Bukit Kukus Bakal Dijadikan Distinasi Wisata


Bukit Kukus Bakal Dijadikan Distinasi Wisata

PANGKALPINANG - Penambangan bukit kukus Muntok, Bangka Barat (Babar), terancam batal dilakukan. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel), akan menjadikan bukit kukus sebagai  disinasi kawasan  wisata alam geopark di pulau Bangka.

    Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah menegaskan,  bila izin usaha penambangan (IUP) eksplorasi dikeluarkan, artinya daerah tersebut Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP). Setelah IUP Eksplorasi batuan dikeluarkan, memang bukan serta merta bisa ditambang. Begitu pun dengan Bukit Kukus, Muntok, Bangka Barat (Babar), hanya saja cara yang digunakan mendorong kawasan wisata alam tersebut menjadi destinasi geopark.

    Seperti IUP Eksplorasi Batuan, PT Lotus SG Lestari di Bukit Kukus bisa saja dihentikan. Ini dikatakan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah saat menerima Tim Geopark ITB 81 di rumah dinas. Sebelum menyinggung akan dicabutnya IUP Eksplorasi tadi, dia bicara soal perlunya Bangka memiliki destinasi wisata geopark. "Seperti Bukit Kukus itu luar biasa cantiknya," pujinya.

    Sehingga dirinya akan mengajak tim geopark ITB 81 tadi ke Bukit Kukus, usai lebaran Idul Fitri. Karena kawasan bebukitan tadi memiliki 3 bukit, dengan bukit tertinggi Bukit Kukus. Terlebih berdasarkan informasi, masih ditemui flora dan fauna asli. "Untuk geopark di pulau Bangka, komitmen dari tim ITB 81 Geopark ini setelah lebaran akan melihat ke Bukit Kukus dulu," jelasnya.

    Terkait proses penambangan, dikatakan Wagub setelah ada WIUP bukan berarti langsung ditambang. Karena IUP Eksplorasi tadi hanya penyelidikan umum dan untuk mengetahui potensi batuan. Karena ada penolakan dan pernyataan menolak dari Bupati Bangka Barat Parhan Ali, maka bisa saja IUP Produksi tidak dikeluarkan. "Maka kita arahkan ke wisata alam," sambung Fatah.

    Hanya saja untuk membahas hal ini, perlu ada rapat kembali antara Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan Bupati Babar. Sehingga dalam rapat tersebut difokuskan agar batuan Bukit Kukus tidak ditambang. "Prosesnya dari WIUP ke izin eksplorasi masih panjang, karena selain penyelidikan umum dan potensi mereka harus menyiapkan dampak lingkungan diantaranya," papar Fatah.

    Perlu diketahui izin eksplorasi PT Lotus SG Lestari, agar bisa menambang batuan Bukit Kukus adalah rencana pengebangan perusahaan tersebut. Dengan nilai investasi 50 - 100 miliar, untuk menjelaskan tujuannya, Sutomo Gunawan mengundang DPRD Babar ke lokasi tambang batuan milik mereka di Bogor.

    Sebelumnya, tersiar kabar jika Gubernur Babel Erzaldi Rosman  membatalkan rencana penambang batu yang ada di kawasan Bukit Kukus yang terletak diantara perkampungan warga pal 3 dan pal 4 Muntok Babar.
    Bahkan, dalam hal ini Gubernur telah  memanggil sejumlah pihak diantaranya, Bupati Bangka Barat H Parhan Ali dan sejumlah stafnya guna membahas hal rencana tersebut.

    Dalam pertemuan tersebut, Erzaldi melalui stafnya di kabarkan menolak dan tidak memberikan rekomendasi terkait rencana penambangan Bukit Kukus yang akan di kerjakan oleh PT Lotus SG Lestari. Kabar adanya pertemuan antara staf gubernur dengan Bupati Bangka Barat, membahas soal rencana penambangan Bukit Kukus tersebut dibenarkan Kabid Fisik dan Sarana Bappeda Kabupaten Bangka Barat Amar.

    Menurut Amar, dalam pertemuan tersebut Bupati di dampingi kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabuten Bangka Barat Megawati dan dirinya mewakili Bappeda Babar.Namun sayangnya, Amar enggan menjelaskan hasil pertemuan pihaknya dengan staf gubernur tersebut. Amar meminta wartawan untuk menanyakan hasil pertemuan tersebut langsung kepada Bupati.

    " Memang benar kemarin ada pertemuan dengan staf gubernur membahas soal bukit kukus itu. Kemarin yang pergi ke sana saya, pak Bupati dan kepala BLH Megawati. Tapi mohon maaf soal hasil pertemuan itu mendingan langsung tanya ke pak Bupati," ujar Amar di ruang kerjanya, Rabu, kemarin. (bai/ray)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Polres Babar Imbau Nelayan Tidak Buka Jasa Penyeberangan
Polres Babar Imbau Nelayan Tidak Buka Jasa Penyeberangan
Jum'at, 03 April 2020 16:58 WIB
MUNTOK - Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau para nelayan yang biasa beraktivitas di daerah itu tidak
Cegah Penyebaran Virus Covid 19, Pelaksanaan Pilkades di Babar Sementara Waktu Ditunda
Cegah Penyebaran Virus Covid 19, Pelaksanaan Pilkades di Babar Sementara Waktu Ditunda
Selasa, 24 Maret 2020 17:32 WIB
MUNTOK -- Pemerintah berupaya menanggulangi penyebaran Virus Covid 19, termasuk Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.
Bikin resah, Beredar kabar Pasar Muntok tutup selama 3 Hari, M Zakaria : Informasi tidak benar alias HOAX
Bikin resah, Beredar kabar Pasar Muntok tutup selama 3 Hari, M Zakaria : Informasi tidak benar alias HOAX
Senin, 23 Maret 2020 19:35 WIB
MUNTOK -- Ditengah kekhawatiran masyarakat terkait penyebaran Virus Covid 19, muncul sebuah informasi yang beredar di Medsos menyebutkan aktivitas di
Pemkab Babar Belum Siapkan Anggaran Penanganan Penyebaran Virus Covid-19 di Bangka Barat
Pemkab Babar Belum Siapkan Anggaran Penanganan Penyebaran Virus Covid-19 di Bangka Barat
Senin, 23 Maret 2020 18:01 WIB
MUNTOK -- Hingga kini Pemda Bangka Barat belum menyediakan anggaran untuk menangani penyebaran Virus Covid 19 di Bangka Barat.