Momentum Hari Kartini, Ekawati Ajak Kaum Ibu Cegah Kanker Serviks


Momentum Hari Kartini, Ekawati Ajak Kaum Ibu Cegah Kanker Serviks
Ketua TP PKK Basel, Hj Ekawati Justiar bersama para ibu-ibu PKK. Foto: Ist

TOBOALI – Moment Peringatan Hari Kartini ke-139, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Hj Ekawati Justiar menghimbau dan mengajak semua kaum hawa, khususnya kaum ibu-ibu kader PKK untuk sama-sama andil dalam pencegahan penyakit kanker serviks, melalui pemeriksaan Iva Test. Hal tersebut disampaikanya pada acara puncak peringatan Hari Kartini di Gedung Nasional, Toboali, Basel, Sabtu (21/4).

"Kanker Serviks adalah pembunuh kaum wanita nomor satu di Indonesia. Dengan tema; Semangat Kartini, Kita Bebaskan Perempuan Bangka Selatan Dari Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara, Melalui Pemeriksaan IVA Test dan Sadanis. Mari kita sukseskan kegiatan pelayanan IVA di setiap Puskesmas Kecamatan dan Rumah Sakit," ajak Hj Ekawati.

Menurutnya, sosok Ibu Kartini menjadi inspirasi kaum hawa di era modern saat ini. Hal ini yang juga yang menginspirasi ibu-ibu PKK di Negeri Junjung Besaoh. Sosok Kartini membuat mereka ingin terus berkarya dan berkontribusi bagi kemanjuan bangsa, khususnya Kabupaten Basel.

"Partisipasi perempuan diberbagai bidang untuk mewujudkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki juga merupakan bagian terpenting dari perjuangan gerakan perempuan di era globalisasi dan persaingan yang semakin menekan, terutama bagi Negara berkembang seperti Indonesia," jelasnya.

Ia berharap agar perempuan di Kabupaten Basel semakin hari semakin hebat menjadi Kartini sebenarnya. Ia juga berpesan agar semua perempuan yang hadir terus mentauladani perjuangan Kartini menuju kemandirian keluarga, agama dan bangsa.

"Kita ketahui bersama bahwa Ibu Kartini mengajarkan ilmu-ilmu bermanfaat. Mulai dari ilmu membaca, berhitung dan keterampilan untuk mengangkat derajat perempuan. Kita pun sebagai wanita sudah sepatutnya meneruskan ilmu ini meneladani sikap Ibu Kartini," paparnya.

Dalam kesempatan peringatan jelang perayaan Hari Kartini tersebut, pihaknya bersinergi dengan PC IBI Basel, DSPPPAPMD dan DKPPKB Basel dengan mengundang dokter umum sekaligus Seksolog untuk memberikan penjelasan detail tentang gejala, bahaya sampai pencegahan terhadap penyakit kanker serviks.

Beberapa materi disampaikan sangat informatif. Seluruh peserta diberikan ilmu bagaimana mendeteksi secara dini kanker serviks. Tidak hanya itu saja, pihaknya juga menjelaskan beberapa tips untuk mengindari penyakit tersebut datang.

"Jadi, lebih baik mencegah, jangan sampai sudah stadium tinggi, baru periksa ke dokter. Ibu-ibu jangan ragu untuk memeriksakan diri deteksi dini kanker serviks (leher rahim) dan kanker payudara. Begitu juga memeriksa (payudara sendiri) juga sangat penting untuk dilakukan. Hal Ini perlu dilakukan perempuan sejak usia remaja agar terhindar dari risiko kanker, sehingga bisa ditangani secepatnya," pungkas Hj Ekawati. (bim)




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Bupati Basel Ingatkan Seluruh ASN & Honorer Jaga Netralitas Pilkada 2020
Bupati Basel Ingatkan Seluruh ASN & Honorer Jaga Netralitas Pilkada 2020
Selasa, 24 November 2020 17:27 WIB
TOBOALI - Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Justiar Noer menjadi pembinaa apel upacara, Senin (23/11/2020). Dalam arahannya, Bupati, Justiar menyampaikan
  KPU Basel Terima 141.653 Lembar Surat Suara
KPU Basel Terima 141.653 Lembar Surat Suara
Senin, 23 November 2020 17:52 WIB
Sebanyak 141.653 lembar surat suara untuk Pilkada serentak telah tiba dan diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel).
Pulang Dari Perjalanan Dinas, Satu Anggota DPRD Basel Positif Virus Covid-19
Pulang Dari Perjalanan Dinas, Satu Anggota DPRD Basel Positif Virus Covid-19
Selasa, 10 November 2020 22:44 WIB
TOBOALI - Satu anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) inisial BR (52), dinyatakan positif Covid-19 setelah melewati rangkaian tes usai
Cair, 856 Jiwa Masyaralat Basel Terima BLT
Cair, 856 Jiwa Masyaralat Basel Terima BLT
Selasa, 10 November 2020 20:38 WIB
TOBOALI - Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mulai disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel, Selasa