Badan Pengawas MA Datangi PN & PA Sungailiat


Badan Pengawas MA Datangi PN & PA Sungailiat

SUNGAILIAT - Badan Pengawasan (Bawas-red) Mahkamah Agung Selasa kemarin (9/10) menyambangi Pengadilan Negeri Sungailiat dan Pengadilan Agama Sungailiat. Kedatangan beberapa hakim tinggi bersama staf Mahkamah Agung itu untuk melakukan pemeriksaan berkas-berkas yang ada di masing-masing pengadilan. Pemeriksaan serupa tak hanya dilakukan di Sungailiat, namun juga di pengadilan yang ada di Pangkalpinang.

Kepala Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri Sungailiat, Heneng Pujadi SH, MH saat dikonfirmasi Radar Bangka, Rabu kemarin (10/10) membenarkan kedatangan Badan Pengawasan Mahkamah Agung kemarin. "Jadi bulan Februari kemarin mereka melakukan pemeriksaan reguler. Mereka melakukan pengawasan supaya administrasi perkara, administrasi umum, keuangan perkara maupun keuangan umum di lakukan perbaikan. Sekarang inikan mereka mau lihat perbaikannya dan sedang keliling disini," ungkap Heneng.

Lanjutnya, pada pemeriksaan administrasi tersebut, Bawas MA datang ke PN serta PA yang ada di babel. Setelah itu berkasnya dibawa ke MA. Jika dalam pemeriksaan tersebut ditemukan ada kesalahan, maka masing-masing PN atau PA yang diperiksa berkasnya harus melakukan perbaikan. "Kemarin yang diperbaiki ini di review, hasil nya apa kurangnya apa. Jadi misalnya, ada administrasi yang salah, harus diperbaiki. Dan sebagian sudah ada yang diperbaiki dan ada juga yang belum diperbaiki lantaran sistem administrasinya ada yang baru," tambah Heneng seraya menambahkan pemeriksaan serupa dilakukan dua kali setahun.

Katanya, hasil pengawasan Bawas MA akan diberikan kepada pihaknya untuk diperbaiki. "Untuk hasil pengawasan ini sendiri diberikan ke kita untuk diperbaiki. Sudah dilaksanakan belum perbaikan itu. Misalnya, nyusun berkas itu kan ada yang baru seperti berkas dari kepolisian, kejaksaan terus ke pengadilan. Tapi hasilnya itu baru besok baru bisa kita ketahui. Jika ada kendala maka akan dilaporkan ke Mahkamah Agung," tambah Heneng. (Rif)



Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Masyarakat Dilatih Ahli Hidroponik
Masyarakat Dilatih Ahli Hidroponik
Rabu, 29 Maret 2017 11:24 WIB
SUNGAILIAT - Bupati Bangka Tarmizi Saat mendatangkan ahli Hidroponik untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat dan Kelompok Wanita Tani (KWT) di
800 Anak Bakal Ikuti Cukur Massal
800 Anak Bakal Ikuti Cukur Massal
Rabu, 29 Maret 2017 11:23 WIB
SUNGAILIAT - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sungailiat ke-251 tahun 2017,
Bangka Kirim 4 Peserta di KPN Provinsi
Bangka Kirim 4 Peserta di KPN Provinsi
Rabu, 29 Maret 2017 11:21 WIB
SUNGAILIAT - Empat peserta asal Kabupaten Bangka dinyatakan lolos ke seleksi Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2017 tingkat provinsi.
Perkenalkan Potensi Pariwisata ke Almuni STIPER Yogyakarta
Perkenalkan Potensi Pariwisata ke Almuni STIPER Yogyakarta
Senin, 27 Maret 2017 10:37 WIB
UNGAILIAT - Bupati Bangka Tarmizi Saat mengundang sebanyak 25 orang alumni Sekolah Tinggi Perkebunan (STIPER) Yogyakarta angkatan 983