Badan Pengawas MA Datangi PN & PA Sungailiat


Badan Pengawas MA Datangi PN & PA Sungailiat

SUNGAILIAT - Badan Pengawasan (Bawas-red) Mahkamah Agung Selasa kemarin (9/10) menyambangi Pengadilan Negeri Sungailiat dan Pengadilan Agama Sungailiat. Kedatangan beberapa hakim tinggi bersama staf Mahkamah Agung itu untuk melakukan pemeriksaan berkas-berkas yang ada di masing-masing pengadilan. Pemeriksaan serupa tak hanya dilakukan di Sungailiat, namun juga di pengadilan yang ada di Pangkalpinang.

Kepala Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri Sungailiat, Heneng Pujadi SH, MH saat dikonfirmasi Radar Bangka, Rabu kemarin (10/10) membenarkan kedatangan Badan Pengawasan Mahkamah Agung kemarin. "Jadi bulan Februari kemarin mereka melakukan pemeriksaan reguler. Mereka melakukan pengawasan supaya administrasi perkara, administrasi umum, keuangan perkara maupun keuangan umum di lakukan perbaikan. Sekarang inikan mereka mau lihat perbaikannya dan sedang keliling disini," ungkap Heneng.

Lanjutnya, pada pemeriksaan administrasi tersebut, Bawas MA datang ke PN serta PA yang ada di babel. Setelah itu berkasnya dibawa ke MA. Jika dalam pemeriksaan tersebut ditemukan ada kesalahan, maka masing-masing PN atau PA yang diperiksa berkasnya harus melakukan perbaikan. "Kemarin yang diperbaiki ini di review, hasil nya apa kurangnya apa. Jadi misalnya, ada administrasi yang salah, harus diperbaiki. Dan sebagian sudah ada yang diperbaiki dan ada juga yang belum diperbaiki lantaran sistem administrasinya ada yang baru," tambah Heneng seraya menambahkan pemeriksaan serupa dilakukan dua kali setahun.

Katanya, hasil pengawasan Bawas MA akan diberikan kepada pihaknya untuk diperbaiki. "Untuk hasil pengawasan ini sendiri diberikan ke kita untuk diperbaiki. Sudah dilaksanakan belum perbaikan itu. Misalnya, nyusun berkas itu kan ada yang baru seperti berkas dari kepolisian, kejaksaan terus ke pengadilan. Tapi hasilnya itu baru besok baru bisa kita ketahui. Jika ada kendala maka akan dilaporkan ke Mahkamah Agung," tambah Heneng. (Rif)



Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pengendara Motor HONDA Tewas Terpental Usai Tabrak Bak Mobil Engkel
Pengendara Motor HONDA Tewas Terpental Usai Tabrak Bak Mobil Engkel
Sabtu, 21 April 2018 21:00 WIB
PUDINGBESAR - Sungguh tragis nasib Denny Wijaya (24) pengendara sepeda motor Honda yang belum diketahui jenisnya mengalami kecelakaan hebat di
KPU Akan Gelar Pagelaran Seni Budaya
KPU Akan Gelar Pagelaran Seni Budaya
Jum'at, 20 April 2018 19:46 WIB
SUNGAILIAT - Dalam rangka Menyongsong 1 Tahun Pemilu Serentak 2019, KPU Kabupaten Bangka akan melaksanakan kegiatan pagelaran seni budaya yang
BPHTB Penyumbang Pajak Daerah Terbesar
BPHTB Penyumbang Pajak Daerah Terbesar
Kamis, 19 April 2018 23:59 WIB
SUNGAILIAT - Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPTB) menjadi penyumbang terbesar untuk pajak daerah yang masuk kedalam
Unik, PPS Desa Silip Gelar Sosialisasi Pilkada 2018 Dengan Lomba Karaoke
Unik, PPS Desa Silip Gelar Sosialisasi Pilkada 2018 Dengan Lomba Karaoke
Kamis, 19 April 2018 20:18 WIB
RIAUSILIP - PPS Desa Silip Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi Pilkada Bangka Tahun 2018 dengan cara berbeda, Rabu (18/4)