BTN Sungailiat Kembangkan Rumah Kreatif UMKM


BTN Sungailiat Kembangkan Rumah Kreatif UMKM

SUNGAILIAT - Bank Tabungan Negara Cabang Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan rumah kreatif usaha mikro kecil menengah, guna meningkatkan kualitas produk khas daerah itu sehingga bisa bersaing di pasar global.

"Kita akan mengembangkan rumah kreatif ini ke seluruh kecamatan dan desa, guna meningkatkan kreatifitas dan inovasi pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas dan pemasaran produk," kata Kepala Kantor Kas Bank BTN Sungailiat, Agus Kuswanto, SH, MH di Sungailiat, Rabu (11/10) kemarin.

Ia menjelaskan keberadaan rumah kreatif UMKM ini sangat membantu pelaku usaha dalam meningkatkan cita rasa, kemasan dan pemasaran kuliner, kerajinan dan produk khas daerah lainnya.

"Saat ini kita telah membina dan melatih 50 pelaku UMKM dan diperkirakan akan terus meningkat seiring dikembangkannya rumah kreatif ini ke kecamatan dan desa," ujarnya.

Ia mengatakan keberadaan rumah kreatif ini berhasil menaikkan permintaan dan penjualan produk khas daerah ini, sehingga pelaku usaha lebih termotivasi untuk lebih meningkatkan produksi.

"Kita mempromosikan dan memasarkan produk khas daerah secara daring atau secara online, karena lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan usaha UMKM ini," ujarnya.

Menurut dia selama ini pelaku usaha memproduksi makanan dan kerajinan khas ini dalam skala kecil, karena promosi produk dilakukan secara manual dan dipasarkan di wilayah Bangka saja, sehingga pengembangan usaha kerakyatan ini berjalan lambat.

"Selama ini keuntungan yang diperoleh pelaku usaha hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena masih dilakukan secara tradisional, namun dengan adanya rumah kreatif ini telah mengubah cara pandang mereka dalam mengembangkan usaha yang mandiri dan berdaya saing di pasar global," ujarnya. (ant/rb)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
Asian Games Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Asian Games Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Senin, 30 Juli 2018 12:48 WIB
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 membawa
Pemprov Babel Akan Terapkan Pasar Modal Syariah
Pemprov Babel Akan Terapkan Pasar Modal Syariah
Senin, 09 Juli 2018 11:36 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menerapkan pasar modal berbasis syariah, sebagai upaya mencegah investasi fiktif yang akan
Setelah Pangkalpinang, Sang Pisang Akan Hadir di Kabupaten di Babel
Setelah Pangkalpinang, Sang Pisang Akan Hadir di Kabupaten di Babel
Senin, 09 Juli 2018 10:18 WIB
PANGKALPINANG - Outlet "Sang Pisang" resmi dibuka setelah dilakukan pemotongan pita dan pelepasan balon oleh putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang
Proyek Meikarta Terancam Molor? Begini Penjelasannya
Proyek Meikarta Terancam Molor? Begini Penjelasannya
Jum'at, 06 Juli 2018 15:38 WIB
JAKARTA - Pembangunan kota baru Meikarta tidak terpengaruh proses hukum terkait permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Apalagi, proses hukum