Hari Ini, 3.200 Warga Batam Mudik Natal Lewat Kapal Pelni


Hari Ini, 3.200 Warga Batam Mudik Natal Lewat Kapal Pelni

BATUAMPAR - Sedikitnya 3.200 penumpang KM Kelud memadati Pelabuhan Batuampar sejak Kamis pagi (22/12). 

Umumnya, para penumpang hendak merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman mereka menuju ke Belawan, Medan.

Kepala Pelni Cabang Batam, Ending Wahyudi mengatakan, jumlah penumpang yang berangkat menuju Belawan mulai terjadi lonjakan sejak keberangkatan pada Sabtu (17/12) lalu. 

"Ada 3.200 penumpang yang berangkat tujuan Medan hari ini. Jumlah ini meningkat dibanding keberangkatan pada 17 Desember lalu yang berjumlah 2.700 penumpang," ujarnya kepada Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Ending memprediksi, jumlah penumpang menuju ke Belawan akan mengalami peningkatan pada keberangkatan 27 Desember mendatang atau menjelang Tahun Baru. "Untuk keberangkatan selanjutnya, dijadwalkan kapal dengan tujuan Jakarta pada 24 Desember mendatang, sebelum puncaknya pada 27 Desember," jelasnya.

Ending menuturkan, tidak ada penambahan jadwal keberangkatan menjelang Tahun Baru nanti. Selain itu, pihaknya hingga saat ini masih melakukan penjualan tiket dengan tujuan Jakarta.

"Tiket dengan tujuan ke Jakarta masih belum habis dan masih kita jual. Tapi demi keamanan, jumlah penumpang juga akan kita batasi hanya sampai 3.200 orang," tuturnya.

Untuk harga tiket sendiri, sambungnya, tidak ada perubahan harga dari sebelumnya. Tiket tujuan Belawan dijual dengan harga Rp 220 ribu, sementara tujuan Tanjungperiuk-Jakarta Rp 312 ribu untuk satu kali keberangkatan.

"Kita juga melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian Kawasan Pelabuhan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan penumpang," imbuhnya.

Pantauan Batam Pos kemarin, ribuan penumpang tampak berdesak-desakan saat melewati pemeriksaan x-ray sejak pukul 09.00 WIB. Sementara, dari pelabuhan hendak menuju ke kapal, para penumpang menggunakan lima unit bus yang telah disediakan pihak Pelni.

"Saya sudah menunggu di sini (pelabuhan) sekitar setengah jam," ujar Elisa, salah satu penumpang KM Kelud. 

"Saya bersama suami dan ketiga anak saya akan merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman, Tarutung. Kami akan berada di sana selama empat belas hari terhitung hari ini," sambungnya.

Elisa mengatakan dia sudah lama mempersiapkan untuk mudik, termasuk membeli tiket kapal. Tak hanya Elisa, pemudik lain, Tatri juga mengaku akan menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru dengan orang-orang tercinta di kampung halamannya.

"Saya dengan keluarga saya ingin merayakan libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dan saudara-saudara saya. Kebersamaan dalam keluarga penting sehingga berkumpul bersama keluarga penting," ujarnya. (cr1)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Akses Internet Desa di Babel Dipastikan Segera Merata
Akses Internet Desa di Babel Dipastikan Segera Merata
Rabu, 27 Januari 2021 00:32 WIB
JAKARTA - Bersama Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi; Staff Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan
Sukses Fuel Card Solar, Pemprov Babel Akan Terapkan Pada LPG 3 Kilogram
Sukses Fuel Card Solar, Pemprov Babel Akan Terapkan Pada LPG 3 Kilogram
Rabu, 27 Januari 2021 00:30 WIB
JAKARTA - Berbekal keberhasilan penerapan sistem fuel card untuk pembelian solar di Babel, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman
Gubernur Erzaldi Siapkan Strategi Pendistribusian BBM di Babel
Gubernur Erzaldi Siapkan Strategi Pendistribusian BBM di Babel
Rabu, 27 Januari 2021 00:23 WIB
JAKARTA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman membahas 7 poin pendistribusian Bahan Bakar Minyak di Bangka Belitung bersama
Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Tim Basarnas Menuju Lokasi
Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Tim Basarnas Menuju Lokasi
Sabtu, 09 Januari 2021 18:40 WIB
JAKARTA - Basarnas mengirim tim untuk menelusuri pesawat Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan kode penerbangan SJY 182 yang hilang kontak. Tim