Rencana Cetak Sawah Terkendala Lahan Tambang. Cetak Sawah di Bencah Jalan Terus


Rencana Cetak Sawah Terkendala Lahan Tambang. Cetak Sawah di Bencah Jalan Terus

TOBOALI (radarbangka.co.id) - Kendati masih bermasalah dengan lahan tambang, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) di tahun 2011 ini, akan tetap melaksanakan program cetak sawah di Desa Bencah.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dispernak Basel, Efendi Ali, Kamis (25/5).

Bahkan menurut Efendi, awal Juni mendatang pihaknya akan melakukan survey yang kedua kalinya untuk persiapan cetak  sawah tersebut. Hanya saja lahan seluas 75 hektar yang masih dalam persoalan ungkapnya, tidak akan dikerjakan terlebih dulu sebelum ada solusinya. 

“Program tersebut telah dilakukan SID (Survey Investigasi Design-red) pada tahun 2010 lalu seluas 225 hektar sehingga di tahun ini harus tetap kita laksanakan,” tegas Efendi Ali. 

Efendi menjelaskan, pihaknya telah melakukan SID pada tahun lalu tanpa mengetahui, jika lokasi yang rencana akan buat cetak sawah tersebut masuk dalam kawasan tambang. 

“Rencananya kita akan ada pertemuan ulang antara PT Tambang Timah, Dinas Pertambangan Basel serta masyarakat petani Desa Bencah di Kantor sekertariat Bupati Basel. Kita harus cari solusi terbaik, lakukan musyawarah bersama, dengan artian cetak sawah dapat dilakukan dengan baik, begitu juga dengan PT Tambang Timah dapat bekerja dengan baik pula tanpa berbenturan dengan masyarakat. Silahkan lakukan pendekatan dengan masyarakat melalui program CSR-nya. Saya mengharapkan persoalan ini segera selesai sehingga program cetak sawah seluas 225 hektar di Desa Bencah dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya. 

Efendi menargetkan, Juni ini sudah bisa berjalan, sebab perencanaan dan anggaran sudah siap. Begitupun dengan calon penerima dan calon lokasi sudah ada, tetapi kita tetap melaksanakan cetak sawah yang tidak terkena dulu. Sisanya dilakukan mediasi dulu, lakukan pertemuan jangan diambangkan begitupun pendekatan CSR PT Timah itu sangat perlu sekali ke masyarakat di Desa Bencah. (cr30)


Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Areal Tambang Meluas, Nelayan Tanjung Ketapang Resah
Areal Tambang Meluas, Nelayan Tanjung Ketapang Resah
Jum'at, 25 September 2020 17:00 WIB
TOBOALI - Puluhan nelayan Tanjung Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Bangka Selatan merasa terganggu dengan adanya aktivitas tambang pasir timah laut
PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
Kamis, 24 September 2020 21:10 WIB
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Nomor: 78/PL.02.3-Kpt/1903/KPU-Kab/IX/2020 Tentang Penetapan Nomor Urut bagi Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupatidan
Ini Nomor Urut 4 Paslon Pilkada Basel
Ini Nomor Urut 4 Paslon Pilkada Basel
Kamis, 24 September 2020 14:49 WIB
TOBOALI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar tahapan pengundian nomor pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
Kamis, 24 September 2020 00:12 WIB
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Nomor: 75/PL.02.3-Kpt/1903/KPU-Kab/IX/2020 Tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati