Pemkot Peringati Hari Pendidikan Nasional


Pemkot Peringati Hari Pendidikan Nasional

    PANGKALPINANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017, yang bertempat di depan Kantor Tudung Saji Walikota Pangkalpinang, Selasa (2/5) kemarin. Dalam pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang dibacakan oleh Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah mengatakan, pada peringatan Hardiknas 2017 ini pemerintah mengangkat tema 'Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas', dimana tema tersebut terkait erat dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi.

    "Dengan pendidikan yang berkualitas yang merata, dalam makna dapat dikenyam oleh seluruh warga bangsa maka ikhtiar kita mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945 dapat terwujud," ujarnya. Lanjutnya, atas nama pemerintah pihaknya ingin menyampaikan penghargaan dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan yang telah mengabdi dan berkorban demi kemajuan pendidikan ditanah air ini.

    "Pengabdian dan pengorbanan seluruh guru selama ini telah membuahkan hasil yang menggembirakan, sekalipun masih banyak masalah dan ketidakpuasan tapi dengan keberhasilan tersebut semakin memacu semangat dan usaha keras para guru," jelasnya. Peringatan Hardiknas ini katanya, didasarkan atas kelahiran dari Ki Hajar Dewantara, yang dilahirkan pada tanggal 2 Mei 1889 dan juga sudah disepakati sebagai bapak Pendidikan Nasional.

    "Ki Hajar Dewantara ini awal perintisan pendidikan nasional, baik berupa gagasan, pemikiran maupun terawangan masa depan. Beberapa pandangan pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah Panca Dharma yaitu pendidikan perlu beralaskan lima dasar yaitu kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kebangsaan dan kemanusiaan," ucapnya. Masih katanya, gagasan pemikiran dan prinsip-prinsip pendidikan Ki Hajar Dewantara telah menjadi dasar acuan visi Presiden Indonesia dibidang pendidikan. Dalam visi Presiden, masa depan indonesia adalah sangat ditentukan olah generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat, serta menguasai berbagai keterampilan hidup, vokasi dan profesi.

    "Untuk mewujudkan visi tersebut, Kemendikbud bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual yang sekarang sedang diupayakan agar karakter kembali menjadi fundasi dan ruh pendidikan nasional, maupun manajerial," ungkapnya. Lebih jauh ungkapnya, reformasi juga akan dilakukan dalam hal waktu belajar di satuan pendidikan, pengorganisasian pelajaran dan kegiatan belajar, tugas tanggung jawab dan peran guru dan tenaga kependidikan.

    "Pada Hardiknas 2017 ini, mari kita singsingkan lengan baju untuk menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi anak cucu kita, agar dunia pendidikan kita semakin maju dan berkembang," tukasnya. Pada pelaksanaan upacara Hardiknas tersebut juga dilakukan pendeklarasian sekolah bebas narkoba, pemberian penghargaan kepada siswa terbaik dan juga sekolah terbaik. (tya)





Banner


Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
Gubernur Melantik Ibnu Saleh Jadi Bupati Bangka Tengah
Gubernur Melantik Ibnu Saleh Jadi Bupati Bangka Tengah
Jum'at, 28 Juli 2017 15:03 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar acara syukuran pelantikan Dr H
​Tekan Inflasi, Bupati Bateng Kembangkan Budidaya Bawang
​Tekan Inflasi, Bupati Bateng Kembangkan Budidaya Bawang
Kamis, 27 Juli 2017 21:05 WIB
NAMANG - Guna meningkatkan produktivitas produksi hasil budidaya bawang merah dan menggeliatkan perekonomian masyarakat
Upaya Promotif dan Preventif pada Era Jaminan Kesehatan Nasional di Posyandu
Upaya Promotif dan Preventif pada Era Jaminan Kesehatan Nasional di Posyandu
Rabu, 26 Juli 2017 12:56 WIB
MUNTOK - Beberapa waktu lalu, salah satu posyandu di Kabupaten Bangka Barat dinobatkan sebagai Posyandu terbaik di tingkat Nasional
SMPN 2 Pangkalpinang Jadi Model Kegiatan Blok Pramuka
SMPN 2 Pangkalpinang Jadi Model Kegiatan Blok Pramuka
Senin, 24 Juli 2017 13:42 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka meningkatkan nilai karakter siswa dan sebagai bagian dari kurikulum K13 yang telah diterapkan SMPN 2