan dan kita harus selalu terus meningkatkan peran diri agar dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan yang adil dan merata," ujarnya.



Beliau mengatakan bahwa pendidikan merupakan modal penting bagi perempuan, karena dengan pendidikan, perempuan dapat memahami peran dan fungsinya dengan baik, sehingga dapat melepaskan diri dari stigma negatif yang selama ini membelenggu kemandiriannya. Karena pada saatnya nanti, sikap diskriminatif, intoleransi, dan primitivisme akan ditinggalkan dan setiap orang akan dinilai dan ditentukan oleh potensi dan kualitasnya sendiri."



Menurut Safriati, cahaya perjuangan RA Kartini kini telah membuahkan hasil dan diakui secara luas oleh masyarakat Indonesia.

"Akhirnya kita benar-benar merdeka, dengan tulisan tangannya yang terkenal Habis Gelap Terbitlah Terang," katanya.