Ditresnarkoba Polda Babel Musnahkan Barang Bukti Narkotika Dari 17 Tersangka


Ditresnarkoba Polda Babel Musnahkan Barang Bukti Narkotika Dari 17 Tersangka

PANGKALPINANG - Ditresnarkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama BNNP memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu dengan total seberat 3,63 kilogram, pil ekstasi, dan barang bukti lainnya yang disita dari tangan 17 orang tersangka.

Pemusnahan barang bukti narkotika tersebut dilakukan oleh Wakapolda Babel, Kombes Pol Slamet Hadi, Dir Resnarkoba, Kombes Pol Mirzal Alwi,  bersama Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol Nanang Hadiyanto, serta pejabat Kejari Pangkalpinang, dan pihak Bea Cuka di Ruang Gazebo Mapolda Babel, Selasa (29/10/2019). 

"Ini adalah wujud kerjasama aparat penegak hukum, khususnya dalam bidang narkoba, ada Kepala BNNP, pihak pelabuhan, kemudian dari Bea Cukai, sehingga hasilnya kita lihat disini," kata Wakapolda Babel, Kombes Pol Slamet Hadi Supraptoyo dalam sambutannya.

Wakapolda menjelaskan, Bangka Belitung yang merupakan daerah kepulauan menjadi jalur internasional, bahkan bisa menjadi pasar peredaran narkotika, apabila tidak segera ditanggulangi dan dicegah dengan tindakan tegas.

"Ketika seluruh jajaran aparat narkoba yang ada di Bangka Belitung ini tidak bergerak dengan baik, tentunya akan menjadi pasar, kalau sudah menjadi pasar, tentunya akan berdampak kepada masyarakat yang ada disini," ujarnya.

Sementara, Dir Resnarkoba Polda Babel, Kombes Pol Mirzal Alwi menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan sisa hasil penangkapan dari beberapa Polres yang diserahkan kepada Ditesnarkoba Polda Babel.

"Sebagian sudah diserahkan ke Kejaksaan, mereka sudah Musnahkan, sisa dari tangkapan hasil kemarin yanf di Bulan Oktober kurang lebih 3,63 kg. Jadi total dari Bulan Januari hingga Oktober 2019, hasil pengungkapan tim itu totalnya 18 kg lebih (sabu-red)," ujar Mirzal.

Selain itu, ia mengungkapkan, para penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) narkotika pada tahun 2019 mengalami peningkatan sangat drastis, yakni hampir mencapai 100 persen. 

"Di lapas itu sekarang jumlahnya sudah seribu lebih, Ini juga jadi permasalahan kita kedepan, karena kapasitas daya tampung di lapas itu kan cuma kutang lebih 500 sampai 600 orang," ungkapnya.

Selain pemusnahan barang bukti, Ditresnarkoba Polda Babel juga menjalin kerjasama MoU dengan Himpunan Mahasiswa Islam Bangka Belitung tentang sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba dan pembentukan duta anti narkoba. (mon)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Beli Ikan Patin Di Warung Makan, Eh Malah Curi Handphone
Beli Ikan Patin Di Warung Makan, Eh Malah Curi Handphone
Selasa, 25 Februari 2020 16:25 WIB
TOBOALI – Jajaran Polsek Toboali berhasil membekuk seorang tersangka pencurian handphone di warung makan Pecel Lele di Jalan Sudirman Kecamatan
Cegah Radikalisme, Wakapolres Lakukan Giatkan Subuh BerJamaah
Cegah Radikalisme, Wakapolres Lakukan Giatkan Subuh BerJamaah
Rabu, 19 Februari 2020 16:34 WIB
TOBOALI - Wakapolres Bangka Selatan (Basel), Kompol Sarwo Edi Wibobo bersama anggota melaksanakan silahturahmi sholat subuh berjamaah dari Mesjid ke
DPO Pelaku Pengeroyokan Nasi Goreng Cukim Ditangkap
DPO Pelaku Pengeroyokan Nasi Goreng Cukim Ditangkap
Senin, 17 Februari 2020 07:02 WIB
TOBOALI - Tim Opsnal Polsek Toboali berhasil mengamankan ZK alias Acit (35), seorang DPO kasus penganiyaan pedagang nasi goreng, Ahmad
Gauli Anak Tirinya, Ed Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara
Gauli Anak Tirinya, Ed Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara
Sabtu, 15 Februari 2020 09:33 WIB
TOBOALI - Ed (39) warga Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akhirnya harus mempertanggungjawabkan perbuatan bejatnya terhadap anak dibawah umur berinisial