Mantan Bupati Babar Ditunjuk Sebagai Wakil Ketua BAP Alat Kelengkapan DPD RI 


Mantan Bupati Babar Ditunjuk Sebagai Wakil Ketua BAP Alat Kelengkapan DPD RI 

MUNTOK - Salah satu senator DPD RI dari Provinsi Bangka Belitung Ustadz H Zuhri M Syazali di percaya sebagai Wakil Ketua II Badan Akuntabilitas Publik (BAP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024. 


Untuk diketahui, BAP merupakan salah satu alat kelengkapan DPD RI yang berfungsi melakukan penelaahan hasil laporan keuangan pemerintah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, menindaklanjuti temuan yang terindikasi kerugian Negara oleh BPK serta laporan-laporan masyarakat yang terkait dengan adanya tindak pidana korupsi,  pelayanan publik yang menjadi domain Ombudsman RI.


"Dari hasil pemilihan unsur pimpinan BAP, saya dipercaya oleh rekan rekan sesama anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung untuk mewakili zona wilayah Sumbagsel II sebagai Wakil ketua II Badan Akuntabilitas Publik, "ungkap Ustadz H Zuhri M Syazali saat di hubungi melalui telepon seluler miliknya.


Terkait tugas dan fungsi BAP sebagaimana yang di atur dalam tata tertib (tatib) DPD RI, dikatakan Zuhri, dirinya bersama unsur pimpinan maupun keanggotaan yang tergabung di BAP sendiri, akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang menjadi mitra kerja BAP. Dalam hal ini, BPK RI, KPK, dan Ombudsman RI. 


"Tugas dan kewenangan ABK ini cukup signifikan. Tentunya kita berharap bail lembaga DPD sendiri maupun semua pihak untuk menjaga akuntabilitas setiap lembaga pemerintah, "imbuhnya.


Disinggung langkah awal yang akan dilakukan oleh BAP DPD RI dalam hal pencegahan koropsi terutama di lembaga pemerintah, dikatakan Zuhri bahwa pihaknya akan membuka komunikasi dan mengadakan pertemuan konsultasi kepada BPK RI, KPK dan Ombudsman RI.


"Paling tidak sebagai langkah awal ini akan mengadakan pertemuan yang sifatnya konsultasi kepada mitra kerja BAP itu sendiri dalam hal ini BPK, KPK, Ombudsman, dan lembaga hukum lainnya, "kata Zuhri.


Ia menambahkan, untuk agenda sidang pertama perwakilan Provinsi Bangka Belitung satu-satunya yang mendapatkan porsi unsur pimpinan baru satu yakni pada alat kelengkapan yakni BAP.


"Insya allah pada sidang kedua nanti pak Dharman akan mendapatkan porsi yang sama yakni unsur pimpinan juga. Tapi pada sidang pertama ini provinsi kita baru satu, yaitu saya sendiri di alat kelengkapan BAP, "pungkasnya.(ray)




Banner

Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Truk Berpenumpang Ilegal Ditangkap Tim Gugus Tugas di Pelabuhan Tanjungkalian
Truk Berpenumpang Ilegal Ditangkap Tim Gugus Tugas di Pelabuhan Tanjungkalian
Sabtu, 23 Mei 2020 02:07 WIB
MUNTOK - Tim gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menangkap satu unit truk
TGPPC-19 Babar Akan Pulangkan Penumpang Pelabuhan Yang Tidak Memenuhi Syarat dan Kriteria
TGPPC-19 Babar Akan Pulangkan Penumpang Pelabuhan Yang Tidak Memenuhi Syarat dan Kriteria
Kamis, 21 Mei 2020 22:21 WIB
MUNTOK -- Menjelang H-2 hari raya Idul Fitri 1441 H, tim satgasgus covid-19 Bangka Barat akan memperketat penyeberangan di pelabuhan
Cair, ASN dan Honorer Dapat THR
Cair, ASN dan Honorer Dapat THR
Selasa, 19 Mei 2020 05:05 WIB
MUNTOK - Pemda Bangka Barat sudah mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada ASN dan Tenaga Honorer di lingkungan Pemda Bangka
Pengadaan Masker, Kades Jebus Libatkan Masyarakat
Pengadaan Masker, Kades Jebus Libatkan Masyarakat
Selasa, 19 Mei 2020 02:39 WIB
MUNTOK -- Berbagai upaya memang harus di lakukan untuk pemerintah di level tingkatan, untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi