Bupati Basel Resmikan Monumen Gerhana Matahari Total


Bupati Basel Resmikan Monumen Gerhana Matahari Total

TUKAKSANDAI - Bupati Bangka Selatan (Basel), H Justiar Noer didampinggi Wakil Bupati Riza Herdavid dan Kepala Dinas Pariwisata Haris Setiawanmeresmikan monumen matahari total di Pantai Tanjung Kerasak, Kecamatan Tukaksandai, Selasa (12/2/2019).

"Tujuan pembangunan monumen Gerhana Matahari Total (GMT) selain untuk mengabadikan fenomena alam yang langka, juga diharapkan dapat menjadi ikon pariwisata di pantai Tanjung Kerasak sehingga ke depannya akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke pantai tanjung kerasak ini, dan pada akhirnya dapat menciptakan multiplier effects untuk masyarakat setempat. Dengan kata lain masyarakat akan semakin luas kesempatan berusahanya dan semakin luas lapangan kerjanya dalam pemanfaatan daya tarik objek wisata sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya,"ujar Bupati.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Basel Haris Setiawan mengatakan, Pemkab Basel membangun monumen ini, sebagai peringatan adanya fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 silam. 

"Fenomena Gerhana Matahari Total merupakan momen yang langka, jadi kami ambil inisiatif, atas perintah Bupati Bangka Selatan, dimana selain untuk memberikan informasi tentang adanya fenomena GMT juga untuk meningkatkan daya tarik wisata, destinasi wisata yang ada di Bumi Junjung Besaoh khususnya di Pantai Tanjung Kerasak," ungkapnya.


Sementara Camat Tukak Sadai M. Zamroni, SSTP menambahkan, pemerintah kecamatan dalam hal ini telah bersinergi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kab. Basel, sekaligus meresmikan monumen Gerhana Matahari Total. Menurutnya, hal tersebut (monumen) sangat besar nilainya, dapat meningkatkan kemajuan pariwisata Basel khususnya di daerah Kecamatan Tukak Sadai. (dikominfo)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Jum'at, 19 April 2019 20:52 WIB
TOBOALI – Meski Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa e-KTP identitas resmi untuk mencoblos pada Pemilu 2019. Warga yang belum mendapat
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Rabu, 17 April 2019 16:39 WIB
TOBOALI - Mantan Sekda Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Suwandi serta Kabag Umum dan Bendahara Umum (Bendum), Endang Kristinawati dan Yusuf
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Rabu, 17 April 2019 10:43 WIB
TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memusnahkan 1.112 surat suara rusak, Selasa (16/4) malam. Pemusnahan yang
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Selasa, 16 April 2019 19:29 WIB
TOBOALI – H -1 pelaksanaan pemilu, Kabupaten Basel dikabarkan adanya laporan operasi tangkap tangan (ott) caleg dengan barang bukti (bb)