Petani Lada Diminta Belajar ke Bantilang


Petani Lada Diminta Belajar ke Bantilang

    SUNGAILIAT - Petani lada yang bergerak di bidang penangkaran bibit lada perwakilan tiap kecamatan di Kabupaten Bangka dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) mengikuti kegiatan magang pembibitan lada Ex-Vitro, Selasa (15/11) di ruang pertemuan Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat.

    Bupati Bangka, H. Tarmizi  H. Saat, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat baik dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi petani dan penyuluh pertanian dalam mewujudkan pertanian yang tangguh di Kabupaten Bangka.

    Dalam pengolahan lada memang dibutuhkan berbagai kreatifitas seperti yang dilakukannya untuk penanaman lada dirinya membuat lubang menggunakan PC dan menyiapkan junjung dari berbagai bahan seperti junjung kayu, paralon, semen, sehingga dapat dilihat bagaimana pertumbuhannya. Selain itu juga, selama ini masyarakat banyak membuat pucuk lada padahal dari pucuk lada itulah bibit yang bagus untuk dikembangbiakkan.

    Dikatakan Bupati Bangka lagi, para petani dan penyuluh pertanian diharapkan bisa mempelajari tentang budidaya lada dan mengetahui cara penanganan serta dapat menghasilkan lada yang berkualitas seperti di wilayah Bantilang, Sulawesi Selatan dimana dalam 1 batang bisa menghasilkan lada sebanyak 5 Kilogram dan bisa panen sebanyak 7 kali selama masa tumbuh lada tersebut.

    ‘’Kepada PPL juga harus serius dalam mengurus pertanian jangan sampai petani ataupun masyarakat jadi  hilang semangat dalam mengembangkan pertanian di Kabupaten Bangka,’’ jelas Bupati Bangka.

    Sementara itu, Ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut, Subhan, dalam laporannya mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mendapatkan bibit lada yang bermutu, cepat, dan murah. Meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan petani lada melalui teknologi ex- vitro, memberikan motivasi dan kemandirian petani lada dalam menerapkan teknologi ex-vitro guna meningkatkan kesejahteraannya, dan untuk mengatasi terjadinya kelangkaan dan tingginya harga bibit lada di Kabupaten Bangka.

    ‘’Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 15-18 Nopember 2016 dengan pemberian materi oleh Badan Penelitian dan Penerapan Teknologi (BP2T) dan Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan (DPPP) Provinsi Babel. Selain pemberian materi, peserta juga akan melakukan praktek perbanyakan bibit lada secara ex-vitro di Balai Benih Utama (BBU) Petaling, Mendobarat,’’jelas Subhan.(rb)
    





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)