Mulai Marak Isu Politik, Bawaslu Basel Awasi Medsos & Money Politik


Mulai Marak Isu Politik, Bawaslu Basel Awasi Medsos & Money Politik

TOBOALI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) hingga saat ini terus mengawasi isu politik yang marak dibahas di media sosial.Pengawasan itu sebagai bentuk pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti sara,ujaran kebencian,menghina dan menjatuhkan salah satu peserta pemilu.

“Kemarin kita sudah melakukan rapat internal beberapa kegiatan.Salah satunya kita akan memantau media sosial.Kami tidak ingin melakukan tindakan langsung, tapi mengutamakan pencegahan terlebih dahulu,"kata Komisioner Bawaslu Basel pada Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa,Erik kepada wartawan,Selasa(26/2).

Erik menghimbau kepada seluruh pengguna medsos agar lebih bijak menyikapi isu politik di dunia maya. Jangan sampai terpancing dengan ucapan-ucapan yang bisa memecah-belah persatuan. Untuk itu,dia meminta pengguna medsos lebih selektif menggunakan medsos cerdas memilih kalimat bisa mengkaji ulang kembali sebelum akan dishare.

Bukan hanya itu,Bawaslu Kabupaten Basel juga telah mempunyai indeks kerawanan Pemilu.Yang mana indeks kerawanan pemilu itu akan dipergunakan memetakan daerah mana yang berpotensi menimbulkan permasalahan. Potensi kerawanan itu dihitung dengan kategori sangat rawan, rawan dan aman.

“Kerawanan yang kami petakan itu seperti rawan politik uang, isu sara dan lain-lain. Oleh karna itu dalam waktu dekat ini kita juga akan mengadakan publikasi melalui media spanduk disetiap kelurahan terkait money politik,ujaran kebencian,sara dan indikasi pelanggaran lainya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu,Erik juga menghimbau untuk para calon serta timses untuk mentaati aturan yang berlaku. Ketika ditanya ada sudah ada laporan terjadinya money politik di Kabupaten Basel?

“Kalau laporan belum ada,hanya saja isu yang berkembang bukan informasi awal tapi ini belum bisa dipastikan.Sekali lagi kami menghimbau masyarakat serta para calon ataupun timses untuk cerdas pemilu yang taat dengan aturan agar sukses dalam pemilu,” pungkasnya.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Samsul Bahri Resmi Daftar Gugat KPU Basel ke PTUN
Samsul Bahri Resmi Daftar Gugat KPU Basel ke PTUN
Rabu, 21 Agustus 2019 22:08 WIB
TOBOALI - Politisi Partai Gerindra Bangka Selatan (Basel), Samsul Bahri mendatangi Pengadilan Tata Usaha Negara ( PTUN) di Kota Pangkalpinang,
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kelapan
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kelapan
Senin, 19 Agustus 2019 14:11 WIB
TOBOALI - South Bangka Diving (SOBAD) yang tergabung di Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), mengibarkan
Tv Chanel Bangka Beri Penghargaan kepada Sanggar Seni Rumah Pelangi
Tv Chanel Bangka Beri Penghargaan kepada Sanggar Seni Rumah Pelangi
Senin, 19 Agustus 2019 06:26 WIB
TOBOALI - Tv Chanel Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan penghargaan kepada Sanggar Seni Rumah Pelangi (SSRP) Kecamatan Simpang Rimba
Samsul Bahri Serahkan Permohonan Gugatan ke Bawaslu Basel
Samsul Bahri Serahkan Permohonan Gugatan ke Bawaslu Basel
Rabu, 14 Agustus 2019 19:56 WIB
TOBOALI – Samsul Bahri melalui Advokad Jhohan Adhi Ferdian dan Suwanto Lawfirm menyerahkan permohonan gugatan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum