Penderita HIV-AIDS di Babel Mencapai 358 Orang


Penderita HIV-AIDS di Babel Mencapai 358 Orang

PANGKALPINANG - Jumlah penderita HIV-AIDS di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terus bertambah setiap tahun. Dari data yang diperoleh dari Pengelola Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan Provinsi hingga pertengahan tahun 2018 total penderita HIV/AIDS di Bumi Serumpun Sebalai mencapai 358 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Mulyono Susanto melalui Pengelola Program HIV/AIDS , Lelly Okta Sistika mengatakan, penderita HIV/AIDS pada tahun 2017 berjumlah 270 orang dari tujuh kabupaten/kota se-Babel, dan dalam periode bulan Januari sampai Juni 2018 ada peningkatan sebanyak  88 orang.

"Kalau tahun 2017 kemarin, jumlah yang positif itu 270 orang, dan untuk pertengahan tahun ini ada peningkatan sekitar 88 orang," kata Lelly, kepada Radar Bangka, Selasa (9/10).

Dikatakan Lelly, Dinas Kesehatan Babel sudah banyak melakukan upaya penanggulangan untuk menekan angka penderita HIV/AIDS di Pos Pelayanan Kesehatan (Posyankes) termasuk di puskesmas dan rumah sakit.

"Kegiatan kita banyak, ada juga untuk peningkatan kapasitas SDM di Posyankes, terus di Posyankes sendiri terutama di puskesmas, di rumah sakit itu ada pemeriksaan HIV pada ibu hamil, pada populasi yang beresiko, terus pasien TB, pasien IMF itu wajib untuk di tes HIV," urainya.

Untuk itu Lelly mengimbau, bagi masyarakat yang ingin tes HIV,  agar dapat mendatangi lokasi pelayanan di seluruh puskesmas dan rumah sakit. "Nah kalau layanan tes HIV, kita sudah semua puskesmas dan Rumah Sakit, sudah ada tes HIV nya, ujarnya.

Dalam kesempatan inipula, Lelly mengatakan terdapat beberapa kendala ditemui di lapangan untuk mendeteksi penderita HIV/AIDS yang tidak dapat terjangkau oleh Dinas Kesehatan Babel.

"Kendalanya masih banyak juga ibu hamil yang datangnya ke rumah sakit swasta, ke dokter-dokter praktek, nah itu yang mungkin belum terjangkau oleh kita," ungkapnya.

"Yang masih susah juga sekarang, kayak populasi-populasi beresiko, misalnya kayak orang-orang yang suka berhubungan intim dengan pramuria, kadang-kadang mereka tidak ada kesadaran untuk memeriksakan dirinya," sambungnya.

Sementara, untuk pengobatan bagi penderita HIV, hanya di Kabupaten Bangka Selatan yang belum tersedia, pasalnya Sumber Daya Manusia (SDM) nya masih belum dilatih.
"Nah kalau ada kasusnya positif, itu ada layanan pengobatannya di tiap kabupaten, cuma yang belum ada di Bangka Selatan, kendalanya karena SDM nya masih belum dilatih, jadi kalau untuk pengobatan, bener-bener dokter dan perawatnya harus sudah dilatih, kemudian farmasi obatnya, terus untuk RR catatan pelaporannya juga," terangnya.

"Jadi kalau untuk pengobatan hanya ada di Rumah Sakit Depati Hamzah, Rumah Sakit di Sungailiat, Belitung, Belitung Timur, Bangka Tengah, dan Rumah Sakit di Bangka Barat ini yang baru aktivasi kemarin," lanjutnya. 

Lebih jauh dikatakannya, Dinkes juga sudah melakukan beberapa upaya penyuluhan hingga ke desa-desa, agar para penderita HIV/AIDS dapat diterima oleh masyarakat.

"Kita sudah melakukan penyuluhan di beberapa kabupaten, mereka yang memang menganggarkan untuk penyuluhan HIV ke desa-desa, supaya nanti ketika ada yang positif itu bisa diterima masyarakat," terangnya.

"Karena kebanyakan masyarakat kan kalau tahu ada salah satu warganya yang terkena virus HIV, dikucilkan, padahal sebenarnya dengan penderita HIV kan kalau kita ngobrol, kita bersalaman tidak menular, Virus HIV kan dapat menular kalau berhubungan seks dan melalui donor darah, kebanyakan masyarakat yang belum tahu tentang informasi ini, itu lah upaya sosialisasi kita di desa-desa," tandasnya (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
TANGKAPAN BESAR BNN PROVINSI BABEL AMANKAN 1,2 KG SABU SENILAI RP1,5 MILIAR DARI TANGAN  4 TERSANGKA
TANGKAPAN BESAR BNN PROVINSI BABEL AMANKAN 1,2 KG SABU SENILAI RP1,5 MILIAR DARI TANGAN 4 TERSANGKA
Jum'at, 19 Oktober 2018 18:23 WIB
PANGKALPINANG - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), pimpinan Brigjen Pol Nanan Hadianto berhasil mengamankan narkoba jenis
Widiatmoko : Mari Kita Dorong Percepatan Pemerataan Tekhnologi dan SDM
Widiatmoko : Mari Kita Dorong Percepatan Pemerataan Tekhnologi dan SDM
Jum'at, 19 Oktober 2018 12:06 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Asosiasi Dinas Komonikasi dan Informatika Provinsi se Indonesia, Hening Widiatmoko berharap adanya pemerataan bidang infrastuktur teknologi informasi
Amankan Pemilu 2019, 350 Personil Kodim 0413/BKA Disiagakan
Amankan Pemilu 2019, 350 Personil Kodim 0413/BKA Disiagakan
Jum'at, 19 Oktober 2018 10:44 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 350 personil Komando Distrik Militer (Kodim) 0413/BKA telah disiagakan untuk membackup aparat kepolisian dalam upaya mengamakan Pemilu
Kementerian Pantau Pemanfaatan Bansapras Hibah
Kementerian Pantau Pemanfaatan Bansapras Hibah
Selasa, 16 Oktober 2018 12:00 WIB
PANGKALPINANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan pemantauan terhadap pemanfaatan bantuan sarana dan prasarana (bansapras) yang diberikan oleh KKP