Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili di Desa Trubus Meriah, Warga Doakan Bupati Selalu Sehat


Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili di Desa Trubus Meriah, Warga Doakan Bupati Selalu Sehat

LUBUKBESAR - Bupati Bangka Tengah, Dr Ir H Ibnu Saleh MM hadiri perayaan Imlek bersama warga Trubus di Kelenteng Kwan Tie Miao Trubus, Senin (11/2) sore yang disambut antusias oleh ratusan warga dan diisi dengan hiburan kesenian tari dari anak-anak Sekolah Minggu Khonghucu Terubus.

Dalam kesempatan itu Kades Trubus, Ngat Hiung, menyatakan sangat bangga dan bersyukur jika perayaan Imlek kali ini bisa dirayakan bersama Bupati Bateng, Camat, Anggota Dewan dan para tokoh serta masyarakat Trubus dan sekitarnya.


"Terimakasih atas kehadiran Pak Bupati Ibnu Saleh yang telah hadir dalam perayaan Imlek kali ini," ungkap kades Ngat Hiung dalam sambutannya.

Diungkapkannya, selaku aparatur desa, Kades Ngat Hiung mengungkapkan, dirinya bersama perangkat desa siap mengawal program dan kebijakan Bupati Bateng khususnya untuk mensupport dam menganggarkan sebagian dana desa untuk kegiatan keagamaan juga kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Pemdes Trubus, menganggarkan 2,5 persen anggaran dana desa untuk kegiatan keagamaan mulain dari kegiatan pengajian ibu-ibu, hingga kegiatan Imlek di klenteng atau pun gereja. Selain itu, untuk kegiatan kesejahteraan masyarakat dianggarkan 30 persen," ungkapnya.

Kemudian, Kades mewakili umat Konghucu Trubus khususnya menyampaikan permintaan agar Bupati Ibnu Saleh bisa mensupport perayaan Imlek di dalam gedung di tahun depan.

"Mari semua umat Khonghucu Trubus, kita mendo'akan Pak Bupati Ibnu Saleh agar senantiasa sehat dan bisa terus membangun dan mensejahterakan masyarakat Bateng," harapnya.


Senada disampaikan Ketum Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Mattakin) Provinsi Babel, Ahyun, mengungkapkan jika hujan yang turun saat perayaan Imlek ini merupakan hongsui atau berkah, mudah mudahan momentum ini bisa dirayakan lebih ramai lagi kedepannya. "Kami sangat bersyukur support Bupati Ibnu Saleh sangat luar biasa, dalam membangun, menciptakan keselarasan dan keharmonisan serta mensejahterakan masyarakat di Bumi Selawang Segantang yang beraneka ragam suku dan agama," ungkap Ahyun.

Sementara itu Bupati Ibnu Saleh menyatakan kegembiraannya bisa hadir dalam perayaan Imlek bersama masyarakat di Desa Trubus Kecamatan Lubukbesar ini. Bupati juga mengatakan, kegiatan keagamaan seperti ini perlu ditingkatkan kedepannya. 

"Kami siap memfasilitasi perayaan Imlek di gedung dengan kapasitas lebih besar kedepannya. Selain itu, kepada semua Kades di Bateng telah diinstruksikan untuk menganggarkan 2,5 persen dana desa untuk kegiatan keagamaan dan 30 persen untuk kegiatan kesejahteraan masyarakat desa. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih, Desa Trubus dan desa-desa lainnya di Bateng ini telah merealisasikannya," ungkap Bupati Ibnu Saleh.

Selain itu, diungkapkan Bupati pula, ada dua hal yang menjadi daya tarik di Desa Trubus yakni perayaan Imlek bersama yang digelar setiap tahun, kemudian potensi budidaya cabe merah oleh Poktan Trubus di bawah komando Achoi yang sudah bisa berhasil panen 16 ton per hektar dan ini bisa jadi contoh bagi desa lainnya. "Kades Trubus pun tak kalah inovatif, yakni mengembangkan program 'Sorga' atau Sarana Olahraga, sehingga masyarakat terutama kawula muda bisa lebih sehat dengan berolahraga dan kalau mau belajar tentang 'Sorga' ya ke Trubus tempatnya," kata Bupati Ibnu Saleh.

Kemudian, melalui momentum Imlek ini, Bupati mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili bagi masyarakat Khonghucu yang merayakan, kemudian berpesan untuk senantiasa menjaga persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

"Terlebih menjelang Pemilu, mari kita sukseskan berikan hak suara. kita tidak perlu ribut, pilihan boleh berbeda, namun persaudaraan kita harus tetap terjaga. Karena Babel ini adalah miniatur keberagaman umat beragama di Indonesia yang bisa hidup rukun dan damai," tandas Bupati Ibnu Saleh. 

Pada kesempatan itu, anak-anak Sekolah Minggu Khonghucu Trubus menampilkan kesenian tari, penampilan atraksinya barongsai serta Bupati Ibnu Saleh memberikan hadiah kepada siswa Sekolah Minggu berprestasi dan para guru. (adv/and)





Banner


Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
Penilaian BPK RI, Pemda Bangka Barat Raih Opini WTP
Penilaian BPK RI, Pemda Bangka Barat Raih Opini WTP
Senin, 15 Juni 2020 21:34 WIB
MUNTOK -- Pemerintah Daerah Bangka Barat kembali mendapatkan opini dengan Wajar Tampa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Bangka
20 Point di Rekomendasikan DPRD Bangka Barat Atas Kinerja Bupati Tahun 2019
20 Point di Rekomendasikan DPRD Bangka Barat Atas Kinerja Bupati Tahun 2019
Kamis, 21 Mei 2020 22:31 WIB
MUNTOK -- DPRD Bangka Barat mengeluarkan 20 point rekomendasi atas penilaian kinerja Bupati Bangka Barat tahun anggaran 2019.
DPRD Basel Beri 28 Catatan Atas LKPJ Bupati 2019
DPRD Basel Beri 28 Catatan Atas LKPJ Bupati 2019
Selasa, 19 Mei 2020 02:41 WIB
TOBOALI – Dewan Perwakilan Radkyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memberikan 28 rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati
Bupati Basel Sambut Kapolda Babel Dalam Pemantauan dan Cek Pos Pelayanan Operasi Ketupat Menumbing 2020
Bupati Basel Sambut Kapolda Babel Dalam Pemantauan dan Cek Pos Pelayanan Operasi Ketupat Menumbing 2020
Jum'at, 08 Mei 2020 20:42 WIB
TOBOALI - Bupati Bangka Selatan (Basel), Justiar Noer menerima kunjungan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigjen Anang Syarif Hidayat bersama