10 Persen Saham PT. Timah Mutlak Harus Diperjuangkan


10 Persen Saham PT. Timah Mutlak Harus Diperjuangkan

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sudah sepantasnya mendapatkan saham 10 persen dari PT. Timah. Hal tersebut seperti yang disampaikan Pengamat Ekonomi Babel, Safari ASN seusai menghadiri FGD di Gedung BPS, Kamis (5/9/2019)

"Bumi Babel ini sudah dikuasai oleh PT. Timah melalui IUP nya, 25 persen dari luas Babel, wajar kita minta saham," kata Safari yang juga sebagai tokoh presidium Babel kepada wartawan.

Apalagi, ditambahkannya, banyak perusahaan smelter milik swasta yang tutup karena terkendala masalah regulasi, yakni, terkait Competent Person Indonesia (CPI) yang saat ini hanya dimiliki oleh PT. Timah.

"Kenyataan sekarang ini, PT. Timah dengan smelter nya di Babel, ada razia besar-besaran terhadap smelter swasta, sekarang ini PT. Timah hampir menguasai 90 persen timah di Babel," ujarnya.

Dengan banyaknya perusahaan smelter swasta yang tutup ini, dijelaskannya, berdampak pada menurunnya pertumbuhan ekonomi di Babel pada awal tahun 2019 ini.

"Akhirnya membuat ekonomi Babel terpuruk, di wulan I 2019, pertumbuhan ekonomi Babel terendah se-Sumatera, 2,7 persen, itu mengkhawatirkan," ujarnya.

Lebih lanjut, menurut dia, hasil penjualan timah di Babel ini, uangnya tidak berputar Babel, justru mengalir ke Ibu Kota Jakarta. "Semuanya milik Jakarta, nggak ada di Babel, yang ada di Babel sini adalah smelter yang dikelola oleh masyarakat Babel itu sendiri," ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya mengaku kecewa, seluruh komponen masyarakat tidak menyuarakan agar Babel memiliki saham 10 persen dari PT. Timah.

"Tapi komponen-komponen lain, partai politik, kayak DPRD segala macam, tidak melakukan suatu gerakan-gerakan yang bisa mempengaruhi keputusan itu, saya sangat kecewa," ungkapnya.

"Lagipula dengan adanya saham ini, maka PT. Timah dengan Provinsi Babel ini nanti bisa berjalan harmonis dalam mendiskusikan, merumuskan bersama kerangka pembangunan, mana yang boleh mana yang tidak," tukasnya. (mon)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
Selasa, 15 September 2020 21:21 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum online yang mengangkat tema
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Senin, 14 September 2020 12:44 WIB
AIR ANYIR - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan pimpinan yang ada di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dilakukan pemeriksaan
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Senin, 14 September 2020 12:42 WIB
PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Minggu, 13 September 2020 16:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengatakan bahwa pusat pendidikan dan pelatihan