Huzarni Rani Tanggapi Lelang Jabatan Sekda Diujung Masa Jabatan Bupati Basel


Huzarni Rani Tanggapi Lelang Jabatan Sekda Diujung Masa Jabatan Bupati Basel

TOBOALI - Adanya pengumunan lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) dan 6 jabatan Kepala OPD di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dalam waktu dekat ditanggapi mantan Pj Bupati Kabupaten Basel, Drs.H.A.Huzarni Rani, MSi.

Huzarni menyatakan jika manajemen sumberdaya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) dikelola dengan baik, seharusnya proses lelang jabatan tersebut telah jauh - jauh hari dilakukan setelah jabatan Sekda Basel kosong ditinggalkan oleh Suwandi.

"Bukan dibiarkan berlarut - larut sehingga harus menunjuk Kepada Dinas PU merangkap Pj Sekda,"kata Huzarni dikonfirmasi Radar Bangka, Senin (09/08/2020).

Menurut Huzarni keputusan yang kurang tepat mengingat begitu beratnya tupoksi Kepala Dinas PU harus diberi beban sebagai Pj Sekda yang secara langsung sebagai Ketua Tim Anggaran, ASN betul-betul Superior yang bisa melaksanakan tugas berat yang begitu banyak ia ketahui, bahwa Kadis PU bukan ASN yang Superior.

"Demikian juga dengan 6 jabatan Kepala OPD yang selama ini kosong  diisi oleh Plt, padahal jika 6 jabatan OPD itu dilelang dari dulu maka banyak ASN Basel yang memenuhi syarat dapat mengisi kekosongan jabatan 6 Kepala OPD tersebut secara definitif yang selama bertahun-tahun dibiarkan kosong diisi oleh Plt,"kata dia.

Lambatnya pengisian jabatan Sekda dan 6 Kepala OPD di Basel, lanjut Huzarni menunjukan lemahnya pemahaman manajemen SDM dan birokrasi Justiar Noer, sebagai Bupati Basel karena tidak berupaya secara maksimal untuk secepat mengisi  kekosongan jabatan Sekda dan Kepala OPD tersebut yang menyebabkan terhambatnya karier ASN karna peluang untuk mendapatkan promosi tersumbat.

"Inilah yg menyebabkan masyarakat bertanya-tanya kenapa lelang jabatan Sekda dan 6 Kepala OPD yang ditunda-tunda selama ini  justru dilakukan diujung masa jabatan Pak Justiar masih tersisa enam bulan lagi yang akan berakhir bulan Februari 2021,"jelasnya.

Ketika ditanya apakah keputusan Bupati Basel, Justiar Noer untuk melelang jabatan Sekda 
dan 6 Kepala OPD diujung masa jabatannya  justru akan menjadi beban bagi Bupati Bangka Selatan yang akan datang ?

Menurut Huzarni sulit utk memungkiri makanya ia sangat menyayang kebijakan Justiar Noer sebagai Bupati Basel yang menunda-nunda proses lelang jabatan Sekda dan 6 Kepala OPD yang selama ini kosong dan lebih memilih menunjuk Kepala Dinas PU sebagai Pj Sekda dan menunjuk 6 ASN sebagai Plt Kepala OPD.

Yang  menurutnya secara tidak langsung mempertontonkan ke masyarakat bahwa sistem pembinaan karier ASN Kabupaten Basel tidak berjalan dengan baik sehingga begitu sulitnya untuk mencari ASN yang mampu menjadi Sekda dan Kepala OPD.

"Kalau proses lelang ini ilanjutkan dan dilantik diujung masa jabatan pak Justiar sebagai Bupati Basel maka jujur saya katakan akan jadi beban bagi Bupati Basel yang akan datang dan akan kontraproduktif juga bagi ASN yang bersangkutan jika Bupati yang akan datang kurang berkenan dengan ASN - ASN yang hasil proses lelang,"sebutnya.

"Maka mungkin sejarah akan berulang lagi setiap pergantian Bupati muncul mutasi dan nonjob untuk menyingkirkan pejabat-pejabat yang tidak sejalan dengan Bupati yang baru dan lagi-lagi ASN yang akan menjadi korban politik," tambah Huzarni.(afa)




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Bupati Justiar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kodim Kabupaten Basel
Bupati Justiar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kodim Kabupaten Basel
Rabu, 23 September 2020 22:27 WIB
TOBOALI - Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Justiar Noer meletakkan batu pertama pada pembangunan gedung kantor Kodim kabupaten Bangka Selatan
KPU Resmi Tetapkan 4 Paslon Cabub – Cawabup di Pilbup Basel
KPU Resmi Tetapkan 4 Paslon Cabub – Cawabup di Pilbup Basel
Rabu, 23 September 2020 20:20 WIB
TOBOALI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), resmi menetapkan empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Basel
Tim BERADAB Ajak Pers Netral di Pilkada Basel
Tim BERADAB Ajak Pers Netral di Pilkada Basel
Selasa, 22 September 2020 17:37 WIB
TOBOALI – Menjelang penetapan pasangan calon (paslon) pilkada 2020 pada 23 September 2020. Tim pemenangan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati
Cegah Politik Uang, Kajari Basel Ingatkan Para Kades dan Lurah Awasi Pilkada
Cegah Politik Uang, Kajari Basel Ingatkan Para Kades dan Lurah Awasi Pilkada
Senin, 21 September 2020 17:59 WIB
TOBOALI – Kejari Bangka Selatan (Basel) mengingatkan kepada seluruh peserta Kepala Desa (Kades) dan Lurah di Kabupaten Basel agar tidak