Rupiah Pelan-Pelan Kembali Rebut Titel Juara Asia


Rupiah Pelan-Pelan Kembali Rebut Titel Juara Asia

JAKARTA - Pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi, terus ke zona hijau dan secara pasti menjadi mata uang terkuat di Asia.

Pada pukul 9.38 WIB, rupiah menguat 58 poin atau 0,41 persen menjadi Rp 14.025 per dolar AS dari sebelumnya Rp 14.083 per dolar AS.

Pagi ini, mata uang utama Asia memang cenderung menguat di hadapan dolar AS. Hanya yuan China, dolar Singapura, dan baht Thailand yang masih tersendat di zona merah.

"Saya lihat tadi pagi sentimen negatif membayangi pergerakan aset berisiko dengan sentimen kekhawatiran pasar terhadap meningginya wabah dan konflik di regional Asia antara Korut, Korsel, China, dan India," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, lanjut Ariston, sentimen positif masih datang dari stimulus bank sentral AS The Fed yang besar dan rencana stimulus pemerintah AS sebesar 1 triliun dolar AS untuk infrastruktur.

"Selain itu ekonomi new normal yang baru mulai aktif di Indonesia, berpotensi menahan penurunan ekonomi di tengah pandemi," ujarnya.

Ia menuturkan rupiah juga bisa mendapatkan sentimen positif dari Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia hari ini bila terjadi pemangkasan.

Kali ini konsensus analis memproyeksikan pemangkasan 25 basis poin.

"Kalau ini dilakukan, bisa memberikan sentimen positif untuk rupiah karena kebijakan ini bisa membantu meningkatkan aktivitas ekonomi," kata Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak ke kisaran Rp14.000 per dolar AS.

Pada Rabu (17/6) lalu, rupiah menguat 7 poin atau 0,05 persen menjadi Rp14.083 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.090 per dolar AS. (ant/jpnn)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
Memanfaatkan Undangan Online di Masa Pendemi Jadi Solusi Terbaik
Memanfaatkan Undangan Online di Masa Pendemi Jadi Solusi Terbaik
Minggu, 22 November 2020 08:30 WIB
Pendemi saat ini merubah banyak hal dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah cara menyebarkan undangan. Saat pendemi Covid-19 seperti ini
Kinerja Sembilan Bulan Tahun 2020 Indosat Ooredoo
Kinerja Sembilan Bulan Tahun 2020 Indosat Ooredoo
Selasa, 03 November 2020 21:20 WIB
Jakarta – Indosat Ooredoo (Perusahaan) hari ini Selasa (03/11/2020), mengumumkan laporan kinerja sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2020.
Perbankan dan Dunia Usaha Berbagi Optimisme Hadapi Dampak Pandemi Corona
Perbankan dan Dunia Usaha Berbagi Optimisme Hadapi Dampak Pandemi Corona
Senin, 22 Juni 2020 13:31 WIB
JAKARTA - Banyak pengusaha dari berbagai sektor industri kesulitan memenuhi kewajiban cicilan kredit lantaran bisnisnya sedang sepi terdampak pandemi corona.
Bos Grab Terpaksa PHK 360 Karyawan
Bos Grab Terpaksa PHK 360 Karyawan
Minggu, 21 Juni 2020 15:57 WIB
JAKARTA - CEO dan Co-Founder Grab Anthony Tan memutuskan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 360 karyawan perusahaannya.