Brimob Tembak 2 Rekannya Sendiri


Brimob Tembak 2 Rekannya Sendiri

SEMARANG - Tiga anggota Brimob yang bertugas di lokasi pengeboran minyak PT Sarana Gas Trembul di Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, tewas setelah diduga ditembak oleh rekannya sendiri. Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, Rabu (11/10), membenarkan kejadian yang dialami anggota Subden IV Satuan Brimob Pati pada Selasa (10/10) malam.

"Mereka ini merupakan bagian dari enam anggota Brimob yang diperbantukan untuk menjaga proyek vital nasional itu," katanya. Ketiga korban tewas itu, lanjut dia, masing-masing Bripka BT, Brigadir BW, dan Brigadir AS. Menurut dia, tim yang beranggotakan Direktur Reserse Kriminal Umum dan Kepala Laboratorium Forensik telah dikirim ke Blora untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Dari laporan awal yang masuk, kata dia, diduga terdapat motif pribadi dalam peristiwa itu.

Ia menjelaskan, dari keterangan saksi diketahui hanya terdapat satu senjata api jenis AK 101 di dekat tubuh Bripka BT. Luka tembak diketahui terdapat di bagian tubuh Brigadir BW dan AS. Sementara pada Bripka BT didapati luka tembak di bagian kepala.

Kejadian itu sendiri, lanjut dia, diketahui sejumlah saksi, termasuk anggota brimob lain yang sedang berada di kamar mandi. "Saksi mendengar suara tembakan yang berasal dari barak personel brimob yang diperbantukan untuk pengamanan," katanya.

Saksi juga mengaku, diperintah oleh Bripka BT untuk lari menyelamatkan diri, sebelum akhirnya terdengar suara tembakan lagi. Adapun untuk kepastian latar belakang pasti kejadian itu, kata dia, masih harus menunggu hasil investigasi tim yang dikirim ke lokasi.

Sementara, Markas Besar Kepolisian RI akan mengevaluasi penggunaan senjata api di kalangan anggotanya di seluruh Indonesia. "Setiap ada kejadian pasti kami evaluasi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Rikwanto. Sebelum, Brigadir Dua Azan Fikri ditemukan tewas di dalam mobilnya pada Senin, 9 Oktober 2017. Terdapat luka tembak di bagian kepala anggota Kepolisian Resor Musi Banyuasin tersebut, dan tangan kanannya masih memegang pistol. Lokasi kejadian di Tunggal Ilir, Kabupaten Musi Banyuasin. Ia diduga bunuh diri.

Rikwanto menuturkan, pihaknya akan mengevaluasi penyalahgunaan senjata yang dilakukan personel Polri baik perwira maupun bintara. Itu dilakukan untuk perbaikan intitusinya. Ia juga menyampaikan bahwa Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah memerintahkan Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Condro Kirono melakukan penyidikan tewasnya tiga anggota Brimob di Blora. Saat ini, kata Rikwanto, kepolisian sedang mendalami penyebab terjadinya penembakan tersebut. 

Terkait dengan penugasan anggota Brimob di lokasi penambangan Sarana Gas Trembul, Blora, Jawa Tengah, Rikwanto menjelaskan bahwa hal itu memang diperbolehkan. "Polisi diperbolehkan untuk menjaga sekitar tambang karena dalam rangka menjaga keamanan," ujar Rikwanto.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian enggan berkomentar soal penembakan tiga anggota Brimob saat ditemui setelah menjadi pembicara di acara Kongres ke-4 BEM/DEMA PTAI se-Indonesia di kampus Universitas Islam Negari Raden Fatah, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu, 11 Oktober 2017. Ia meminta awak media bertanya kepada Brigjen Rikwanto. "Sata tidak ingin berkomentar yang lain. Kalau (ada pertanyaan) yang lain, silakan ke Pak Rikwanto," kata Tito.(ant/rb)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Pria Inisial YK yang Penuhi Hasrat Roro Fitria
Pria Inisial YK yang Penuhi Hasrat Roro Fitria
Kamis, 15 Februari 2018 18:58 WIB
JAKARTA -Tim dari Subdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya telah menangkap artis Roro Fitria dan pria berinisial WH. Keduanya ditangkap
Petani Air Gegas Kedapatan Jual Sabu
Petani Air Gegas Kedapatan Jual Sabu
Kamis, 15 Februari 2018 15:52 WIB
TOBOALI -Jajaran Polsek Air Gegas berhasil melakukan penangkapan tersangka Bandar dan juga pengedar narkoba di Desa Air Gegas Kecamatan Air
Polisi Tempilang Tangkap Penjual Mikol
Polisi Tempilang Tangkap Penjual Mikol
Kamis, 15 Februari 2018 15:50 WIB
MUNTOK- Polisi Sektor Tempilang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menangkap dua orang laki-laki yang diduga menjual minuman beralkohol jenis arak.
Dit Polair Polda Babel Tangkap Perompak
Dit Polair Polda Babel Tangkap Perompak
Kamis, 15 Februari 2018 15:46 WIB
PANGKALPINANG - Direktorat Polisi Air Polda Kepulauan Bangka Belitung berhasil membekuk perompak yang meresahkan nelayan di perairan Kepulauan Bangka Belitung.