Tiga Tersangka TI Ilegal Di Kawasan Bandara, Diringkus Polisi


Tiga Tersangka TI Ilegal Di Kawasan Bandara, Diringkus Polisi

PANGKALPINANG - Selain meringkus tersangka ujaran kebencian di jejaring media sosial,  Tim Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Kepulauan Bangka Belitung juga mengamankan tiga orang tersangka kasus Tambang Inkonvensional (TI) ilegal.

Dir Reskrimsus Polda Babel, Kombes (Pol) Indra Krismayadi mengatakan, ketiga tersangka tersebut diketahui telah melakukan aktifitas penambangan tanpa izin di kawasan Bandara Depati Amir, Kota Pangkalpinang.

"Jadi selama ini masyarakat resah karena adanya penambang-penambang liar yang tanpa izin, kemudian di tempat fasilitas umum juga, kita dengan cepat menindaklanjuti dan langsung datang ke lokasi," kata Indra kepada sejumlah wartawan di Kantor Krimsus Mapolda Babel, Rabu (3/7/2019). 

Ia menjelaskan, pada saat timnya melakukan penertiban dan penangkapan para tersangka, lokasi penambangan tersebut berada dekat sekali dengan tembok pagar bandara.

"Kita dengan cepat menindaklanjuti dan langsung datang ke lokasi, dan memang sangat miris sekali, Karena itu,  jaraknya dengan bandara cuma 8 meter dengan pagar bandara," jelasnya.

"Nah, bagaimana nanti kalau pagarnya roboh gara-gara perbuatan mereka, makanya langsung kita amankan, kita proses, kita tangkap, kita langsung upaya paksa pada saat itu," timpalnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ketiga tersangka tersebut merupakan penambang sekaligus pemilik tambang dengan menggunakan peralatan manual.

"Mereka melakukan penambangan menggunakan alat sederhana, tidak ada alat berat seperti PC atau exscavator," terangnya.

Ia menyebutkan, para tersangka tersebut menyalahi Undang-Undang Minerba Pasal 158, karena menambang tanpa izin di kawasan bandara.

Adapun beberapa barang bukti yang berhasil diamankan oleh Tim Reskrimsus Polda Babel yakni, mesin tambang, mesin air, selang monitor, dan masih banyak lagi. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Senin, 30 Desember 2019 14:36 WIB
PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, distribusi kebutuhan pokok pangan masyarakat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif stabil.
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Senin, 30 Desember 2019 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Ratusan massa yang tergabung dari masyarakat nelayan dari berbagai kabupaten, mahasiswa dan Walhi menduduki ruang Paripurna DPRD Babel
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
Senin, 30 Desember 2019 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pemerintah provinsi mengkaji kembali terhadap penetapan
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri  Gotong Royong Membangun Masjid
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri Gotong Royong Membangun Masjid
Minggu, 29 Desember 2019 12:09 WIB
BUKIT INTAN - Sekitar 300 Temberan Kelurahan Air dibantu anggota Koramil 413-10/Bukit Intan dan Polsek Bukit Intan, gotong royong membangun