Pemprov & PLN Sinkonisasi Data, PLN Surplus, Siap Gaet Investor


Pemprov & PLN Sinkonisasi Data, PLN Surplus, Siap Gaet Investor

    PANGKALPINANG - Dengan diresmikannya Mobile Power Plant (MPP) 2 x 25 MW di Ari Anyer Bangka dan 1x25 di Suge Balitung oleh Presiden Joko Widodo melalui vidio conference, Sabtu (18/3), kemarin, memberikan dampak postitif bagi perkembangan ekonomi di Bangka Belitung (Babel), dalam menarik investor untuk berinvestasi.

    General Manager (GM), PLN Area Bangka Susiana Mutia mengatakan jika PLN saat ini  menargetkan tambahan pelangan baru di Babel sebesar 19.000. Untuk di Bangka sebanyak 16.000, dan 3000 Belitung dan sisanya untuk mendidik para industri bisnis. 

    "Jadi rencana kami seluruh industri bisnis baik itu yang saat ini kondisinya sedang tertib atau sedang membangun, kami akan segera sambung. Jika bila perlu mereka yang seddang membangun, kamipun akan menarik jaringan untuk sama-sama selesai bareng-bareng," ungkap Susiana, kemarin.

    Menurutnya, dengan telah diresmikannya dua pembangkit listrik 2x25 baik di Air Anyer Bangka, dan Suge Belitung, PLN telah siap mendukung Pemprov Babel dalam mengerakan roda perekonomian masyarakat, baik itu industri maupun bisnis dan masyarakat.

    "Untuk saat ini, kalau MPP kita masih mengunakan bahan bakar minyak jadi kita sudah melakukan kerjasama dengan dua perusahaan minyak seperti Pertamina dan importir. Untuk pasokannya sampai saat ini aman. Kita masih punya persediaan bahan bakar yang cukup untuk mengerakan MPP," katanya.

    Sedangkan, untuk infrastruktur gas baru akan dilakukan tiga tahun lagi, namun untuk tahun ini PLN maju untuk mengunakan penyewaan gas yang akan disampikan oleh PLN Batam. Dia juga menambahkan, kedepan beberapa tambahan pembangkit listrik di Babel akan segera masuk seperti 100 MW di Muntok, maupun 2x100 di Toboali masuk meskipun saat ini pasokan listrik di Babel telah mencukupi, dan jika potensinya masih belum mencukup, maka MPP akan diberikan kepada daerah lain yang lebih membutuhkan.

    "Kalau untuk pembangunan transmisi, itu adalah untuk satu sistem kesatuan di pulau Bangka. Jadi supaya dari ujung keujung itu ada interconeksi, jadi tolong menolong," tandasnya.

    Sementara itu Sekda Babel Yan Megawandi mengatakan, dengan adanya tambahan pasokan listrik 1x25 di Air Ayer, Bangka dan 1x25 di Suge, Belitung memang sudah lama dinanti-nantikan dalam konteks mengantisipasi pertumbuhan ekonomi atau pergerakan kebutuhan listrik yang ada di Babel.

    "Jika kalau dulu kita dengar ada program Pemda dengan Babel benderang ternyata tertunda, dan kini kita lihat program itu sudah terealisasi, tentunya dengan program percepatan oleh PLN di 35000MW, dan kita kebagian 75MW, dan ini tidak berenti karena PLN sudah merencanakan lagi ada 2x100 di Bateng, 40 MW diBelitung, serta jaringan SUTT di 150KW. Jika dlu hanya di Pangkalpinang-Koba, tapi akan diteruskan Pangkalpinang - Koba - Toboali dan Pangkalinang - Kelapa," katanya.

    Menurut Yan, selama ini jaringan listrik selama ini sudah cukup baik, terlebih lagi akan ada tambahan jaringan di Pangkalpinang- Muntok, diharapkan dengan tambahan energi serta penambahan jaringan yang dilakukan PLN maka persediaan listrik di Babel akan lebih baik.

    "Untuk menarik investor, saya sudah bahas dengan ibu Susi, ada data-data yang harus segera kita  singkronisasi, supaya data PLN, data Pemprov dan data Pemkab bisa meching, supaya kita menyepakati supaya strategi apa. Jangan sampai nanti tidak nyambung dengan data yang berbeda, diantaranya itu, dan basisnya disana,"ungkap Sekda. (wah) 





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Giliran IJTI Kecam Intimidasi Oknum Aparat Terhadap Jurnalis
Giliran IJTI Kecam Intimidasi Oknum Aparat Terhadap Jurnalis
Sabtu, 17 Agustus 2019 08:59 WIB
JAKARTA - Intimidasi terhadap jurnalis yang tengah menjalankan tugasnya kembali terjadi. Kali ini menimpa sejumlah jurnalis dari media online dan
AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Polisi terhadap Enam Jurnalis, Terjadi Saat Meliput Demo di DPR
AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Polisi terhadap Enam Jurnalis, Terjadi Saat Meliput Demo di DPR
Sabtu, 17 Agustus 2019 07:00 WIB
JAKARTA - Sejumlah jurnalis mengalami kekerasan dan intimidasi oleh aparat kepolisian saat meliput massa pengunjuk rasa di sekitar Gedung DPR/MPR
Gempa 7,4 SR Melanda Banten, Bengkulu Jawa Barat dan Lampung Potensi Tsunami
Gempa 7,4 SR Melanda Banten, Bengkulu Jawa Barat dan Lampung Potensi Tsunami
Jum'at, 02 Agustus 2019 19:31 WIB
JAKARTA - BMKG merilis sejumlah daerah yang dekat pusat gempa banten 7,4 SR. Gempa Banten 7,4 SR menyebabkan peringatan diri
Luar Biasa.. Dua Pegolf Babel Lolos ke PON XX Di Papua
Luar Biasa.. Dua Pegolf Babel Lolos ke PON XX Di Papua
Rabu, 31 Juli 2019 23:01 WIB
MAKASAR - Kali Pertama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil mengirim dua pegolf sekaligus untuk berlaga di PON XX Papua