Bersaing Bermartabat di POMNAS XV Makassar


Bersaing Bermartabat di POMNAS XV Makassar

MAKASSAR -  Pekan Olahraga Nasional Mahasiswa (POMNAS) XV kembali digelar tahun ini di Makassar, Sulawesi Selatan. Event dua tahunan ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Ristek Dikti Prof. Intan Ahmad, Ph.D, di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar,  Sabtu (14/10/17). Tema yang diusung pada Pomnas tahun ini adalah “Bersaing Bermartabat”.

Pembukaan Pomnas XV Sumsel semarak dengan berbagai rangkaian acara hiburan dan parade deviley kontingen dari tiap Provinsi di Indonesia. Berbagai aksi hiburan diantaranya, paduan suara dari mahasiswa Unhas, tarian empat etnis, paraga, dan kombinasi tarian modern yang dibawakan oleh unit kegiatan mahasiswa seni tari dan Marching Band Unhas yang memukau para penonton. 

Sebelum acara pembukaan berlangsung, para peserta dan kontingen disugukan penampilan aksi terjun payung oleh Pasukan Khusus TNI AU dan mendarat dengan sempurna di lapangan bola Unhas. Diantara Peterjun terdapat juga salah satu anggota pengurus dari Bapomi Sulsel yang membawa bendera kebesar Bapomi saat terjun payung. 

Tanpak dari pengamatan, deviley kontingen Bangka Belitung pada urutan ke-17 memasuki GOR Unhas dengan sembari melambaikan tangan, dan senyum yang ceria dari para atlet dan official, yang disambut dengan temuk tangan serta teriakan kagum para penonton sebagai penyemangat dan motofasi bagi seluruh atlet yang akan berkompetisi.

Dalam sambutan Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Tina Aries Pulubuhu, MA, pada pembukaan Pomnas XV ini diharapkan ada beberapa hal yang bisa menjadi pembelajaran, yang pertama sebagai media kebugaran dan kesehatan sehingga nantinya menghasilkan atlet-atlet yang sehat dan berprestasi.  Kedua sebagai media untuk membangun karakter dan jiwa kepemimpinan yang disiplin, mempunyai semangat juang, sportifitas dan yang paling penting membangun kebersamaan dan persatuan, serta unsur yang lain adalah membangun persahabatan diantara peserta Pomnas. 

Ia juga berharap proses pelaksanaan Pomnas ini penuh dengan kejujuran dan selalu menjunjung tinggi sportifitas, dan tak kalah penting adalah bermartabat. 

“kenapa bermartabat, kami ingin persaingan ini berlaku secara jujur dengan wasit yang ngedepankan janjinnya, dan kami inginkan proses pelaksanaan Pomnas XV ini, penuh dengan martabat”, cetus Rektor Unhas. 

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-15 Sulawesi Selatan Tahun 2017 secara resmi di buka oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Intan Ahmad bersama Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda dan olahraga Kemenpora Prof. Faisal Abdullah, serta didampingi Rektor Unhas dan Pemangku pimpinan di Sulsel.. 

Sebelumnya Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti Intan Ahmad, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan, karena dalam satu tahun ini telah menyelenggarakan tiga even nasional antara lain Harteknas, Pimnas dan Pomnas 2017.

"Pomnas adalah rutin dilaksanakan 2 tahun sekali sebagai momentum meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, para atlet dari mahasiswa juga telah memberikan prestasinya diajang internasional untuk mengharumkan nama bangsa, ini tak lepas dari peran leadershif seorang Gubernur", ungkap Intan.

Dikesempatan yang sama, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyampaikan Pomnas menjadi momentum strategis bagi mahasiswa seluruh Indonesia,  sebagai pemersatu, dan memupuk kebersamaan serta persahabatan, karena melalui Pomnas kalian menyatu menjadi anak Indonesia dari Sabang hingga Merauke agar Indonesia menjadi lebih baik dan jaya.

"Pomnas ini bukan hanya pertandingan olahraga tetapi lebih penting adalah menghadirkan kebanggaan bangsa Indonesia yang memiliki prestasi berpendidikan tinggi dan kecerdasan emosi dan spiritual dalam mempertahankan kedaulatan bangsa selamat bertanding junjung sportivitas, dan bermartabat," pesannya Gubernur Sumsel.

POMNAS XV tahun 2017 diadakan oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) Sulawesi Selatan, di mana Kota Makassar sebagai tuan rumah selama sepekan ke depan atau hingga 21 Oktober 2017 mendatang, serta diikuti sedikitnya 2.727 atlet peserta dan ofisial dari 34 provinsi di Indonesia dan mempertandingkan 14 cabang olahraga (atletik, basket, voli indoor, bulutangkis, catur, futsal, karate, kempo, pencak silat, petangue, renang, sepak takraw, tarung derajat, tenis lapangan) ditambah 2 cabang ekhibisi (gateball dan selam).

Tampak hadir Wakil Ketua Umum KONI Pusat Soewarno, Pembina dan Ketua KONI Sulsel, Ketua Panitia Pomnas 2017 Abdul Rasyid Djalil, para rektor seluruh Perguruan Tinggi, dan Ketua Bapomi se-Indonesia.(Cr4)







Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
Kemdikbud Nyatakan 250.000 Guru Honorer Penuhi Syarat CPNS
Kemdikbud Nyatakan 250.000 Guru Honorer Penuhi Syarat CPNS
Selasa, 21 November 2017 02:09 WIB
KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan sebanyak 250.000 guru honorer memenuhi syarat untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Harap Full Day School Diterapkan Kembali
Harap Full Day School Diterapkan Kembali
Selasa, 21 November 2017 02:07 WIB
KOBA - Guna meminimalisir kenakalan remaja pada usia sekolah setingkat anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), Hana Meilani, Kepala Sekolah SMPN
Seminar International, Harap Kompetensi Guru Semakin Meningkat
Seminar International, Harap Kompetensi Guru Semakin Meningkat
Selasa, 21 November 2017 02:05 WIB
PANGKALPINANG - Lembaga sosial pendidikan aisyah sukardi (LSPAIS) dengan pemprov babel, dan USA menggelar seminar international yang bertajuk "an
Pangkalpinang 100 Persen Terapkan UNBK
Pangkalpinang 100 Persen Terapkan UNBK
Selasa, 21 November 2017 00:17 WIB
PANGKALPINANG - Saat ini baru hanya di Kota Pangkalpinang dan Yogyakarta yang telah 100 persen memenuhi standar penerapan Ujian Nasional