Unicef Siap Bantu Pemulihan Psikologis Korban Gempa - Tsunami


Unicef Siap Bantu Pemulihan Psikologis Korban Gempa - Tsunami

JAKARTA -  Badan PBB yang menangani masalah anak, Unicef akan ikut membantu pemulihan psikologis anak-anak korban gempa bumi dan tsunami serta likuifaksi di Sulawesi Tengah.

"Kita juga didukung Unicef, termasuk juga akan mengirimkan psikolog tambahan untuk pemulihan trauma," kata Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto, Jumat (5/10).

Edi mengatakan, layanan dukungan psikososial bagi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sudah berjalan meski masih dalam masa tanggap darurat.

Sebanyak 27 psikolog dan didukung tenaga pendamping, Satuan Bhakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) sudah memberikan layanan psikososial di titik-titik pengungsian.

Karena jumlah pengungsi cukup besar maka layanan diberikan per kelompok dengan sistem terapi bermain. Kemensos juga sudah mendirikan Pondok Anak Ceria sebagai pusat pemulihan trauma.

Sebelumnya Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Kemensos sudah mendistribusikan bantuan permakanan dan logisitkk lainnya ke daerag terdampak.

Selain pendistribusian logisitik dan permakanan pada masa tanggap darurat, Kemensos juga sudah mulai melakukan penanganan trauma healing.

"Trauma healing penting sekali supaya target pemerintah percepatan ekonomi itu bisa tercapai. Jadi kita tidak menunggu tahap rehab rekon untuk penanganan trauma karena menggerakkan ekonomi perlu kesiapan mental," tambah Agus.

Data Posko penanggulangan Bencana Sunami Sulawesi Tengah pada Jumat 5 Oktober 2018 pukul 09.22 WIB korban meninggal dunia 1.558 orang.

Korban luka-luka sebanyak 2.549 orang, hilang 113 orang, tertimbun 152 orang serta jumlah rumah yang rusak 65.733 unit dan pengungsi sebanyak 70.821 orang.(ant)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Garda Pemuda NasDem Sepakati Lima Resolusi Menuju Pemilu 2019
Garda Pemuda NasDem Sepakati Lima Resolusi Menuju Pemilu 2019
Selasa, 15 Januari 2019 22:30 WIB
JAKARTA - DPP Garda Pemuda NasDem (GP NasDem) mengeluarkan lima poin resolusi sebagai hasil dari Rapat Pimpinan Nasional GP NasDem
Raih Adipura Kedua, Justiar Minta Semua Pihak Peduli Kebersihan Lingkungan
Raih Adipura Kedua, Justiar Minta Semua Pihak Peduli Kebersihan Lingkungan
Senin, 14 Januari 2019 20:08 WIB
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) memberikan prestasi yang luar biasa bagi masyarakatnya. Daerah yang dipimpin H Justiar
Prabowo tegaskan Tionghoa miliki hak yang sama
Prabowo tegaskan Tionghoa miliki hak yang sama
Sabtu, 08 Desember 2018 14:09 WIB
JAKARTA - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menegaskan, etnis Tionghoa sebagai warga negara memiliki hak yang sama dengan
Kehadiran TNI-Polri masih ditolak sebagian warga Nduga
Kehadiran TNI-Polri masih ditolak sebagian warga Nduga
Jum'at, 07 Desember 2018 12:16 WIB
TIMIKA - Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Martuani Sormin mengatakan Nduga merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Papua yang sebagian