JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada hari Rabu memperingatkan akan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat di beberapa daerah di Indonesia, yaitu Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. Maluku, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara,



Sementara itu, peringatan dini potensi hujan lebat disertai kilat/petir di Aceh, Kalimantan Timur, Lampung, dan Maluku Utara dikeluarkan.

Hujan lebat disertai guntur juga diperkirakan akan terjadi di Jawa Barat dan Kalimantan Barat.

Hujan ringan hingga sedang disertai guntur dan kilat diperkirakan terjadi di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tenggara.



BMKG juga memberikan prakiraan cuaca untuk RI pada hari ini, di mana sebagian besar wilayah diperkirakan cerah atau berawan. Namun, kota-kota seperti Surabaya, Palangkaraya, Tarakan, dan Mataram diperkirakan akan turun hujan.

Sementara itu, Pekanbaru diperkirakan akan berkabut.

Badai petir diperkirakan akan terjadi pada sore hari di banyak kota, termasuk Jambi, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan Bandar Lampung. Pada saat yang sama, hujan lebat diperkirakan akan terjadi di Gorontalo dan hujan sedang di Kendari. Cuaca malam hari juga diperkirakan cerah atau cerah berawan di sebagian besar wilayah Indonesia, namun hujan ringan mungkin terjadi di Denpasar, Bengkulu, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Ambon, Mataram, dan Medan. Kupang diperkirakan berawan sepanjang hari, Padang berawan sepanjang hari dan berawan di sore hari, dan Jayapura berawan sepanjang hari. Sementara itu, di Jakarta, seluruh kota diperkirakan cerah atau berawan di pagi hari, berawan hanya di Jakarta Utara pada siang hari, dan berawan di Kepulauan Kuril



.

Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan mengalami hujan sedang pada siang hari, dan hujan ringan di Jakarta Pusat.

Berawan di seluruh wilayah pada malam hari dan berawan di seluruh wilayah pada dini hari kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu yang berpotensi hujan ringan.