Sidang Perdana Tipikor Mamin Setda Basel Senin Ini Bergulir, Agenda Membacakan Dakwaan Terhadap Sekda, Kabag Umum dan Kabag Keuangan


Sidang Perdana Tipikor Mamin Setda Basel Senin Ini Bergulir, Agenda Membacakan Dakwaan Terhadap Sekda, Kabag Umum dan Kabag Keuangan

TOBOALI - Sidang perdana kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)  anggaran belanja makanan dan minuman (Mamin) Setda Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dan fasilitasi kelancaran pelaksanaan tugas Bupati dan Wakil Bupati Basel tahun 2017, akan di gelar pada Senin ( 8/4/2019) di Pengadilan Tipikor Pangkalpinang.

Sidang dengan agenda membacaan dakwaan terhadap tiga terdakwa yaitu mantan Sekda Basel Suwandi, Kabag Umum Endang dan Kabag Keuangan Yusuf (ketiganya telah ditahan..red).

"Kasus mamin hari Senin tanggal 8 April 2019 akan disidang perdana dengan terdakwa Suwandi, Endang dan Yusuf,"ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Basel Safrianto Zuriat Putra melalui Kasi Intelijen sekaligus Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Dody Prihatman Purba kepada Radar Bangka, Jumat, (5/4).

Ditegaskan Dody, ketiga terdakwa dijerat melanggar pasal 2, pasal 3, pasal 9 jo pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan UU No 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Jaksa Penuntut Umum berjumlah lima orang yang diketuai oleh Kasi Pidsus Kejari Bangka Selatan. Sidang perdana ini agendanya adalah membacakan dakwaan ketiga tersangka. Nanti dalam persidangan akan dibuka kronologis kasus tersebut,"jelas Dody. 

Diberitakan sebelumnya, Penyidik Kejari Basel telah menyerahkan berkas ketiga tersangka dan Barang Bukti (BB), Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) anggaran Makan Minum dan Fasilitas dan fasilitasi kelancaran pelaksanaan tugas Bupati dan Wakil Bupati Basel tahun 2017, kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rabu (27/3/2019).

Dalam kasus yang diduga merugikan negara Rp 1.683.570.735 dari total anggaran sebesar Rp 3.866.500.000 ini, penyidik Kejari Basel telah menetapkan Sekda Basel Suwandi, Kabag Umum Endang, dan Bendahara Umum Setda Basel Yusuf sebagai tersangka. Selain menyandang status terangka ketiganya harus rela menjalani masa tahanan di Lapas Tuatunu, Pangkalpinang.

Saat ini masyarakat luas menunggu apakah Mantan Sekda Basel Suwandi, Kabag Umum Endang dan Kabag Keuangan Setda Basel Yusuf  berani buka bukaan terkait kemana saja aliran dana hasil dugaan korupsi mengalir?

" Kasian juga ya, mereka sudah dipecat dari jabatan dan terancam dipecat dari status ASN jika terbukti bersalah,"ujar Rahmat salah- satu warga Pangkalpinang yang terus mengikuti perkembangan kasus tipikor Mamin Setda Basel yang indikasinya melibatkan istri Bupati setempat. (redaksi)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Jum'at, 19 April 2019 20:52 WIB
TOBOALI – Meski Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa e-KTP identitas resmi untuk mencoblos pada Pemilu 2019. Warga yang belum mendapat
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Rabu, 17 April 2019 16:39 WIB
TOBOALI - Mantan Sekda Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Suwandi serta Kabag Umum dan Bendahara Umum (Bendum), Endang Kristinawati dan Yusuf
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Rabu, 17 April 2019 10:43 WIB
TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memusnahkan 1.112 surat suara rusak, Selasa (16/4) malam. Pemusnahan yang
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Selasa, 16 April 2019 19:29 WIB
TOBOALI – H -1 pelaksanaan pemilu, Kabupaten Basel dikabarkan adanya laporan operasi tangkap tangan (ott) caleg dengan barang bukti (bb)