Puskesmas Tiram Terima Penghargaan, Sukses Tekan AKI Nol Persen


Puskesmas Tiram Terima Penghargaan, Sukses Tekan AKI Nol Persen

    TOBOALI - Puskesmas Tiram, Kecamatan Tukak Sadai meraih penghargaan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kategori puskesmas dengan angka kematian ibu (AKI) nol persen periode 2013-2016. Hal ini menandakan adanya peningkatan derajat kesehatan.

    Kepala Puskesmas Tiram dr. Rudi Hartono mengatakan tercapainya peningkatan derajat kesehatan tersebut karena adanya kesadaran masyarakat mengikuti semua sosialisasi dan pembinaan kegiatan puskesmaas serta PKK dan tokoh masyarakat guna meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang KIA.

    "Penghargaan ini diraih berkat kerjasama dari program KIA dan para bidan desa dan tentu saja peran masyarakat dan lintas sektoral di kecamatan tukak sadai. Keberhasilan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak terlepas dari meningkatnya kesehatan ibu dan bayi baru lahir," ujar Rudi kepada Radar Bangka, Selasa (25/10) kemarin.

    Menurut Rudi, membangun SDM harus dimulai sejak dini yaitu pada saat janin dalam kandungan sampai masa awal pertumbuhan, karena bayi baru lahir menentukan generasi yang akan datang. Masih tingginya AKI menandakan rendahnya pemberdayaan perempuan dan terlantarnya kesehatan perempuan. Atas dasar tersebut Puskesmas Tiram bersama-sama masyarakat berupaya menurunkan AKI dan kematian bayi baru lahir melalui kegiatan GSI-B.

    "Keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan pemda basel melalui dinas kesehatan yang terus mensupport puskesmas tiram baik dukungan anggaran dan penyediaan sarana prasarana," jelasnya.

    Ia mengharapkan melalui gerakan GSI-B ini dapat menekan AKI dan kematian bayi baru lahir bukan semata-mata untuk menjadi juara. "Harapan kami ke depan puskesmas tiram mampu memberikan pelayanan terbaik untk masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat," pungkasnya.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
DPRD Basel Akan Sampaikan Aspirasi Nelayan ke DPRD Babel
DPRD Basel Akan Sampaikan Aspirasi Nelayan ke DPRD Babel
Senin, 21 Oktober 2019 19:57 WIB
TOBOALI – Ketua DPRD Kabupaten Basel, Erwin Asmadi menegaskan secepatnya pihaknya dan Pemkab Basel akan menyampaikan aspirasi masyarakat perwakilan nelayan
Kapolres Basel AKBP Ferdinand Buka Pelatihan Penyidik TPPU
Kapolres Basel AKBP Ferdinand Buka Pelatihan Penyidik TPPU
Kamis, 17 Oktober 2019 16:58 WIB
TOBOALI - Kapolres Bangka Selatan (Basel) , AKBP S Ferdinand Suwarji membuka kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan penyidik Polres Basel dan
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Selasa, 15 Oktober 2019 19:17 WIB
TOBOALI – Kapolres Bangka Selatan (Basel), AKBP S Ferdinand Suwarji dan diikuti oleh Pejabat Utama (PJU), Kapolsek Jajaran dan seluruh
Kunjungi Dewan Pers,Wartawan Basel Diskusikan Kebebasan Pers
Kunjungi Dewan Pers,Wartawan Basel Diskusikan Kebebasan Pers
Sabtu, 12 Oktober 2019 21:24 WIB
JAKARTA – Jurnalis Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dari media Babel Pos, Radar Bangka dan Berita Bangka melakukan kunjungan ke Dewan