5 Hal Ini Perlu Dilakukan Demi Kualitas Tidur Anda


5 Hal Ini Perlu Dilakukan Demi Kualitas Tidur Anda

Mungkin Anda sulit mendapatkan tidur yang berkualitas karena mengalami beberapa faktor, seperti pekerjaan, beban yang terlalu tinggi, masalah kesehatan dan lainnya.

Padahal, mendapatkan tidur malam yang baik dapat menjaga kesehatan tubuh. K arena manfaat dari tidur malam adalah untuk mengurangi resiko penyakit, meningkatkan kemampuann otak dan juga mempertahankan berat badan Anda.

Berikut adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, seperti dilansir laman Health.

1. Matikan perangkat teknologi sebelum tidur

Kesalahan tidur terbesar yang dilakukan orang adalah melakukan terlalu banyak hal yang merangsang terlalu mendekati waktu tidur.

Perangkat gadget Anda benar-benar bisa mengurangi tidur Anda karena mereka merangsang otak secara intelektual dan cahaya biru yang dipancarkan dari layar kita menekan pelepasan melatonin, yaitu hormon mengantuk tubuh kita.

2. Bangun pada waktu yang sama setiap hari

Hal ini bisa membantu memperbaiki tidur dengan membuat tubuh Anda sesuai jadwal.

3. Paparkan diri Anda ke cahaya saat Anda bangun tidur

Buka jendela untuk membiarkan cahaya matahari masuk atau ke luar untuk berjalan-jalan saat bangun.

Pastikan cahaya masuk melalui mata Anda, karena hal ini akan membantu mengatur jam alami tubuh Anda.

4. Gunakan aktivitas santai untuk membantu Anda tertidur

Jika Anda terbangun sambil mencoba tertidur, atau Anda tidak bisa bangun tidur setelah bangun di tengah malam, maka hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah bangun dari tempat tidur dan melakukan sesuatu yang lain.

Pergilah ke ruangan lain, bacalah sesuatu yang santai dengan cahaya rendah, dengarkan musik santai, minum secangkir teh panas, lakukan sesuatu yang cukup pasif sampai Anda merasa mengantuk, lalu kembalilah ke kamar tidur Anda.

5. Konsultasi

Konsultasi dengan profesional bisa membantu Anda menemukan apa yang menyebabkan masalah Anda.(fny/jpnn)







Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
Ketahui Penyebab Sering Mimpi Buruk
Ketahui Penyebab Sering Mimpi Buruk
Selasa, 16 Januari 2018 05:50 WIB
Banyak orang menganggap bahwa mimpi buruk identik dengan anak-anak. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Orang dewasa juga bisa mengalami mimpi
Kenalilah, Ini Gejala jika Anda Kekurangan Vitamin B12
Kenalilah, Ini Gejala jika Anda Kekurangan Vitamin B12
Kamis, 11 Januari 2018 13:55 WIB
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh Anda untuk menyerap vitamin B12 dari makanan menjadi melambat. Untuk diketahui, empat
3 Kiat Tetap Langsing untuk si Doyan Makan
3 Kiat Tetap Langsing untuk si Doyan Makan
Selasa, 09 Januari 2018 04:59 WIB
RADARBANGKA.CO.ID - Anda punya cita-cita ingin langsing, meski doyan makan? Tidak ada yang salah dengan keinginan itu. Anda tetap bisa
Cari Tahu Apa yang Harus Anda Pakai Saat Tidur
Cari Tahu Apa yang Harus Anda Pakai Saat Tidur
Selasa, 26 Desember 2017 00:26 WIB
Mendapatkan tidur baik membutuhkan lebih dari sekedar menjadwalkan waktu beristirahat yang konsisten.