Perkuat Partisipasi Pelajar, Panwascam Tukak Sadai Gelar Kelas Pengawasan


Perkuat Partisipasi Pelajar, Panwascam Tukak Sadai Gelar Kelas Pengawasan

TOBOALI – Panwascam Tukak Sadai menggelar program kelas pengawasan dan pendidikan pemilih pemula di SMK Negeri 1 Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Rabu (14/10/2020).

Kegiatan di aula pertemuan sekolah dihadiri oleh Kepala SMKN 1 Tukak Sadai, Taruna dan Taruni serta guru pendamping. Adapun jumlah peserta yang hadir sebanyak 35 orang dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kelas Pengawasan adalah program yang di inisiasi oleh Bawaslu Bangka Selatan untuk memperkuat partisipasi masyarakat, khususnya kaum pelajar dalam melakukan tugas pengawasan," ujar Ketua Bawaslu Basel, Sahirin.

Sahirin berharap dengan adanya kegiatan kelas pengawasan ini akan semakin efektif mendorong keterlibatan pelajar untuk mengawasi dan memantau tahapan Pilkada serentak tahun 2020 yang dilaksanakan tanggal 9 Desember nanti.

“Diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan pemilu bagi para pemilih pemula, mendorong terciptanya partisipasi pelajar dalam pengawasan pemilu. Adapun bentuk kegiatan ini akan dilaksanakan dengan metode pengajaran memberikan ruang diskusi antara pengawas dan pelajar,”jelasnya.

Senada juga di ungkapkan Ketua Panwascam Tukak Sadai, Yanti. Menurutnya peran aktif pelajar dalam mengawal tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sangat diharapkan, demi terwujudnya Pilkada yang berintegritas dan bermartabat.

Apalagi pilkada kali ini memiliki tantangan yang cukup berat, karena dilaksanakan ditengah pandemi covid-19, sebagaimana kita ketahui bersama wabah ini belum memiliki tanda-tanda akan berakhir.

"Kami juga harapkan  para taruna dan taruni bisa terlibat langsung dalam mengawasi hal-hal yang berpotensi terjadinya pelanggaran pemilu, seperti money politic, kampanye hitam, provokasi SARA, dan gangguan kamtibmas,"ungkapnya.  

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala SMKN 1 Tukak Sadai Zaini Zein berharap kepada para taruna dan taruni dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin, agar taruna dan taruni bisa menggali lebih jauh lagi pengetahuan tentang dunia kepengawasan pemilu.

Zaini meminta agar pilkada kali ini sebagai momentum terbaik buat kalian untuk belajar berdemokrasi, dan jangan lupa sebagai warga negara yang baik gunakan hak pilihnya, jangan golput.

“Mari kita bantu kegiatan positif ini dengan ikut berpartisipasi aktif agar pikada nanti bisa terlaksana dengan aman dan lancar sesuai harapan kita bersama,”sebutnya.(afa)




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
  KPU Basel Terima 141.653 Lembar Surat Suara
KPU Basel Terima 141.653 Lembar Surat Suara
Senin, 23 November 2020 17:52 WIB
Sebanyak 141.653 lembar surat suara untuk Pilkada serentak telah tiba dan diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel).
Pulang Dari Perjalanan Dinas, Satu Anggota DPRD Basel Positif Virus Covid-19
Pulang Dari Perjalanan Dinas, Satu Anggota DPRD Basel Positif Virus Covid-19
Selasa, 10 November 2020 22:44 WIB
TOBOALI - Satu anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) inisial BR (52), dinyatakan positif Covid-19 setelah melewati rangkaian tes usai
Cair, 856 Jiwa Masyaralat Basel Terima BLT
Cair, 856 Jiwa Masyaralat Basel Terima BLT
Selasa, 10 November 2020 20:38 WIB
TOBOALI - Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mulai disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel, Selasa
Debat Publik Tahap Pertama, KPU Basel : Paslon Harus Siap Menang dan Siap Kalah
Debat Publik Tahap Pertama, KPU Basel : Paslon Harus Siap Menang dan Siap Kalah
Senin, 09 November 2020 18:46 WIB
TOBOALI – KPU Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar Debat Publik atau Debat Terbuka Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati