Sosok Birokrat Sejati Berpulang


Sosok Birokrat Sejati Berpulang

    MUNTOK - Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Barat Ramli Ngad Jum berpulang ke Rahmatullah. Kabag Humas dan Protokol Setda Babar Fachriansyah saat dihubungi membenarkan hal tersebut. "Betul, ini saya sedang nge share informasi tersebut ke kerabat, teman dan para sahabat," ungkap Fachria-biasa disapa, tadi malam (13/10).

    Saat ditanya penyebab kematian almarhum, Fachri belum bisa memastikan. Hanya saja berdasarkan informasi yang ia dapatkan bahwa almarhum kemarin sore sempat dilarikan ke salah satu Rumah Sakit yang ada di Sungailiat. Sekda Babar Yanuar, SH yang dihubungi terpisah menjelaskan, almarhum menghembuskan nafas terakhirnya sekira Pukul 19.15 WIB di RSBT Sungailiat Kabupaten Bangka.

    Meski belum mengetahui secara jelas penyebab kematian almarhum, Yanuar mengaku dari informasi yang ia dapatkan bahwa almarhum sempat diambil tindakan medis oleh pihak RSBT Sungailiat yaitu pacu jantung. "Belum tau penyebab pastinya, tapi sempat ada tindakan medis seperti pacu jantung," ucap Yanuar.

    Diketahui, sosok Ramli Ngad Jum sendiri tidak asing lagi ditelinga masyarakat Kabupaten Babar. Wajar saja, sejak dimekarkannya Bangka Barat menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Babel. Ramli Ngad Jum adalah PNS pertama yang memegang tampuk pimpinan tertinggi di kalangan birokrasi Pemda Babar. Bahkan semasa menjabat Sekda Babar, almarhum pun sempat dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai orang terlama di Indonesia yang memegang tampuk pimpinan sebagai Sekda, yaitu 11 tahun.

    Selama menjabat sebagai birokrasi tertinggi dil ingkungan Pemkab Babar tentunya tidaklah sedikit buah pikiran dan ide, serta beberapa kebijakan almarhum yang dapat dirasakan oleh masyarakat Babar maupun untuk kemajuan Babar. Sehingga Kabupaten Babar bisa seperti sekarang ini. Ditubuh organisasi Pemkab Babar, almarhum dikenal sosok pemimpin yang pendiam, sabar dan penuh ide-ide kreatif dan cemerlang yang pada akhirnya menciptakan suatu keberhasilan pembangunan bagi Babar. Selain memiliki sifat selayak seorang pemimpin, almarhum juga dikenal sebagai sosok guru bagi para pegawai dilingkungan Pemkab Babar. Bahkan sosok seorang guru pada diri almarhum tersebut tidak hanya dikenal dikalangan pegawai Pemda Babar saja melainkan hampir diseluruh wilayah yang ada di Provinsi Babel.

    Pada tahun 2013 silam, almarhum mengakhiri masa tugasnya sebagai abdi negara. Pada saat acara perpisahan almarhum semasa hidupnya dengan para pegawai Pemda Babar yang berlangsung di Gedung Diklat yang sekarang lebih dikenal Gedung Graha Aparatur Pemda Babar tersebut banyak pegawai yang tidak bisa menahan rasa haru dan sedih. Hal ini pula menandakan bahwa selama bertugas dan mebgabdi beliau dikenal selain sosok pemimpin juga sosok yang guru sekaligus orang tua. 

    Berbagai bidang ilmu pernah almarhum kenyam. Selain menjadi abdi negara almarhum juga dikenal tidak pernah puas untuk mendapatkan ilmu dan terus belajar diberbagai bidang diantaranya S1 ilmu hukum, dan beberapa gelar magister lainnya seperti magister hukum, magister management, dan magister akuntan publik. Tidak hanya berhenti dibangku pendidikan saja, mendiang Ramli Ngad Jum juga dikenal dengan kutu buku. Hal tersebut dilakukan almarhum untuk mendapatkan ilmu-ilmu yang nantinya ia bagikan baik kepada pegawai maupun para mahasiswa/mahasiswi dimana almarhum mengajar. Bahkan dari beberapa sifat yang tak puas untuk mendapatkan ilmu tersebut, masa masa purna bhakti sebagai PNS ia lalui untuk menjadi seorang dosen di beberapa universitas yang ada di Provinsi Babel ini.(ray)




Banner

Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Tambah 1, Kasus Corona di Bangka Barat Sudah 18
Tambah 1, Kasus Corona di Bangka Barat Sudah 18
Sabtu, 06 Juni 2020 19:34 WIB
MUNTOK - Jumlah pasien positif terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat kembali bertambah. Hati ini, Sabtu (05/06/2020) terjadi penambahan 1
Pemda Babar Kembali Membuka Lelang Jabatan Sekda
Pemda Babar Kembali Membuka Lelang Jabatan Sekda
Selasa, 02 Juni 2020 18:44 WIB
MUNTOK -- Setelah sekian bulan kosong jabatan tinggi pratama atau Sekretaris Daerah di Kabupaten Bangka Barat kembali di buka seleksi
TGTPPC-19 Babar Jemput Keluarga Pasien Positif Covid-19, Sidarta Gautama : Masyarakat di Minta Tetap Tenang Tidak Perlu Panik
TGTPPC-19 Babar Jemput Keluarga Pasien Positif Covid-19, Sidarta Gautama : Masyarakat di Minta Tetap Tenang Tidak Perlu Panik
Selasa, 02 Juni 2020 18:40 WIB
MUNTOK -- Berdasarkan hasil tracking Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (TGTPPC19) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap pasien positif covid-19,
BLT Pemprov Babel Tak Kunjung Keluar, Markus Layangkan Surat ke Gubernul Babel
BLT Pemprov Babel Tak Kunjung Keluar, Markus Layangkan Surat ke Gubernul Babel
Senin, 01 Juni 2020 11:19 WIB
MUNTOK -- Hingga hari ini Pemerintah Provinsi Bangka Belitung tak kunjung mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat Bangka Barat.