Tiga Tersangka TI Ilegal Di Kawasan Bandara, Diringkus Polisi


Tiga Tersangka TI Ilegal Di Kawasan Bandara, Diringkus Polisi

PANGKALPINANG - Selain meringkus tersangka ujaran kebencian di jejaring media sosial,  Tim Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Kepulauan Bangka Belitung juga mengamankan tiga orang tersangka kasus Tambang Inkonvensional (TI) ilegal.

Dir Reskrimsus Polda Babel, Kombes (Pol) Indra Krismayadi mengatakan, ketiga tersangka tersebut diketahui telah melakukan aktifitas penambangan tanpa izin di kawasan Bandara Depati Amir, Kota Pangkalpinang.

"Jadi selama ini masyarakat resah karena adanya penambang-penambang liar yang tanpa izin, kemudian di tempat fasilitas umum juga, kita dengan cepat menindaklanjuti dan langsung datang ke lokasi," kata Indra kepada sejumlah wartawan di Kantor Krimsus Mapolda Babel, Rabu (3/7/2019). 

Ia menjelaskan, pada saat timnya melakukan penertiban dan penangkapan para tersangka, lokasi penambangan tersebut berada dekat sekali dengan tembok pagar bandara.

"Kita dengan cepat menindaklanjuti dan langsung datang ke lokasi, dan memang sangat miris sekali, Karena itu,  jaraknya dengan bandara cuma 8 meter dengan pagar bandara," jelasnya.

"Nah, bagaimana nanti kalau pagarnya roboh gara-gara perbuatan mereka, makanya langsung kita amankan, kita proses, kita tangkap, kita langsung upaya paksa pada saat itu," timpalnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ketiga tersangka tersebut merupakan penambang sekaligus pemilik tambang dengan menggunakan peralatan manual.

"Mereka melakukan penambangan menggunakan alat sederhana, tidak ada alat berat seperti PC atau exscavator," terangnya.

Ia menyebutkan, para tersangka tersebut menyalahi Undang-Undang Minerba Pasal 158, karena menambang tanpa izin di kawasan bandara.

Adapun beberapa barang bukti yang berhasil diamankan oleh Tim Reskrimsus Polda Babel yakni, mesin tambang, mesin air, selang monitor, dan masih banyak lagi. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Bukan Melalui Udara, Warga Sekitar Karantina ODP/PDP Covid-19 Tidak Berisiko Tertular
Bukan Melalui Udara, Warga Sekitar Karantina ODP/PDP Covid-19 Tidak Berisiko Tertular
Jum'at, 03 April 2020 19:48 WIB
PANGKALPINANG - Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tidak menular melalui udara. Warga di sekitar tempat karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP)
Pemprov Babel Sampaikan Perkembangan dan Penanganan Covid-19 Pada Ketua DPRD Babel
Pemprov Babel Sampaikan Perkembangan dan Penanganan Covid-19 Pada Ketua DPRD Babel
Jum'at, 03 April 2020 19:38 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyampaikan kondisi terkini terkait penanganan Covid-19 di hadapan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
Pemda Alokasikan Anggaran Untuk Penanganan Covid-19
Pemda Alokasikan Anggaran Untuk Penanganan Covid-19
Jum'at, 03 April 2020 19:33 WIB
PANGKALPINANG - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto mengikuti "video conference" bersama pemda se-Indonesia untuk mendengarkan arahan Kementrian Dalam
55 Orang di Basel Rapid Test, 1 Positif
55 Orang di Basel Rapid Test, 1 Positif
Rabu, 01 April 2020 20:54 WIB
PANGKALPINANG – Komandan Gugus Tugas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan dai 55 orang di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menjalani