BTN Sungailiat Kembangkan Rumah Kreatif UMKM


BTN Sungailiat Kembangkan Rumah Kreatif UMKM

SUNGAILIAT - Bank Tabungan Negara Cabang Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan rumah kreatif usaha mikro kecil menengah, guna meningkatkan kualitas produk khas daerah itu sehingga bisa bersaing di pasar global.

"Kita akan mengembangkan rumah kreatif ini ke seluruh kecamatan dan desa, guna meningkatkan kreatifitas dan inovasi pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas dan pemasaran produk," kata Kepala Kantor Kas Bank BTN Sungailiat, Agus Kuswanto, SH, MH di Sungailiat, Rabu (11/10) kemarin.

Ia menjelaskan keberadaan rumah kreatif UMKM ini sangat membantu pelaku usaha dalam meningkatkan cita rasa, kemasan dan pemasaran kuliner, kerajinan dan produk khas daerah lainnya.

"Saat ini kita telah membina dan melatih 50 pelaku UMKM dan diperkirakan akan terus meningkat seiring dikembangkannya rumah kreatif ini ke kecamatan dan desa," ujarnya.

Ia mengatakan keberadaan rumah kreatif ini berhasil menaikkan permintaan dan penjualan produk khas daerah ini, sehingga pelaku usaha lebih termotivasi untuk lebih meningkatkan produksi.

"Kita mempromosikan dan memasarkan produk khas daerah secara daring atau secara online, karena lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan usaha UMKM ini," ujarnya.

Menurut dia selama ini pelaku usaha memproduksi makanan dan kerajinan khas ini dalam skala kecil, karena promosi produk dilakukan secara manual dan dipasarkan di wilayah Bangka saja, sehingga pengembangan usaha kerakyatan ini berjalan lambat.

"Selama ini keuntungan yang diperoleh pelaku usaha hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena masih dilakukan secara tradisional, namun dengan adanya rumah kreatif ini telah mengubah cara pandang mereka dalam mengembangkan usaha yang mandiri dan berdaya saing di pasar global," ujarnya. (ant/rb)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
BNI Raup Laba Rp 10,16 Triliun
BNI Raup Laba Rp 10,16 Triliun
Minggu, 15 Oktober 2017 15:02 WIB
JAKARTA - Hingga kuartal ketiga tahun ini, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mencatat laba Rp 10,16 triliun atau tumbuh
Kementan Sebut Ada 3 Model untuk Genjot Irigasi Petani
Kementan Sebut Ada 3 Model untuk Genjot Irigasi Petani
Sabtu, 14 Oktober 2017 21:52 WIB
Kementerian Pertanian berusaha untuk memperbaiki dan menggenjot saluran irigasi di daerah-daerah yang buruk pengairannya. Harapannya, agar tingkat produksi padi petani,
Tekan Inflasi, Pemkot Gadeng BI Gelar Pasar Murah
Tekan Inflasi, Pemkot Gadeng BI Gelar Pasar Murah
Kamis, 12 Oktober 2017 15:50 WIB
PANGKALPINANG - Dalam upaya menekan angka inflasi dan juga membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah akan kebutuhan bahan pokok, Pemerintah Kota
Menperin Minta Industri Mamin Hasilkan Inovasi Produk
Menperin Minta Industri Mamin Hasilkan Inovasi Produk
Kamis, 12 Oktober 2017 15:48 WIB
UNTUK kesekian kalinya Kementerian Perindustrian menggelar pameran industri makanan dan minuman (mamin). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai wahana