JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan pada hari Rabu akan bahaya curah hujan sedang hingga lebat di banyak daerah di Indonesia, yaitu Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur,
.
Peringatan serupa juga dikeluarkan untuk Maluku, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara,
.
Sementara itu, peringatan dini juga dikeluarkan untuk bahaya hujan lebat disertai petir di Aceh, Lampung, dan Maluku Utara.

Ia juga menjelaskan bahwa bahaya hujan lebat disertai kilat/petir diperkirakan akan terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Untuk Nusa Tenggara Timur, curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai dengan badai petir diperkirakan akan terjadi.

Lebih lanjut, BMKG menyatakan bahwa prakiraan cuaca di Indonesia untuk hari ini, yaitu pagi hari di Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Samarinda, Bandarlampung, Mamuju, Padang, Palembang, dan Medan, berawan.

Namun, badai petir diperkirakan akan terjadi di Jambi pada pagi hari.

Sebagian besar kota diperkirakan akan berawan sepanjang hari, kecuali Makassar, Yogyakarta, Ambon, dan Jayapura, di mana hujan ringan diperkirakan akan turun di pagi hari, dan kota-kota lain di mana hujan diperkirakan akan turun di siang hari.

Pada sore hari, Surabaya, Banjarmasin, Mataram dan Manado akan diguyur hujan ringan, sementara Medan dan Yogyakarta akan diguyur hujan lebat.

Palembang juga diperkirakan akan mengalami hujan petir di malam hari.

Sementara itu, di Jakarta, seluruh kota diperkirakan akan berawan di pagi hari, dengan hujan ringan di sore hari di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Hujan ringan juga diperkirakan akan turun di Jakarta Timur pada malam hari.

Sementara itu, seluruh kota diprakirakan berawan pada pagi hari, namun Kepulauan Seribu akan terpengaruh oleh curah hujan sedang.