Hasil Audiensi DPRD Babel, Tidak Ada Larangan Ekspor Bagi Pengusaha Smelter


Hasil Audiensi DPRD Babel, Tidak Ada Larangan Ekspor Bagi Pengusaha Smelter

Asal Aturan Ekspornya Harus Jelas
 
PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar audiensi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pihak Surveyor dan Pihak Polda Babel terkait regulasi ekspor timah yang begitu ketat sehingga membuat pengusaha smelter swasta tidak dapat melakukan ekspor.

"Kita ingin mempertanyakan tentang keluhan para pengusaha smelter ini yang tidak bisa melakukan aktivitas ekspor, berarti terkesan bahwa seakan-akan terjadinya monopoli ekspor," kata Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya saat diwawancarai seusai rapat audiensi di Ruang Banmus DPRD Babel, Jumat (14/6/2019).

Berdasarkan penjelasan dari pihak Surveyor dan Kementerian ESDM dan diperkuat oleh Dirkrimsus Polda Babel, Disampaikan Didit, bahwa tidak ada pelarangan ekspor bagi pengusaha smelter asalkan dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

"Kami selama ini berpikir bahwa ada aturan yang melarang ekspor, padahal tidak ada larangan sama sekali, asal aturan ekspornya ini jelas, seperti asal-usul barang, IUP nya jelas, ada beberapa persyaratan, itu menurut penjelasan dari para Surveyor Indonesia maupun Sucofindo, dan diperkuat oleh pihak Dirkrimsus Polda Babel, termasuk juga ESDM pusat maupun provinsi," terangnya.

Ia menjelaskan, kendalanya saat ini hanya perlu dipertegas kembali masalah tata kelola timah ini agar dapat berjalan dengan baik. "Apalagi kata Pak Dirkrimsus tadi, menurut beliau bahwa tata kelola timah di Babel menjadi percontohan tata kelola ditingkat nasional," ujarnya.

Oleh karena itu, Didit berharap, pihak eksekutif dapat bersama-sama bersinergi dengan pihak legislatif agar kedepannya melakukan hal yang sama dalam menanggapi permasalahan dari keluhan masyarakat khususnya para pengusaha smelter.

"Kita minta pihak pemprov juga harus dapat melakukan koordinasi, ya minimal bagaimana caranya melakukan pembicaraan usulan kepada pemerintah pusat," harapnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Semarak HBA dan HUT IAD 2019, Pasar Murah Kejati Babel Diserbu Warga
Semarak HBA dan HUT IAD 2019, Pasar Murah Kejati Babel Diserbu Warga
Rabu, 17 Juli 2019 20:48 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Aditya Warman membuka langsung pasar murah dalam rangka memperingati
Bupati Ibnu Saleh Support Poktan Lebih Berkembang
Bupati Ibnu Saleh Support Poktan Lebih Berkembang
Rabu, 17 Juli 2019 20:33 WIB
SUNGAISELAN - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM mengunjungi Kelompok Tani Tunas Baru Kelurahan Sungaiselan, Kecamatan
Membandel, Tambang Timah Skala Besar Beroperasi di Belakang Bandara
Membandel, Tambang Timah Skala Besar Beroperasi di Belakang Bandara
Rabu, 17 Juli 2019 20:31 WIB
PANGKALPINANG - Aktivitas tambang skala besar yang beraktivitas dengan santainya di belakang bandara Depati Amir Pangkalpinang, padahal beberapa hari sebelumnya
Bupati Ibnu Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Program PTSL
Bupati Ibnu Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Program PTSL
Selasa, 16 Juli 2019 14:48 WIB
PANGKALANBARU - Bupati Bangka Tengah DR Ir H Ibnu Saleh MM bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng)