Masyarakat Kampung Nelayan Rasakan Kontribusi CV GAM


Masyarakat Kampung Nelayan Rasakan Kontribusi CV GAM

TOBOALI - CV Gemilang Abadi Makmur (GAM) yang bergerak di bidang usaha pertambangan timah laut kembali melakukan silaturahmi dengan sejumlah tokoh masyarakat dan warga Kampung Nelayan, Kecamatan Toboali di Masjid Al Iman Kampung Nelayan, Kamis (22/10/2020).

Dalam pertemuan dan diskusi ringan yang berlangsung hangat, tokoh masyarakat setempat, H Supardi, S.Pd, menyampaikan bahwa selama beroperasi di wilayah Kampung Nelayan, CV GAM telah memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Diungkapkannya, CV GAM sebelumnya telah menyalurkan dana kompensasi dalam dua tahap dengan total nilai Rp 130.500.000,- dalam operasional mereka selama 11 hari beberapa waktu yang lalu.

"Dari dana Rp 130 juta lebih itu, sekitar Rp 17 jutaan telah disalurkan ke Masjid Kampung Nelayan. Untuk sisa dana lainnya telah disalurkan kepada masyarakat secara tuntas,"ujarnya.

Berkaca dari hal ini, lanjut Supardi bahwa andai Surat Perintah Kerja (SPK) hasil penataan kembali operasional Ponton Isap Produksi (PIP) telah dikeluarkan PT Timah Tbk maka diharapkan semua mitra PT Timah Tbk dapat menyetorkan seluruh bijih timahnya ke PT Timah Tbk secara keseluruhan.

Selain itu, lanjutnya lagi jika nanti PT Timah Tbk telah mengeluarkan Surat Perintah Kerja (SPK) kepada CV GAM, kemungkinan besar masyarakat setempat akan memberi rekomendasi kepada CV GAM asal komitmen yang telah terjalin dengan masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

"Tapi kami berharap agar PT Timah Tbk dapat memberikan SPK kepada CV GAM karena CV ini juga sebelum keluarnya SPK sudah mengadakan sosialisasi dengan kami masyarakat, dalam kegiatan menata ke depan apabila dikeluarkan SPK tersebut,"jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Cik Nati (60), warga Kampung Nelayan ini sangat berharap agar kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut. Sehingga apa-apa yang telah diolah CV GAM bersama masyarakat dapat diterima sepenuhnya berupa dana kompensasi dan hal lainnya.

Terpisah, CV GAM, Johan menyatakan bahwa pihaknya akan menjalankan komitmen yang telah disepakati bersama dengan masyarakat Kampung Nelayan seperti yang telah dilakukan CV GAM sebelum-sebelumnya.

Menurut pria yang akrab disapa Bang Jo, ketika CV GAM telah dipercaya oleh masyarakat Kampung Nelayan maka CV GAM akan berusaha keras dan bergandengan tangan dengan masyarakat setempat untuk memenuhi apa-apa yang telah disepakati bersama.

"Dan kami juga meminta kepada pihak PT Timah Tbk untuk bantu masyarakat Kampung Nelayan dan kami akan bersama-sama menjaga aset PT Timah Tbk, aset masyarakat Kampung Nelayan, sehingga kegiatan di laut yang melakukan penambangan dengan menggunakan PIP, harapan masyarakat dan kami selaku mitra seluruh hasil produksi masuk ke PT Timah Tbk," tutur Johan.

Dengan masuknya seluruh hasil produksi ke PT Timah Tbk, sebut Johan, sehingga di lapangan sesuai dengan hasil produksi unit ponton masing-masing akan tercatat dan diberikan kepada masyarakat Kampung Nelayan sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati bersama.

"Kami juga berharap seluruh masyarakat Kampung Nelayan harus kompak bersama-sama kita pihak perusahaan dan PT Timah Tbk untuk mengawal ini semua. Semoga dengan niat yang baik kita, keikhlasan kita disini, apa yang diharapkan masyarakat bisa diridhoi Allah SWT, aamiin," kata Johan.

Sementara itu Komisaris CV GAM, Ega menambahkan bahwa pada prinsipnya apa-apa yang sudah terjalin selama ini dengan masyarakat akan dijalankan dengan amanah. Selain kegiatan berusaha, CV GAM juga akan menyeimbangkan dengan kegiatan amal.

"Pada dasarnya kami dari pihak CV GAM yang sebelumnya pernah menjalani operasional selama 11 hari, mudah-mudahan dengan percontohan itu kami semakin amanah dan menjaga amanah dari masyarakat, semakin bertanggung jawab, sehingga tujuan kita berusaha sambil beramal dalam terlaksana dengan baik,"terang Ega.(afa)




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
  KPU Basel Terima 141.653 Lembar Surat Suara
KPU Basel Terima 141.653 Lembar Surat Suara
Senin, 23 November 2020 17:52 WIB
Sebanyak 141.653 lembar surat suara untuk Pilkada serentak telah tiba dan diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel).
Pulang Dari Perjalanan Dinas, Satu Anggota DPRD Basel Positif Virus Covid-19
Pulang Dari Perjalanan Dinas, Satu Anggota DPRD Basel Positif Virus Covid-19
Selasa, 10 November 2020 22:44 WIB
TOBOALI - Satu anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) inisial BR (52), dinyatakan positif Covid-19 setelah melewati rangkaian tes usai
Cair, 856 Jiwa Masyaralat Basel Terima BLT
Cair, 856 Jiwa Masyaralat Basel Terima BLT
Selasa, 10 November 2020 20:38 WIB
TOBOALI - Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mulai disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel, Selasa
Debat Publik Tahap Pertama, KPU Basel : Paslon Harus Siap Menang dan Siap Kalah
Debat Publik Tahap Pertama, KPU Basel : Paslon Harus Siap Menang dan Siap Kalah
Senin, 09 November 2020 18:46 WIB
TOBOALI – KPU Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar Debat Publik atau Debat Terbuka Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati