6 Gejala Sakit Jantung yang Jarang Diketahui


6 Gejala Sakit Jantung yang Jarang Diketahui

    Tanda serangan jantung tidak selalu jelas. Serangan tak selalu ditandai sakit di dada diikuti dengan tubuh Anda ambruk ke lantai seperti di film-film. Beberapa gejala masalah jantung bahkan tidak muncul di dada. Sehingga sering kali dianggap gejala penyakit lain atau bahkan hal normal. Berikut ini gejala masalah jantung yang tidak banyak diketahui publik seperti dilansir laman Prevention.

1. Kaki atau Pergelangan Kaki Bengkak

    Sementara kaki bengkak bisa disebabkan oleh berbagai hal, mereka juga disebabkan oleh masalah katup jantung. Cairan yang menumpuk/membangun alias edema adalah gejala umum dari gagal jantung kongestif ketika jantung Anda tidak bisa memproses darah masuk dan keluar pada tingkat yang tepat. Jadi jika pembengkakan mencapai titik beratnya, Anda tahu sudah waktunya untuk mengunjungi dokter Anda.

2. Sakit Kepala

    Sakit kepala parah bisa menjadi gejala dari stroke atau bekuan darah. Sementara sakit kepala saja belum tentu menjadi indikasi dari masalah jantung, jika Anda mengalami hal itu bersama dengan gejala lain seperti kekakuan pada leher, kelelahan atau pusing, maka Anda bisa saja mengalami aneurisma dan harus mencari perhatian medis.

3. Kelelahan

    Ada sejuta alasan Anda mungkin merasa lelah, yakni kurang tidur, stres, dll. Tapi di sini kita berbicara tingkat abnormal kelelahan. Jadi, jika Anda mengalami kelelahan luar biasa biasa bersama dengan gejala lainnya, maka red flag bagi Anda.

4. Perut Kram

    Banyak orang menganggap sakit jantung dirasakan langsung di dada atau di lengan kiri mereka. Tapi apa yang banyak orang tidak sadari adalah bahwa rasa sakit bisa terasa di tempat lain di tubuh Anda juga, misalnya di perut Anda. Ketika Anda merasa mereka kram perut yang luar biasa, itu mungkin bahwa jantung Anda sedang memancarkan sinyal rasa sakit ke perut Anda.

5. Pingsan

    Pingsan adalah hasil dari penurunan tekanan darah dan yang bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Tetapi hal ini juga bisa menjadi indikasi dari masalah yang lebih serius. Sebuah gangguan katup dan detak jantung yang terlalu lambat atau terlalu cepat bisa menjadi penyebab Anda pingsan.

6. Pusing

    Seperti banyak dari gejala-gejala ini, pusing sesekali tidak menjadi perhatian. Perasaan pusing bisa merupakan hasil dari berdiri terlalu cepat, dehidrasi, dll. Tapi jika pusing terus berlanjut, itulah saatnya bagi Anda untuk mengunjungi dokter Anda. Jika masalahnya adalah jantung Anda, itu mungkin karena penyumbatan arteri atau masalah katup yang mengacaukan tekanan darah Anda.(fny/jpnn)







Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan
Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan
Kamis, 07 September 2017 14:29 WIB
Semua orang pasti pernah mengalami kesepian dari waktu ke waktu. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kesepian bisa menjadi ancaman
Cara ini Bisa Membuat Tidur Malam Anda Lebih Baik
Cara ini Bisa Membuat Tidur Malam Anda Lebih Baik
Kamis, 07 September 2017 14:27 WIB
Seberapa baik Anda tertidur di malam hari? Hal ini banyak kaitannya dengan bagaimana Anda menghabiskan waktu seharian. Selain itu kualitas
Sering Duduk Seharian? Yuk Kurangi Risiko Sindrom Dengan Cara ini
Sering Duduk Seharian? Yuk Kurangi Risiko Sindrom Dengan Cara ini
Selasa, 29 Agustus 2017 14:23 WIB
OLAHRAGA secara teratur ternyata bisa mengurangi risiko sindrom metabolik pada orang-orang yang pekerjaannya hanya duduk saja. Hal ini menurut studi
Jenis Kanker Ini Serang Pria Stres Kerja
Jenis Kanker Ini Serang Pria Stres Kerja
Jum'at, 25 Agustus 2017 06:41 WIB
PERNAHKAH merasa bahwa pekerjaan akan membunuh Anda? Sayangnya, Anda mungkin benar. Ternyata, stres kerja konstan adalah salah satu musuh terburuk