BTN Sungailiat Kembangkan Rumah Kreatif UMKM


BTN Sungailiat Kembangkan Rumah Kreatif UMKM

SUNGAILIAT - Bank Tabungan Negara Cabang Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan rumah kreatif usaha mikro kecil menengah, guna meningkatkan kualitas produk khas daerah itu sehingga bisa bersaing di pasar global.

"Kita akan mengembangkan rumah kreatif ini ke seluruh kecamatan dan desa, guna meningkatkan kreatifitas dan inovasi pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas dan pemasaran produk," kata Kepala Kantor Kas Bank BTN Sungailiat, Agus Kuswanto, SH, MH di Sungailiat, Rabu (11/10) kemarin.

Ia menjelaskan keberadaan rumah kreatif UMKM ini sangat membantu pelaku usaha dalam meningkatkan cita rasa, kemasan dan pemasaran kuliner, kerajinan dan produk khas daerah lainnya.

"Saat ini kita telah membina dan melatih 50 pelaku UMKM dan diperkirakan akan terus meningkat seiring dikembangkannya rumah kreatif ini ke kecamatan dan desa," ujarnya.

Ia mengatakan keberadaan rumah kreatif ini berhasil menaikkan permintaan dan penjualan produk khas daerah ini, sehingga pelaku usaha lebih termotivasi untuk lebih meningkatkan produksi.

"Kita mempromosikan dan memasarkan produk khas daerah secara daring atau secara online, karena lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan usaha UMKM ini," ujarnya.

Menurut dia selama ini pelaku usaha memproduksi makanan dan kerajinan khas ini dalam skala kecil, karena promosi produk dilakukan secara manual dan dipasarkan di wilayah Bangka saja, sehingga pengembangan usaha kerakyatan ini berjalan lambat.

"Selama ini keuntungan yang diperoleh pelaku usaha hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena masih dilakukan secara tradisional, namun dengan adanya rumah kreatif ini telah mengubah cara pandang mereka dalam mengembangkan usaha yang mandiri dan berdaya saing di pasar global," ujarnya. (ant/rb)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
​Keluarga Besar Novotel Rayakan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1439 H
​Keluarga Besar Novotel Rayakan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1439 H
Selasa, 17 April 2018 22:33 WIB
BANGKA TENGAH - Terdengar Hadroh, Sholawat dan Asmaul Husna yang dibawakan dengan merdu oleh kelompok Majelis Taklim dari Pondok Pesantren
Smartphone Satelit Pertama Di Dunia dengan OS Android
Smartphone Satelit Pertama Di Dunia dengan OS Android
Senin, 16 April 2018 01:32 WIB
Pernahkan Anda mendengar tentang ponsel satelit? Istilah ini memang masih asing dan jika Anda penasaran dengan smartphone satelit, Thuraya adalah
PT Timah Investasikan 26 Juta Dolar di Nigeria
PT Timah Investasikan 26 Juta Dolar di Nigeria
Jum'at, 13 April 2018 09:40 WIB
PANGKALPINANG - PT Timah Tbk akan menginvestasikan 26 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp356,2 miliar untuk merealisasikan ekspansi perusahaan
Harga Emas Hari Ini Naik Tajam!
Harga Emas Hari Ini Naik Tajam!
Kamis, 12 April 2018 15:39 WIB
JAKARTA - Harga emas Antam mengalami kenaikan cukup tajam pada perdagangan hari ini, Kamis (12/4). Antam butik Pulogadung, Jakarta, membuka