3 Sampai 4 Kali Ditolak itu Biasa


3 Sampai 4 Kali Ditolak itu Biasa

SUNGAILIAT - Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka berhasil menembus jurnal internasional. Darol Arkum (40), telah berhasil mempublikasikan 2  artikelnya di Jurnal Internasional.

Darol Arkum merupakan salah satu peneliti di STISIPOL Pahlawan 12 yang konsisten dan fokus melakukan riset pada jurnal internasional. Beberapa penelitiannya telah di publikasi di jurnal seperti International Journal of Bisnis, Economic and Law dan Journal East Asia Journal of Contemorary Business, Economic and Law. Publikasi risetnya berkenaan dengan tema-tema kebijakan publik, ekonomi pembangunan dan ekonomi politik.
    
Darol yang juga kandidat Doktor dari S3 Universitas Gadjahmada (UGM) tersebut mengaku telah aktif menulis jurnal internasional sejak tahun 2013. "Tidak mudah bagi saya untuk bisa mempublikasi hasil risetnya  di jurnal-jurnal internasional bisa sampai tiga sampai empat kali untuk tembus dan masuk," ungkap Darol, Selasa (3/10).
    
Beruntung dirinya tidak pernah menyerah dan fokus untuk meneliti dan sampai saat ini telah menjadi hobi dalam aktivitasnya yang sangat padat. "Saya kalau setiap kali artikelnya ditolak, selalu memperbaiki dan kemudian mengirimkannya lagi hingga akhirnya diterima dan dipublikasikan. Ditolak hingga 3-4 kali itu sudah biasa, akan tetapi harus berupaya keras untuk tidak menyerah dan memperbaikinya," ungkapnya.
    
Lebih Lanjut Darol menuturkan, untuk sekarang ini, kegiatan menulis artikel di jurnal-jurnal internasional telah menjadi hobinya. "Yang penting kita harus sering mencoba dan berusaha secara konsisten," kata pria yang lahir di Desa Tiram, Toboali. Publikasi artikelnya di jurnal internasional lanjut pria berputera dua ini menjadi kebanggaan tersendiri karena jurnal tersebut dapat dibaca oleh berbagai pembaca di seluruh dunia sebagai referensi.
    
"Karena dengan dibacanya jurnal tersebut, kita dapat berbagi ilmu pengetahuan dengan komunitas akademik di dunia internasional dan sekaligus sebagai amal untuk berbagi amal jariyah juga," ujar Darol yang saat ini sedang mempersiapkan diri ujian tertutup di studi kebijakan UGM. Kedepan Darol terus berusaha untuk sering melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal internasional dan saat ini sedang mempersiapkan 3 hasil penelitiannya lagi untuk dipublikasikan di jurnal internasional.
    
Selain aktif meneliti di jurnal internasional, dosen yang juga Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Bangka ini juga telah menulis berbagai buku berskala nasional."Semoga hal ini bisa bermanfaat untuk dunia pendidikan dan masyarakat pada umumnya," harap Darol. (rul)







Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
Medali Pertama Buat Babel dari Cabor Jalan Cepat 10.000 Meter
Medali Pertama Buat Babel dari Cabor Jalan Cepat 10.000 Meter
Selasa, 17 Oktober 2017 13:14 WIB
MAKASSAR -- Persembahan terbaik atlet jalan cepat andalan Babel tersebut membuat kabar gembira bagi masyarakat Babel, setelah dalam babak final
Bersaing Bermartabat di POMNAS XV Makassar
Bersaing Bermartabat di POMNAS XV Makassar
Minggu, 15 Oktober 2017 18:01 WIB
MAKASSAR - Pekan Olahraga Nasional Mahasiswa (POMNAS) XV kembali digelar tahun ini di Makassar, Sulawesi Selatan. Event dua tahunan
Gelar Diskusi Bersama Mahasiswa, Gubernur Berikan Sepeda
Gelar Diskusi Bersama Mahasiswa, Gubernur Berikan Sepeda
Jum'at, 06 Oktober 2017 12:57 WIB
MERAWANG - Ada yang unik dihadirkan oleh Gubernur Babel Dr H Erzaldi Rosman saat berkunjung ke Universitas Bangka Belitung (UBB)
Diikuti Pramuka Terbaik se-Indonesia, Begini Sulitnya Ikut Lomba Tingkat V Gerakan Pramuka
Diikuti Pramuka Terbaik se-Indonesia, Begini Sulitnya Ikut Lomba Tingkat V Gerakan Pramuka
Jum'at, 06 Oktober 2017 12:55 WIB
LOMBA Tingkat Lima (LT-V) adalah salah satu kegiatan paling bergengsi yang diselenggarakan Kwarnas Gerakan Pramuka. Peserta yang bisa mengikuti lomba