Dump Truk Muatan Batu Gunung Kembali Terbalik, Gubernur Diminta Bertindak


Dump Truk Muatan Batu Gunung Kembali Terbalik,  Gubernur Diminta Bertindak

NAMANG - Dump truk over kapasitas pengangkut batu gunung untuk proyek talud Penyak berasal dari PT Vitrama Construksi beralamat di desa Mesu itu, kembali terjungkal di ruas jalan raya desa Cambai Kecamatan Namang, Senin (22/10) pagi. 

Dalam insiden laka itu, kendati tidak menelan korban jiwa, namun setidaknya dua unit mobil box rusak parah akibat tertimpa batu dan menyebabkan kemacetan panjang. Pasca insiden, kebetulan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman pun yang hendak melintas dan menyaksikan kejadian itu langsung memerintahkan pihak perusahaan lmengirimkan alat berat guna menyingkirkan batu dari jalan raya. Selain itu, pihak kepolisian dan Satlantas mengatur lalulintas di lokasi kejadian.

Pengakuan sopir dumptruk sesaat sebelum kejadian, dirinya telah mencoba melakukan pengereman karena di hadapannya ada mobil yang tengah mengganti ban. Namun, kendaraan tiba-tiba oleng dan batu border pun berjatuhan di ruas jalan. 

Salah seorang pengendara mobil yang sempat terjebak macet, Herdi (35) kepada harian ini mengatakan, memang dump truk pengangkut batu gunung untuk proyek talud Penyak yang katanya senilai Rp.72miliaran itu sangatlah tidak layak dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

"Apapun alasannya, secara teknis menurut kami masyarakat awam ini jelas kapasitas muatan dumptruk ini sudah melebihi ketentuan," katanya.

Secara kasat mata, selain muatan berlebih juga kondisi kendaraan pun terlihat amat sangat tidak layak, belum lagi dari sisi keamanan (septic) bagi pengendara lainnya. 

"Pokoknya, disaat mengemudi dan berlintasan atau hendak mendahului dump truk bermuatan batu gunung ini selalu dibayang-bayangi rasa was-was," katanya.

Sementara Rudi pengendara sepeda motor yang sempat dibincangi harian ini, juga membenarkan jika sisi keamanan dan keselamatan pada dumptruk pengangkut batu gunung ini sangat minim dan terkesan mau enak sendiri yang penting target tercapai. 

"Infonya juga, sopir dumptruk ini bukan dibayar per rit, melainkan per ton. Jadi wajarlah, kalau muatan selalu berlebih. Dan sangat wajar disaat melakukan pengereman mendadak dumptruk langsung oleng. Apapun alasam sopir dumptruk mau mencari pembenaran, itu tetap tidak bisa dibenarkan. Karena dalam aturan lalu lintas sebegai pengendara harus menjaga jarak aman," tegasnya.

Selain itu, dengan adanya Gubernur Babel yang kebetulan langsung meyaksikan kejadian di lokasi. Seharusnya jangan hanya menutup mata. Boleh saja ada pembangunan, boleh saja ada investor, seperti halnya pemangkasan bukit di Desa Mesu oleh PT Vitrama yang batunya dijual kepada PT Fatimah pemenang tender talud Penyak saat ini. 

"Namun faktor lain juga harus dicermati dan diperhatikan, mulai apa manfaatnya bagi masyarakat, kontribusi daerah, hingga faktor keselamatan. Seperti angkutan over kapasitas ini, jelas melanggar UU lalu lintas, nah ini pihak terkaitnya kemana mulai dari Pemerintah Provinsi, Pemda, Kepolisian, PU, Dishub sampai dengan TP4D Kejati Babel kok pada mingkem saja," tegasnya.

Selain membahayakan pengguna jalan raya lainnya, jelas dumptruk pengangkut batu gunung tonase itu juga menjadi penyumbang kerusakan jalan raya. "Bisa dilihat sepanjang jalan mulai dari Mesu sampai Penyak, jalan retak, turun hingga bergelombang, nah ini salah satu penyumbang kerusakan adalah dump truk pengangkut batu gunung tonase tersebut. Lantas, pihak terkait dan berwenangnya pada kemana? Apakah harus selalu ada korban terlebih dahulu baru mau bergerak, aneh dan miris memang," tegasnya.

Ia berharap, agar kejadian ini adalah yang terakhir. "Ya kalau siklusnya seperti ini terus, ya patut dipertanyakan profesionalitas aparat terkait dan ada apa?," pungkasnya. (and)




 




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Pelajar Asal Simpang Katis Positif Covid-19, Total Terkonfirmasi Positif di Bateng Jadi 6
Pelajar Asal Simpang Katis Positif Covid-19, Total Terkonfirmasi Positif di Bateng Jadi 6
Sabtu, 06 Juni 2020 11:40 WIB
KOBA – Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali ketambahan satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Sampai hari ini total positif Covid-19 di
Sambut New Normal, Bupati Bateng Ajak ASN Berolah Raga
Sambut New Normal, Bupati Bateng Ajak ASN Berolah Raga
Jum'at, 05 Juni 2020 21:44 WIB
KOBA - Dalam rangka menerapkan tatanan "New Normal", Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara ((ASN)
Satu Santri Pesantren yang Dikarantina Pemkab Bateng Positif covid-19
Satu Santri Pesantren yang Dikarantina Pemkab Bateng Positif covid-19
Jum'at, 05 Juni 2020 14:14 WIB
KOBA - Satu warga Kabupaten Bangka Tengah kembali terinfeksi positif Covid-19, bertambahnya pasien positif ini menjadi penambahan kasus korban covid-19
Kabar Baik, Satu Pasien Positif Covid-19 Bateng Dinyatakan Sembuh
Kabar Baik, Satu Pasien Positif Covid-19 Bateng Dinyatakan Sembuh
Kamis, 04 Juni 2020 21:20 WIB
KOBA - Kabar baik datang dari Kabupaten Bangka Tengah, satu warga Kabupaten Bangka Tengah yang sebelumnya menjalani perawatan akibat terjangkit