JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan lebat berpeluang terjadi di sejumlah wilayah, termasuk kota-kota besar di 26 provinsi di Indonesia, pada Rabu, hari pertama bulan Mei. Menurut peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Rabu, 26 provinsi yang berpotensi hujan lebat itu adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau. Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Gorontalo.
Selain itu, hujan lebat diprakirakan akan terjadi di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Untuk daerah-daerah yang kemungkinan akan mengalami hujan lebat, BMKG telah menempatkan mereka dalam kategori peringatan banjir karena dampak dari hujan tersebut.

BMKG juga memperkirakan hujan dengan intensitas ringan akan membasahi wilayah DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan.
Secara khusus, hujan diprediksi akan turun di beberapa kota besar seperti Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Padang, dan Medan. Banda Aceh, Banda Aceh, Banda Aceh, Banda Aceh Hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi di Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Bandung, Palangkaraya, Pangkalpinang, Tanjungpinang, Ambon, Ternate, Mataram, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Palembang. 17 Di wilayah metropolitan Jakarta, BMKG memprakirakan hujan ringan di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada hari Rabu sore. Sementara itu, pada hari Kamis pagi, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan mengalami hujan dengan intensitas yang sama, kata BMKG.