Berita Sungailiat
Badan Pengawas MA Datangi PN & PA Sungailiat
Kamis, 11 Oktober 2012 09:42 WIB | Dibaca 287 kali
SUNGAILIAT - Badan Pengawasan (Bawas-red) Mahkamah Agung Selasa kemarin (9/10) menyambangi Pengadilan Negeri Sungailiat dan Pengadilan Agama Sungailiat. Kedatangan beberapa hakim tinggi bersama staf Mahkamah Agung itu untuk melakukan pemeriksaan berkas-berkas yang ada di masing-masing pengadilan. Pemeriksaan serupa tak hanya dilakukan di Sungailiat, namun juga di pengadilan yang ada di Pangkalpinang.

Kepala Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri Sungailiat, Heneng Pujadi SH, MH saat dikonfirmasi Radar Bangka, Rabu kemarin (10/10) membenarkan kedatangan Badan Pengawasan Mahkamah Agung kemarin. "Jadi bulan Februari kemarin mereka melakukan pemeriksaan reguler. Mereka melakukan pengawasan supaya administrasi perkara, administrasi umum, keuangan perkara maupun keuangan umum di lakukan perbaikan. Sekarang inikan mereka mau lihat perbaikannya dan sedang keliling disini," ungkap Heneng.

Lanjutnya, pada pemeriksaan administrasi tersebut, Bawas MA datang ke PN serta PA yang ada di babel. Setelah itu berkasnya dibawa ke MA. Jika dalam pemeriksaan tersebut ditemukan ada kesalahan, maka masing-masing PN atau PA yang diperiksa berkasnya harus melakukan perbaikan. "Kemarin yang diperbaiki ini di review, hasil nya apa kurangnya apa. Jadi misalnya, ada administrasi yang salah, harus diperbaiki. Dan sebagian sudah ada yang diperbaiki dan ada juga yang belum diperbaiki lantaran sistem administrasinya ada yang baru," tambah Heneng seraya menambahkan pemeriksaan serupa dilakukan dua kali setahun.

Katanya, hasil pengawasan Bawas MA akan diberikan kepada pihaknya untuk diperbaiki. "Untuk hasil pengawasan ini sendiri diberikan ke kita untuk diperbaiki. Sudah dilaksanakan belum perbaikan itu. Misalnya, nyusun berkas itu kan ada yang baru seperti berkas dari kepolisian, kejaksaan terus ke pengadilan. Tapi hasilnya itu baru besok baru bisa kita ketahui. Jika ada kendala maka akan dilaporkan ke Mahkamah Agung," tambah Heneng. (Rif)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Perbaiki Kualitas, Datsun Naik Rp 2 Juta
Perbaiki Kualitas, Datsun Naik Rp 2 Juta
JAKARTA-Datsun Indonesia akan menaikkan harga jual kendaraan sebesar Rp 2 juta untuk tahun 2015 mendatang. Kenaikan ini terkait erat dengan perbaikan kualitas dan situasi ekonomi, sekaligus untuk menutupi biaya produksi.
Madrid Lolos Final Piala Dunia Antarklub
Madrid Lolos Final Piala Dunia Antarklub
MARRAKESH - Real Madrid berhasil melaju ke babak final Piala Dunia Antarklub 2014. Tiket itu diraih setelah Madrid sukses menekuk Cruz Azul dengan skor 4-0 (2-0) di Stade de Marrakech, Rabu (17/12) dini hari WIB.
Pangkalpinang Siap Terapkan Wajib Belajar 15 Tahun
Pangkalpinang Siap Terapkan Wajib Belajar 15 Tahun
PANGKALPINANG - Sebagai Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pangkalpinang menyatakan telah siap untuk menerapkan wajib belajar 15 tahun. Meski target nasional menentukan hingga tahun 2020, wajib belajar 15 tahun atau setara diploma ini tentunya membuktikan pendidikan di Pangkalpinang selangkah lebih maju.
Mitra Radar