Erzaldi Dorong Hilirisasi Timah dan Lada


Erzaldi Dorong Hilirisasi Timah dan Lada

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, pihaknya terus mendorong hilirisasi hasil sumber daya alam (SDA) antara lain timah dan lada agar dapat menjadi nilai tambah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Babel.

Untuk SDA timah ini, dijelaskan dia,  akan didorong hilirisasinya ke solder. "Visi misi kita ini terkait hilirisasi, timah ini harus kita dorong hilirisasi nya ke solder, tidak bisa tidak karena disitulah nilai tambahnya," kata Erzaldi saat audiensi rapat dengar pendapat di Ruang Banmus DPRD Babel, Jumat (22/11/2019).

Menurut dia, melalui hilirisasi ini, selain mendapatkan nilai tambah, jumlah tenaga kerja pun ikut bertambah, disamping itu, dikatakan dia, pemurnian mineral ikutannya juga harus dihilirisasikan.

"Dan ini tidak ada kegiatannya di APBD kita karena investasinya besar, satu-satunya jalan bagaimana kita kalau mau memperbesar pertumbuhan ekonomi kita, kita harus bersama-sama mendorong PT. Timah untuk hilirisasi," terangnya.

Terkait SDA lada, disampaikan dia, pihaknya sudah mengkaji hilirisasinya dan saat ini sudah memasuki tahapan final. Selain itu, diungkapkan dia, pihaknya juga akan membuka pasar lada sendiri melalui bursa dan International Trading Centre (ITC).

"Jadi orangnya itu beli lada kita pakai teknologi, nanti orang yang akan datang kesini. Makanya kalau kita mau berhasil tata niaga lada ini, kita jangan mengekspor lada kita lagi, dari Lampung, dari Medan, dari Jakarta, dan dari Surabaya," jelasnya.

"Karena lada kita ini khusus, tetapi kita harus kompak sama-sama bahwa lada Babel tidak boleh diekspor sembarangan, dia (lada-red) diekspor ada dari dua pelabuhan, Belitung dan Bangka," sambungnya.

Sementara untuk pasar lokal, lanjut dia, hilirisasi lada ini akan diubah dalam bentuk kemasan bubuk. "Yang lokal harus juga berupa hilirisasi, berapa sih modal packaging, berapa sih modal timbul, berapa sih modal pressure," tandasnya. (mon) 





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Senin, 30 Desember 2019 14:36 WIB
PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, distribusi kebutuhan pokok pangan masyarakat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif stabil.
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Senin, 30 Desember 2019 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Ratusan massa yang tergabung dari masyarakat nelayan dari berbagai kabupaten, mahasiswa dan Walhi menduduki ruang Paripurna DPRD Babel
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
Senin, 30 Desember 2019 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pemerintah provinsi mengkaji kembali terhadap penetapan
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri  Gotong Royong Membangun Masjid
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri Gotong Royong Membangun Masjid
Minggu, 29 Desember 2019 12:09 WIB
BUKIT INTAN - Sekitar 300 Temberan Kelurahan Air dibantu anggota Koramil 413-10/Bukit Intan dan Polsek Bukit Intan, gotong royong membangun