Pedrosa Berkuasa di Spanyol, Rossi Melempem


Pedrosa Berkuasa di Spanyol, Rossi Melempem

    SPANYOL - Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa berhasil berjaya dalam MotoGP Spanyol yang digelar di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5). Istimewa karena ini merupakan seri ke-3000 MotoGP di semua kelas.

Sejak awal, Pedrosa memang tampil cukup apik Memulai di grid terdepan, pembalap asal Spanyol itu memang melakukannya dengan baik. Dia langsung memimpin balapan, diikuti oleh Marc Marquez, dan Andrea Iannone.

    Namun pada tikungan pertama lap 1, ada perubahan tempat di posisi dua dan tiga. Hal ini setelah Iannone harus puas mandi lebih awal karena terjatuh. Dovizioso langsung naik ke posisi kelima. Namun, Jorge Lorenzo terus membayanginya sampai lap ke-12. Dia akhirnya naik ke posisi tiga setelah melewati Zarcio di tikungan keenam. Pedrosa masih memimpin balapan. Sejak awal, Rossi sendiri memang tampil melempem. Bahkan, pada lap ke-23 tikungan pertama, dia turun posisi ke urutan kedelapan setelah dilewai Aleix Espargaro.

    Pada tiga posisi terdepan, Pedrosa, Marquez, dan Lorenzo-pun bertahan hingga lap terakhir. Pedrosa akhirnya kunci kemenagan pertama sejak GP San Marino 2016 lalu. Rossi sendiri tercecer di posisi ke-10. Pebalap Movistar Yamaha membutuhkan waktu 46 menit 5,509 detik untuk menyudahi balapan. Masalah ban diduga menjadi faktor yang menyebabkan penampilan buruknya. Sementara Maverick Vinales juga melempem. Dia hanya mampu finis di urutan keenam.

    MotoGP Spanyol saat itu diwarnai sejumlah insiden jatuhnya para pebalap, yakni Cal Crutchlow dan Pol Espargaro, ditambah Jack Miller dan Alvaro Bautista, yang sempat melakukan perkelahian pasca keduanya tergelincir ke tanah berkerikil. 

Jalannya Balapan

    Dani Pedrosa yang start dari pole position langsung melesat ke depan selepas tikungan 1 mengungguli Marc Marquez. Cal Crutchlow dan Maverick Vinales ada di belakang keduanya. Johann Zarco mencuri perhatian pada awal lomba. Pebalap Yamaha Tech 3 itu menyalip Valentino Rossi, Vinales, Crutchlow, dan Marquez untuk merebut posisi kedua pada lap keempat.

    Drama terjadi pada lap keenam. Jack Miller dan Alvaro Bautista terlibat senggolan di tikungan 1. Keduanya sama-sama jatuh dan sempat terlibat percekcokan di gravel. Insiden tersebut diinvestigasi oleh Stewards FIM. Crutchlow mengalami kecelakaan tunggal satu lap berselang di tikungan 11 saat sedang berada di posisi keempat. Tak lama Pol Espargaro juga mencium aspal di tikungan yang sama. Pada lap 10, giliran Iannone yang jadi korban tikungan 11.

    Pada lap 11, Rossi melebar dan kehilangan posisi 5 setelah disalip Andrea Dovizioso. Jorge Lorenzo lalu beraksi satu lap berselang dengan menyalip Zarco untuk merebut posisi 3. Hingga lap 16, Pedrosa masih nyaman di depan diikuti Marquez. Keduanya berselisih 1,6 detik. Sementara itu, Vinales, Dovizioso, Rossi, dan Danilo Petrucci terlibat duel memperebutkan posisi 5.

    Memasuki 10 lap terakhir, gap antara Pedrosa dan Marquez terus terpangkas. Selisih di antara keduanya kurang dari satu detik. Berjarak 5,8 detik di belakang Marquez, Lorenzo masih bertarung dengan Zarco untuk posisi terakhir di podium. Di baris tengah, Rossi semakin tercecer. Rossi semakin jauh ketinggalan dengan Petrucci dan kemudian disalip Jonas Folger serta Aleix Espargaro sehingga turun ke posisi 10 saat lomba tersisa lima lap lagi.

    Tak ada kejutan pada pengujung lomba. Dani Pedrosa mampu menjaga keunggulan di depan hingga akhirnya menjadi yang pertama menyentuh garis finis diikuti Marquez dan Lorenzo.(ies/jpg)







Berikan Komentar

Sportivo Lainnya
Gregoria Mariska Kandas di Kualifikasi Japan Open
Gregoria Mariska Kandas di Kualifikasi Japan Open
Rabu, 20 September 2017 01:03 WIB
TOKYO - Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska kandas di babak kualifikasi Japan Open supereries
Atlit Internasional Meriahkan Perlombaan MTB XC Race di Bateng
Atlit Internasional Meriahkan Perlombaan MTB XC Race di Bateng
Sabtu, 16 September 2017 11:14 WIB
PANGKALPINANG - Ajang perlombaan MTB XC Race yang akan dimulai, Minggu (17/9) di Kabupaten Bangka Tengah kali ini menarik perhatian
Timnas Bertemu Thailand di Semifinal, ​Vietnam Langsung Tersingkir
Timnas Bertemu Thailand di Semifinal, ​Vietnam Langsung Tersingkir
Kamis, 14 September 2017 13:25 WIB
YANGON - Timnas Indonesia U-19 dipastikan bertemu dengan Thailand di semifinal Piala AFF U-18, Jumat (15/9) mendatang. Hal ini didapat
Myanmar Kalahkan Vietnam, Timnas U-19 Indonesia Juara Grup B
Myanmar Kalahkan Vietnam, Timnas U-19 Indonesia Juara Grup B
Kamis, 14 September 2017 06:07 WIB
YANGON - Timnas U-19 Indonesia memastikan diri menjadi juara Grup B Piala AFF U-18 di Myanmar. Kepastian itu didapatkan setelah