Dua Oknum ASN di Babel Diduga Terlibat Politik Praktis


Dua Oknum ASN di Babel Diduga Terlibat Politik Praktis

PANGKALPINANG - Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Irawan mengatakan, ada dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah provinsi (Pemprov) Babel yang melanggar netralitas dalam Pemilu 2019 di jejaring media sosial facebook.

"Berdasarkan hasil temuan kita, ada satu orang ASN dan laporan satu orang di ruang lingkup Pemprov," kata Edi saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (29/1).

Edi menambahkan, Kedua ASN tersebut masih dalam proses penanganan Bawaslu.

"Kedua-duanya masih dalam proses, dan bentuk pelanggaran itu masuk Undang-Undang-Undang lainnya, bukan Undang-Undang-Undang Pemilu," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, apabila kedua ASN tersebut terbukti melanggar, maka Bawaslu akan merekomendasikan ke instansi yang berwenang untuk ditindak lanjuti. 

"Sanksinya itu kita rekomendasi ke instansi yang berwenang," ujarnya.

Oleh sebab itu dirinya menegaskan bahwa ASN dilarang berpolitik praktis, mendukung partai politik ataupun mendukung pasangan calon presiden.

Dengan demikian, dirinya mengimbau kepada para ASN untuk menjaga netralitasnya.

"Saya mengimbau, ASN itu betul-betul menjaga netralitas sebagaimana yang diatur oleh Undang-undang ASN, menjaga kode etik ASN untuk mematuhi itu," tukasnya. (mon) 





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Senin, 30 Desember 2019 14:36 WIB
PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, distribusi kebutuhan pokok pangan masyarakat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif stabil.
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Senin, 30 Desember 2019 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Ratusan massa yang tergabung dari masyarakat nelayan dari berbagai kabupaten, mahasiswa dan Walhi menduduki ruang Paripurna DPRD Babel
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
Senin, 30 Desember 2019 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pemerintah provinsi mengkaji kembali terhadap penetapan
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri  Gotong Royong Membangun Masjid
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri Gotong Royong Membangun Masjid
Minggu, 29 Desember 2019 12:09 WIB
BUKIT INTAN - Sekitar 300 Temberan Kelurahan Air dibantu anggota Koramil 413-10/Bukit Intan dan Polsek Bukit Intan, gotong royong membangun