Parkir dan PKL Pasar Induk Ditertibkan. Wako: Kita Pasang Gulungan Kawat Berduri


Parkir dan PKL Pasar Induk Ditertibkan. Wako: Kita Pasang Gulungan Kawat Berduri

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melalui Dinas Perhubungan dan dinas terkait, Selasa (24/5) kemarin, melakukan penertiban parkir dan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar kawasan Pasar Induk tepatnya di pusat perbelanjaan Ramayana dan Bangka Trade Center (BTC).

Saat melakukan peninjauan lokasi yang telah dibongkar, Walikota Pangkalpinang Zulkarnain Karim menuturkan penertiban ini dilakukan di sekitar jalan perniagaan antara BTC dan Ramayana.

Setelah dibongkar, 29 Mei nanti rencananya berem antara jalan perniagaan yang dijadikan tempat berjualan tersebut akan diaspal dan ada yang dijadikan lahan parkir. Wako menuturkan setelah menjadi lahan parkir, maka tugas penertiban akan diserahkan kepada pengurus parkir yang ada.

“Berem yang berupa  tanah puru itu akan diaspal mulai dari sebelah selatan Ramayana sampai persimpangan, karena kalau kita diamkan lagi maka mereka akan berjualan kembali di situ. Untuk itu, saat ini kita pasang gulungan kawat berduri,” jelas Wako.

Lebih lanjut, Wako mengatakan para pedagang yang terkena penertiban untuk sementara dipindahkan ke kawasan BTC, sembari menunggu selesainya perbaikan infrastruktur jalan di lokasi pasar buah baru.

“Semua pedagang dipindahkan di belakang BTC, ini bisa untuk sementara. Kalau pasar buah akan kita perbaiki dulu akses jalannya, karena tidak enak orang berjualan kalau seperti itu. Nanti mereka punya alasan jalannya tidak bagus, selain itu lingkungan juga harus dibersihkan,” ujar Wako.

Terkait parkir di depan Ramayana, Wako menegaskan sejak dulu dia ingin agar sebagian lahan di depan pusat perbelanjaan tersebut dijadikan area parkir dan sisanya baru dijadikan jalur angkot.

“Dari semula memang rencananya untuk parkir dan sebelah lagi baru untuk angkot. Tapi, Kepala Dishub maunya semua untuk angkot. Ternyata tidak bisa diatasi, sehingga berubah rencana untuk jalur angkot ini,” ucap Wako.

Lebih lanjut, Wako mempertanyakan pengelolaan parkir di depan Ramayana yang saat ini ditangani Tawakal. Menurut Wako, berdasar sepengetahuannya hak kelola lahan parkir tersebut diserahkan kepada PCP.

Selain itu, Wako juga menyatakan akan membuat pagar di sekitar pusat perbelanjaan Ramayana agar para pedagang tidak bisa lagi berjualan seenaknya di pusat perbelanjaan tersebut. (ydi)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Semarakkan Hari Juang TNI AD, Korem 045/Gaya Gelar Syukuran dan Jalan Santai
Semarakkan Hari Juang TNI AD, Korem 045/Gaya Gelar Syukuran dan Jalan Santai
Minggu, 15 Desember 2019 12:00 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Juang TNI AD 2019, maka Korem 045 Garuda Jaya (Gaya) menggelar syukuran
Sepanjang 2019, BNNP Babel Berhasil Mengamankan 31 Kg Sabu dan 10.000 Pil Ekstasi
Sepanjang 2019, BNNP Babel Berhasil Mengamankan 31 Kg Sabu dan 10.000 Pil Ekstasi
Jum'at, 13 Desember 2019 19:05 WIB
PANGKALPINANG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bangka Belitung sepanjang tahun 2019, telah berhasil mengamankan sebanyak 31 Kg lebih sabu-sabu
UKW Tetap Jalan
UKW Tetap Jalan
Kamis, 12 Desember 2019 00:20 WIB
PANGKALPINANG - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) merupakan instrumen penting yang harus ditempuh wartawan. Salah satunya agar pemberitaan yang dibuat lebih
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Rabu, 11 Desember 2019 19:22 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DPJ) Sumsel Babel menyebutkan realisasi penerimaan pajak di Provinsi Bangka Belitung (Babel)