Pangkalpinang - Malaysia Tukaran Pelajar


Pangkalpinang - Malaysia Tukaran Pelajar

PANGKALPINANG - Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Kota Pangkalpinang menerima kunjungan dari salah satu sekolah yang berasal dari Malaysia, kedatangan para pelajar Negeri Jiran ini dalam rangka menjalankan program Internasional Student Exchange Programme (ISEP) tahun 2018 atau pertukaran pelajar dengan Malaysia dengan Kota Pangkalpinang.

Walikota Pangkalpinang yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Suparyono mengatakan, program pertukaran pelajar ini sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang sejak lima tahun terakhir.

"Banyak manfaat yang didapatkan dari program ini, mulai mendapatkan pengetahuan dan juga dapat mendalami kultur budaya antara Kota Pangkalpinang dengan Malaysia," ujarnya, Selasa (27/11) kemarin.

Lanjutnya, pemerintah sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas telah berlanjutnya kegiatan seperti ini yang sudah berjalan selama lima tahun ini.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pangkalpinang, Etty Fahriaty menambahkan, kegiatan seperti ini pastinya akan semakin membawa hasil positif bagi negara yang dikunjungi khususnya Malaysia dan Pangkalpinang. 

"Kepada anak-anak yang ikut program ini, mohon dimanfaatkan semaksimal mungkin, jangan hanya pegang gadget aja, karena akan merugi, tidak akan dapat apa apa, lupakan dulu gadget kita manfaatkan dulu, pembelajaran yang mereka bawa. Kita juga menyampaikan, ceritakan tentang nganggung, telur Seroja, kebudayaan kita yang nantinya bisa mereka bawa ke sana. Jangan sampai pulang tanpa kesan. Manfaatkan waktu ini sebaik mungkin, dan guru dapat membantu imbing, bila perlu beri materi, apa yang diceritakan tuan rumah dan apa yang tamu ceritakan pada tuan rumah. Mudah mudahan dengan semakin kerja sama ini semakin banyak yang kita dapatkan untuk kemajuan dunia terutama anak anak SD," tegasnya.

Kepala Sekolah SDN 3 Pangkalpinang, Rofidah menambahkan, sebanyak 8 siswa-siswi yang datang dari salah satu sekolah Malaysia, nantinya ke 8 siswa ini akan belajar di SDN 3 Pangkalpinang selama dua Minggu dan untuk tempat menginap, para siswa ini akan menginap di rumah orang tua asuh di Kota Pangkalpinang.

"Untuk siswanya akan menginap di rumah siswa kita juga yang orangtuanya telah menjadi orang tua asuh. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan setelah 8 siswa SDN 3 Pangkalpinang beberapa waktu lalu telah belajar di Malaysia," tukasnya. (tya)





Banner


Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
Mas Nadiem, Sekolah Swasta Butuh Keleluasaan Gunakan Dana BOS Untuk Guru Honorer
Mas Nadiem, Sekolah Swasta Butuh Keleluasaan Gunakan Dana BOS Untuk Guru Honorer
Senin, 22 Juni 2020 17:50 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Himmatul Aliyah menyampaikan keluhan pihak sekolah swasta terhadap penggunaan dana BOS (bantuan operasional
Penjelasan Kemendikbud Soal Isu Peleburan Mapel Agama dan PKn Melegakan
Penjelasan Kemendikbud Soal Isu Peleburan Mapel Agama dan PKn Melegakan
Senin, 22 Juni 2020 13:33 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki menilai penjelasan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) soal isu
Kemendikbud Minta Guru Tidak Paksakan Ketuntasan Kurikulum
Kemendikbud Minta Guru Tidak Paksakan Ketuntasan Kurikulum
Kamis, 18 Juni 2020 12:16 WIB
JAKARTA - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Iwan Syahril meminta para guru tidak memaksakan penuntasan kurikulum.
Disdik Pangkalpinang Uji Coba PPDB Daring Pada 16 Juni
Disdik Pangkalpinang Uji Coba PPDB Daring Pada 16 Juni
Kamis, 11 Juni 2020 09:36 WIB
PANGKALPINANG - Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melakukan uji coba Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun