Ditresnarkoba Polda Babel Musnahkan Barang Bukti Narkotika Dari 17 Tersangka


Ditresnarkoba Polda Babel Musnahkan Barang Bukti Narkotika Dari 17 Tersangka

PANGKALPINANG - Ditresnarkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama BNNP memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu dengan total seberat 3,63 kilogram, pil ekstasi, dan barang bukti lainnya yang disita dari tangan 17 orang tersangka.

Pemusnahan barang bukti narkotika tersebut dilakukan oleh Wakapolda Babel, Kombes Pol Slamet Hadi, Dir Resnarkoba, Kombes Pol Mirzal Alwi,  bersama Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol Nanang Hadiyanto, serta pejabat Kejari Pangkalpinang, dan pihak Bea Cuka di Ruang Gazebo Mapolda Babel, Selasa (29/10/2019). 

"Ini adalah wujud kerjasama aparat penegak hukum, khususnya dalam bidang narkoba, ada Kepala BNNP, pihak pelabuhan, kemudian dari Bea Cukai, sehingga hasilnya kita lihat disini," kata Wakapolda Babel, Kombes Pol Slamet Hadi Supraptoyo dalam sambutannya.

Wakapolda menjelaskan, Bangka Belitung yang merupakan daerah kepulauan menjadi jalur internasional, bahkan bisa menjadi pasar peredaran narkotika, apabila tidak segera ditanggulangi dan dicegah dengan tindakan tegas.

"Ketika seluruh jajaran aparat narkoba yang ada di Bangka Belitung ini tidak bergerak dengan baik, tentunya akan menjadi pasar, kalau sudah menjadi pasar, tentunya akan berdampak kepada masyarakat yang ada disini," ujarnya.

Sementara, Dir Resnarkoba Polda Babel, Kombes Pol Mirzal Alwi menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan sisa hasil penangkapan dari beberapa Polres yang diserahkan kepada Ditesnarkoba Polda Babel.

"Sebagian sudah diserahkan ke Kejaksaan, mereka sudah Musnahkan, sisa dari tangkapan hasil kemarin yanf di Bulan Oktober kurang lebih 3,63 kg. Jadi total dari Bulan Januari hingga Oktober 2019, hasil pengungkapan tim itu totalnya 18 kg lebih (sabu-red)," ujar Mirzal.

Selain itu, ia mengungkapkan, para penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) narkotika pada tahun 2019 mengalami peningkatan sangat drastis, yakni hampir mencapai 100 persen. 

"Di lapas itu sekarang jumlahnya sudah seribu lebih, Ini juga jadi permasalahan kita kedepan, karena kapasitas daya tampung di lapas itu kan cuma kutang lebih 500 sampai 600 orang," ungkapnya.

Selain pemusnahan barang bukti, Ditresnarkoba Polda Babel juga menjalin kerjasama MoU dengan Himpunan Mahasiswa Islam Bangka Belitung tentang sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba dan pembentukan duta anti narkoba. (mon)




Banner

Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
4 Fakta Baru Kasus John Kei, yang Terakhir Bikin Merinding
4 Fakta Baru Kasus John Kei, yang Terakhir Bikin Merinding
Selasa, 07 Juli 2020 11:35 WIB
JAKARTA - Tercatat ada 69 adegan dalam rekonstruksi kasus penyerangan oleh kelompok John Kei terhadap Nus Kei, yang digelar penyidik
Bejat! 3 Kali Anak Tuna Wicara Dinodai AC Hingga Hamil
Bejat! 3 Kali Anak Tuna Wicara Dinodai AC Hingga Hamil
Rabu, 24 Juni 2020 14:29 WIB
TOBOALI - Insial AC (37), warga Jalan Damai Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dibekuk Unit Perlindungan
"Coba Setubuhi" Istri Tetangga, AK Dicekok Polsek Airgegas
"Coba Setubuhi" Istri Tetangga, AK Dicekok Polsek Airgegas
Senin, 22 Juni 2020 21:29 WIB
AIRGEGAS - Nafsu melihat istri tetangga sendiri membuat pemuda inisial AK (25), warga Desa Airgegas, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan
Polisi Ungkap Pemicu Perusakan di Green Lake City Oleh Kelompok John Kei
Polisi Ungkap Pemicu Perusakan di Green Lake City Oleh Kelompok John Kei
Senin, 22 Juni 2020 13:36 WIB
JAKARTA - Wakapolres Metro Tangerang AKBP Yudhistura Midyahwan membeberkan apa yang menjadi pemicu perusakan rumah Nus Kei di Green Lake