BTN Sungailiat Kembangkan Rumah Kreatif UMKM


BTN Sungailiat Kembangkan Rumah Kreatif UMKM

SUNGAILIAT - Bank Tabungan Negara Cabang Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan rumah kreatif usaha mikro kecil menengah, guna meningkatkan kualitas produk khas daerah itu sehingga bisa bersaing di pasar global.

"Kita akan mengembangkan rumah kreatif ini ke seluruh kecamatan dan desa, guna meningkatkan kreatifitas dan inovasi pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas dan pemasaran produk," kata Kepala Kantor Kas Bank BTN Sungailiat, Agus Kuswanto, SH, MH di Sungailiat, Rabu (11/10) kemarin.

Ia menjelaskan keberadaan rumah kreatif UMKM ini sangat membantu pelaku usaha dalam meningkatkan cita rasa, kemasan dan pemasaran kuliner, kerajinan dan produk khas daerah lainnya.

"Saat ini kita telah membina dan melatih 50 pelaku UMKM dan diperkirakan akan terus meningkat seiring dikembangkannya rumah kreatif ini ke kecamatan dan desa," ujarnya.

Ia mengatakan keberadaan rumah kreatif ini berhasil menaikkan permintaan dan penjualan produk khas daerah ini, sehingga pelaku usaha lebih termotivasi untuk lebih meningkatkan produksi.

"Kita mempromosikan dan memasarkan produk khas daerah secara daring atau secara online, karena lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan usaha UMKM ini," ujarnya.

Menurut dia selama ini pelaku usaha memproduksi makanan dan kerajinan khas ini dalam skala kecil, karena promosi produk dilakukan secara manual dan dipasarkan di wilayah Bangka saja, sehingga pengembangan usaha kerakyatan ini berjalan lambat.

"Selama ini keuntungan yang diperoleh pelaku usaha hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena masih dilakukan secara tradisional, namun dengan adanya rumah kreatif ini telah mengubah cara pandang mereka dalam mengembangkan usaha yang mandiri dan berdaya saing di pasar global," ujarnya. (ant/rb)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
Pembangunan Infrastuktur Terlalu Ambisius
Pembangunan Infrastuktur Terlalu Ambisius
Selasa, 12 Desember 2017 14:04 WIB
JAKARTA - Pengamat Ekonomi dari Center of Reform on Economic (CORE) Mohammad Faisal turut menjelaskan bahwa penetapan target pertumbuhan ekonomi
Ekspor Indonesia ke Israel Terus Merosot
Ekspor Indonesia ke Israel Terus Merosot
Selasa, 12 Desember 2017 04:43 WIB
JAKARTA - Indonesia mencatat defisit perdagangan dengan Israel. Artinya, lebih banyak barang yang diimpor jika dibandingkan dengan ekspor.
Besok, Komunitas Bukalapak Babel Rayakan Umur Ke 1 Tahun
Besok, Komunitas Bukalapak Babel Rayakan Umur Ke 1 Tahun
Sabtu, 09 Desember 2017 12:40 WIB
PANGKALPINANG - Komunitas Bukalapak Bangka Belitung, akan menggelar Perayaan satu tahun berdirinya komunitas jual beli online tersebut pada Minggu, (10/12)
Erzaldi Rosman Targetkan Ekonomi Syariah Babel 2018
Erzaldi Rosman Targetkan Ekonomi Syariah Babel 2018
Sabtu, 09 Desember 2017 13:28 WIB
SUNGAILIAT - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menyerukan seluruh umat Islam untuk bersatu dan memberikan kontribusi terhadap