Polda Babel Masih Dalami Perkara Lampu PJU Toboali


Polda Babel  Masih Dalami Perkara Lampu PJU Toboali

TOBOALI – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung (Babel) hingga kini masih melakukan pendalaman perkara kegiatan proyek pemasangan jaringan instalasi lampu PJU tahun 2017 yang telah menghabiskan keuangan negara atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Basel senilai Rp 2.898.362.000.

"Hasilnya belum. Saat ini kita masih berkoordinasi dengan dinas PU (Basel) untuk data atau berkas dokumen atas pelaksanaan kegiatan proyek pemasangan jaringan instalasi lampu PJU,” ujar Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung, AKBP Slamet dikonfirmasi via seluler, Senin (13/5/2019).

Dikemukakan Slamet, pihaknya telah mempelajari berkas dokumen kegiatan proyek atas laporan hasil pemeriksaan Inspektorat Pemkab Basel yang dikerjakan oleh PT Sehati Jaya di beberapa titik jalan di daerah setempat termasuk di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Kota Toboali pada tahun 2017 silam.

"Hasil pemeriksaan Inspektorat telah kita pelajari. Laporan hasil pemeriksaan Inspektorat  hanya bersifat teknis dan itu masih perlu kita dalami lagi dengan dokumen tambahan dari Dinas PUPRP guna penyelidikan lebih lanjut,”jelasnya.

Ketika disinggung hingga kapan penyelidikan atas perkara kegiatan proyek pemasangan jaringan instalasi lampu PJU itu selesai? Ia belum  bisa dipastikan sampai kapan. Alasanya bahan belum terkumpul semuanya.

“Saat ini kita masih mengumpulkan data-data dan dokumen tambahan dari Dinas PUPRP guna penyelidikan, nanti kita akan gelar perkara atas hasil dari penyelidikan itu dan pihak dari Inspektorat juga akan kita panggil untuk klarifikasi,”pungkas Slamet.

Sementara sebelumnya Kepala Plt Inspektorat Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Marpaung menyebutkan Insprektorat sudah melakukan pelaksanaan pemeriksaan khusus kegiatan pengadaan dan pemasangan lampu penerangan atas DPUPRHUB tanggal 29 Oktober 2018 lalu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dilapangan, bahwa seluruh biaya atas pengadaan Kabel NYY (Tipe 4x16) sepanjang 6.541 Meter dan biaya pemasangan / penyambungan dan penanaman kabel tersebut tidak dapat diterima atau tidak diakui oleh tim audit.

“Karena penyambungan kabel bawah tanah serta kedalaman penanaman kabel dibawah tanah tidak sesuai standar dan tidak sesuai kontrak serta tidak mempertimbangkan faktor keamanan dan kehandalan pekerjaannya atas risiko kebocoran arus listrik,” tegasnya.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Nelayan Desa Kepoh, Tukak, Bukit Terap,Tiram Keluhkan Belasan TI Tower
Nelayan Desa Kepoh, Tukak, Bukit Terap,Tiram Keluhkan Belasan TI Tower
Senin, 15 Juli 2019 22:51 WIB
TOBOALI – Nelayan 4 Desa di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) yaitu Desa Kepoh, Tukak, Bukit Terap serta Tiram mengeluhkan adanya
Kapolres Akan Tindaklanjuti Pengerit Sesuai SOP
Kapolres Akan Tindaklanjuti Pengerit Sesuai SOP
Senin, 15 Juli 2019 07:35 WIB
TOBOALI - Kapolres Bangka Selatan (Basel) AKBP Aris Sulistyono akan menindak tegas dan menindaklanjuti soal keluhan masyarakat terhadap adanya pengerit
Peletakan Batu Pertama SMP Muhammadiyah Basel, Sumadi Ingatkan Tidak Ada Lagi Anak Putus Sekolah
Peletakan Batu Pertama SMP Muhammadiyah Basel, Sumadi Ingatkan Tidak Ada Lagi Anak Putus Sekolah
Senin, 15 Juli 2019 12:10 WIB
TOBOALI – Plt Disdikbud Kabupaten Basel, Sumadi yang juga Pimpinan Muhammadiyah Basel melakukan peletakan batu pertama pembangunan Unit Sekolah
PJU Sudirman Kembali Nyala, BLH Basel Tetap Gugat Pemkab Basel
PJU Sudirman Kembali Nyala, BLH Basel Tetap Gugat Pemkab Basel
Minggu, 14 Juli 2019 18:34 WIB
TOBOALI - Menanggapi akan terang benderangnya Jalan Sudirman Toboali dan Komplek Perkantoran Bupati Basel menggugah Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LHB)