Makanan Ini Bisa Perlambat Penuaan Dini


Makanan Ini Bisa Perlambat Penuaan Dini

JIKA Anda pernah pernah melihat seseorang yang tetap cantik di usia paruh baya, sekilas Anda mungkin membayangkan sebuah perawatan kecantikan yang biayanya mahal.

Sebelum mengetahui faktanya, sebaiknya simpan dulu dugaan Anda tersebut.

Memiliki wajah yang tetap segar dan awet muda, bisa hanya dilakukan dengan perubahan gaya hidup yang sehat.

Mencakup pola makan, pola tidur, aktivitas fisik dan lain, ke arah yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan.

Menambah asupan nutrisi tertentu juga penting dan Anda tidak harus mengonsumsi suplemen makanan tertentu.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu bisa membantu secara signifikan mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga memperlambat proses penuaan.

Mereka menyimpan banyak nutrisi yang memiliki kapasitas anti oksidan yang kuat.

Secara umum, makanan ini adalah makanan segar yang belum diolah atau diawetkan.

Apa saja makanan tersebut? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Tips on Life and Love, Selasa (3/10).

1. Bawang

Bawang kaya akan quercetin, sejenis antioksidan yang mencegah enzim berbahaya memicu peradangan.

Bawang juga mengandung senyawa belerang yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sumber kuersetin baik lainnya termasuk apel, brokoli, anggur merah, jus anggur dan teh.

2. Blueberry

Blueberry dikemas dengan anthocyanin, sejenis antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas (pemicu peradangan).

Sumber anthocyanin baik lainnya termasuk blackberry, stroberi, raspberry dan cranberry.

3. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan karotenoid, sejenis antioksidan yang dikenal mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah peradangan.

Cobalah mengunyah buah, sayuran berwarna kuning, hijau, oranye, merah atau wortel, labu kuning, paprika dan mangga.

4. Bayam

Bayam juga memiliki karotenoid, belum lagi vitamin B2 yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Setiap sayuran berdaun hijau sangat efektif untuk mendapatkan kekebalan tubuh.

5. Bawang putih

Seperti bawang bombay, bawang putih kaya akan senyawa belerang yang meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh.

Bawang putih juga merupakan agen anti-inflamasi yang hebat.

6. Nanas

Bromelain, yang ditemukan di nanas, adalah enzim yang mengurangi peradangan dan memberikan beberapa efek peningkatan kekebalan tubuh.

Nanas juga merupakan sumber yang sangat baik dari antioksidan dan vitamin C.

7. Jahe

Akar jahe segar bertindak sebagai antiinflamasi. Ia bekerja dengan cara meredam aksi enzim yang merangsang peradangan dalam tubuh.

8. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang memiliki efek antiinflamasi.

7. Jus delima dan delima

Buah delima baru-baru ini mendapat penghargaan atas manfaat kesehatan kardiovaskularnya.

Ini adalah antioksidan kuat yang tampaknya melindungi jantung dan pembuluh darah.

Jus delima mungkin memiliki sifat anti-penyumbatan dan bisa memperlambat perkembangan plak arteri. Bahkan bisa mengurangi tekanan darah.

8. Sayuran

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition edisi Juli 2011 telah menghubungkan makanan yang kaya akan sayuran dan buah-buahan dengan kesehatan kardiovaskular yang lebih baik dan umur panjang secara keseluruhan.

Pada dasarnya, penelitian ini mengamati total asupan sayuran, asupan total buah dan asupan sayuran silangan dalam dua kelompok besar subjek dan menemukan bahwa asupan sayuran total yang tinggi, terutama yang bersifat cruciferous (seperti brokoli, kembang kol, dan kubis), terkait dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular secara signifikan.

Sayuran penting adalah sayuran yang kaya akan senyawa yang disebut sulforaphanes dan berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi dalam tubuh. Kedua efek ini sangat penting sehubungan dengan penyakit jantung.(fny/jpnn)







Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
5 Perubahan Fisik Wanita Setelah Memiliki Anak
5 Perubahan Fisik Wanita Setelah Memiliki Anak
Rabu, 06 Desember 2017 22:30 WIB
Dari kecanduan intens terhadap serangan insomnia, kita semua tahu bahwa kehamilan bisa menyebabkan beberapa gejala yang agak aneh.
5 Tips Berpakaian Agar Terlihat Lebih Langsing
5 Tips Berpakaian Agar Terlihat Lebih Langsing
Minggu, 26 November 2017 15:22 WIB
Kaum perempuan sering tak percaya diri, khawatir terlihat tambah gemuk. Tak jarang, meski sudah membongkar lemari pakaian, mereka tetap tidak
Mengenali 5 Warna Bibir Wanita dari Sisi Kesehatan
Mengenali 5 Warna Bibir Wanita dari Sisi Kesehatan
Sabtu, 25 November 2017 13:59 WIB
Setiap warna memberi makna. Warna-warna yang terbentuk memiliki penanda. Tidak hanya memberi sinyal secara estetika tapi juga dari sisi kesehatan.
Menguji Kebenaran 6 Mitos Soal Make Up, Fakta atau Fiksi?
Menguji Kebenaran 6 Mitos Soal Make Up, Fakta atau Fiksi?
Selasa, 10 Oktober 2017 00:15 WIB
Seringkali para wanita mendengar tentang mitos dan fakta tentang make up yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Seperti tidak boleh