Buka Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pemilu, Sekda Ajak Media Berikan Kesejukan bagi Masyarakat


Buka Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pemilu, Sekda Ajak Media Berikan Kesejukan bagi Masyarakat

KOBA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Yan Megawandi, mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Soll Marina, Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (10/4/2019) itu, Sekda Babel Yan Megawandi mengharapkan para peserta untuk koordinasi dan bertukar informasi jika ada hal yang perlu diselesaikan bersama-sama.

Sekda Yan juga mengajak Media untuk memberikan kesejukan bagi masyarakat, agar mewujudkan Pemilu damai, sehingga bisa mengawal bersama, serta memberikan kedamaian dan ketenangan khususnya bagi masyarakat untuk datang ke TPS pada saatnya nanti.

Sekarang, kesiapan harus di cek semua hari ini (Rabu). Setelah itu, masuk tahapan konsolidasi. Ia berharap apa yang dipaparkan oleh Nara Sumber sebagai masukan dan bersinergi sebagai persiapan Pemilu.

"Kita berharap tidak ada persoalan berarti, dan bisa ditangani dengan baik walaupun konstelasi politik nasional agak panas," ungkapnya.

Dengan modal kesiapan dan soliditas antar aparatur yang terlibat, serta seluruh elemen masyarakat, kata dia, Pemilu di Babel dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. “Semoga Rakor ini, dapat memberikan manfaat bagi semua,” tambah Sekda.

Sementara itu, Kabag Binops Biro Operasi Polda Babel, Kompol Dadang Wijaya dalam paparannya mengatakan, Polda Babel menyiapkan personil 2/3 kekuatan atau sebanyak 2.807 personel, yang terdiri dari 989 personel dari Polda Babel dan sisanya dari 7 Polres yang ada ditambah dengan 732 personel TNI dan 7.614 Linmas.

Personel tersebut, diuraikannya, dibagi menjadi 7 Rayon untuk Pengamanan 3.802 TPS yang telah dibagi tingkat kerawanannya.

Dalam mempersiapkan Pemilu ini juga, ditambahkan dia, Polda Babel telah melakukan berbagai kegiatan dengan Sandi Operasi Mantap BrataTahun 2019.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Babel, Davitri, menyebutkan, Badan Penyelenggara Pemilu tahun 2019 di Babel terdiri dari KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK di Kecamatan, PPS di Kelurahan/Desa, dan KPPS di seluruh TPS.

Kemudian, terdapat 3.803 TPS yang ada di 391 Desa/Kelurahan dari 47 Kecamatan, dengan 932.569 Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan (DPTHP) 2, 747 Pemilih Baru dan 933.316 Jumlah Pemilih, sesuai Rapat Pleno KPU Provinsi Babel tanggal 3 April 2019 lalu.

Ketua KPU Babel juga memaparkan secara singkat mengenai berbagai hal terkait penyelenggaran Pemilu Serentak, terdiri dari penyelenggara, peserta dan pemilih. Termasuk sistem Pemilu Serentak 2019 dan tahapan penyelenggaraan.

Rakor yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Babel tersebut, turut dihadiri unusr Forkopimda Babel, Jajaran KPU, Bawaslu, dan Aparatur Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota Se-Babel.(diskominfo/rb)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Hadiri HKG PKK ke-47
Bupati Ibnu Hadiri HKG PKK ke-47
Kamis, 17 Oktober 2019 12:30 WIB
KOBA - Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM, menghadiri kegiatan puncak Hari Kesatuan Gerakan PKK
Disdukcapil Bateng Sosialisasikan Kebijakan Kependudukan
Disdukcapil Bateng Sosialisasikan Kebijakan Kependudukan
Kamis, 17 Oktober 2019 13:00 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mensosialisasikan kebijakan kependudukan melalui penyuluhan pendaftaran
KPU Bateng Audiensi RPP Bersama Pemilih Pemula
KPU Bateng Audiensi RPP Bersama Pemilih Pemula
Rabu, 16 Oktober 2019 11:45 WIB
KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tingkatkan kualitas pendidikan kepemiluan terhadap pemilih pemula melalui program audiensi
Dinkes Bateng Fasilitasi Program Baksos Kejaksaan RI
Dinkes Bateng Fasilitasi Program Baksos Kejaksaan RI
Rabu, 16 Oktober 2019 12:30 WIB
KOBA - Program Nasional Kejaksaan RI Bakti Sosial Operasi Katarak dan Hernia digelar di RSUD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) difasilitasi