Polres Pangkalpinang Peroleh Nilai Terbaik


Polres Pangkalpinang Peroleh Nilai Terbaik

Evaluasi Pelayanan Publik 2016 dari Kemenpan RB


    PANGKALPINANG - Polres Pangkalpinang memperoleh penilaian Terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI dalam pelayanan publik selama Tahun 2016. Selain Pangkalpinang, ada 17 Polres se-Indonesia yang memperoleh penilaian terbaik, diantaranya Polres Bantul, Polresta Pontianak Kota, Polresta Pekanbaru, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Balikpapan, Polres Kulon Progo, Polres Gianyar, Polres Sleman, Polres Banyuwangi, Polres Malang, Polres Malang Kota, Polres Mataram, Polres Penajam Paser Utara, Polres Bengkulu, Polres Serang, serta Polres Kutai Kartanegara.

    Dikutib Tribratanewsbabel.com, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RBt Diah Natalisa dalam rapat kerja bersama Asisten Perencanaan Polri di Jakarta, Senin (27/03) mengatakan bahwa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di lingkungan kepolisian, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah melakukan evaluasi sebanyak 58 Polres pada tahun 2016.

    Evaluasi ini bertujuan untuk melihat sejauh mana implementasi UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dalam peningkatan pelayanan prima, peningkatan kualitas pelayanan publik melalui perbaikan pelayanan serta mendorong unit pelayanan publik memberikan pelayanan yang prima. Diah menambahkan, ada 6 indikator penilaian dalam melakukan evaluasi ini. Diantaranya standar pelayanan, maklumat pelayanan, survey kepuasan masyarakat, pengelolaan pengaduan, sarana prasarana, serta inovasi. “Ada 18 polres memperoleh nilai sangat baik karena telah memenuhi 6 indikator penilaian,” ujarnya.

    Selain itu, Kementerian PANRB juga menetapkan 29 Polres yang memperoleh nilai Baik, 9 Polres memperoleh nilai kurang baik serta sebanyak 2 polres memperoleh nilai belum baik. Dengan adanya evaluasi ini Diah berharap, pelayanan publik Kepoliasian Republik Indonesia akan jauh lebih baik lagi sehingga masyarakat akan lebih diuntungkan.

    Sementara itu, Asisten Perencanaan Polri Brigjen Bambang Sunarwibowo mengatakan, dengan adanya evaluasi ini Polri berupaya terus meningkatkan pelayanan publik pada setiap unit layanan pada Polres dengan berpedoman pada ketentuan tentang pelayanan publik yang berlaku. Untuk itu ia meminta dilakukannya perbaikan dan penyempurnaan pada 8 area perubahan pelaksanaan reformasi birokrasi di institusi Polri dengan perpedoman pada Permenpan no. 14 tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah. Ia berharap, pelayanan kepolisian kepada masyarakat akan jauh lebih meningkat lagi.

    Terpisah, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Brigjen Pol Drs. Anton Wahono melalui Kabidhumas AKBP Abdul Mun’im menegaskan bahwa seluruh jajaran siap memberikan pelayanan prima yang optimal kepada masyarakat dan siap menerima kritikan dan masukan dari seluruh lapisan masyarakat demi terwujudnya pelayanan publik yang terbaik.

    "Penilaian pelayanan publik terbaik yang disematkan kepada Polres Pangkalpinang selama Evaluasi Tahun 2016 dari Kemen PAN RB ini sebagai wujud kesiapan jajaran Polda Babel dalam memberikan pelayanan prima. Dan ini sudah selalu diingatkan dan ditekankan oleh pak Kapolda pada setiap kesempatan kepada Para Kasatker Polda dan Kasatwil (Kapolres) jajaran Polda Babel untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat guna mewujudkan Polisi yang Promoter," ujar Kabidhumas.(rel)







Berikan Komentar

Perspektif Lainnya
Tiga Tantangan Dasawarsa Kelima
Tiga Tantangan Dasawarsa Kelima
Jum'at, 11 Agustus 2017 01:53 WIB
TIGA perkembangan mengemuka seiring dengan perjalanan ASEAN memasuki dasawarsa kelima. Selain mengemukakan konfigurasi aktual, ketiganya mengetengahkan tantangan yang tidak mudah.
Negara Maritim, tapi Garam Langka
Negara Maritim, tapi Garam Langka
Kamis, 03 Agustus 2017 03:26 WIB
BEBERAPA pekan ini kita dibuat kebingungan dengan adanya pemberitaan garam yang langka dan harga melonjak. Kondisi tersebut terjadi di semua
​Negara Maritim, tapi Garam Langka
​Negara Maritim, tapi Garam Langka
Rabu, 02 Agustus 2017 19:28 WIB
BEBERAPA pekan ini kita dibuat kebingungan dengan adanya pemberitaan garam yang langka dan harga melonjak. Kondisi tersebut terjadi di semua
Warisan Erzaldi untuk Ibnu
Warisan Erzaldi untuk Ibnu
Jum'at, 28 Juli 2017 16:33 WIB
TERPILIHNYA Bupati Bangka Tengah Erzaldi menjadi Gubernur Kepuluan Bangka Belitung ternyata meninggalkan sejumlah warisan prestasi