Nilai Adipura Basel Masih di Bawah Standar


Nilai Adipura Basel Masih di Bawah Standar

TOBOALI (radarbangka.co.id) - Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Asri Husman mengungkapakan, nilai sementara penilaian Adipura yang diperoleh Basel saat ini adalah 65,9, sementara nilai skala minimal untuk meraih predikat Kota yang masuk ke dalam kategori baik yaitu harus memiliki nilai 73.

“Sedikit lagi kita sudah mencapai standar minimal itu. Tapi untuk meraih nilai tersebut tidak lah mudah, karena saat ini masih banyaknya sampah yang berserakan di jalan seputaran Kota Toboali,” ujar Asri Husman saat ditemui RB di ruang kerjanya, belum lama ini.

Kata Asri, lokasi yang masih menjadi perhatian meliputi ruas jalan Jenderal Sudirman yang masih terdapat banyak sampah yang berserakan, serta Pasar Tradisional Toboali yang masih semeraut karena banyaknya tenda-tenda biru bermukiman di sekitar kawasan pantai Paya Ubi.

“Rendahnya nilai yang kita dapatkan, karena masih banyak sampah yang berserakan serta kurangnya tempat pembuangan sampah. Dari hasil evaluasi pada bulan Oktober tahun 2010 kemarin Basel juga dinilai masih kurang tanaman hijau di sekitar perkotaan sehingga sangat gersang dan jauh dari kesan asrinya,” ungkap Asri seraya menghimbau kepada seluruh warga Kota Toboali untuk dapat berbenah diri, mulai sekarang yang bisa dimulai dari lingkungan masing-masing.

“Harus dimulai dari sekarang dari rumah masing-masing hingga lingkungan perkantoran, pasar, serta pusat perbelanjaan. Indikator Adipura adalah bersih dan asri,” ujarnya.

Kata Asri, mudah-mudahan dengan segala upaya dari warga masyarakat yang telah dilakukan secara maksimal selama ini, akan membuat optimis di tahun 2011, Basel mampu serta pantas untuk meraih Piala Adipura. 

Sementara itu Seketaris Daerah (Sekda) Basel, Ahmad Damiri menambahkan, penilaian tersebut belum final karena penilaian masih ada tiga tahap lagi. 

“Jadi Saya menanggapinya dengan positif penilaian itu untuk dijadikan pemacu, agar masyarakat Basel khususnya dalam Kota Toboali lebih giat lagi untuk meningkatkan lingkungan bersih. Selain itu juga, saat ini kita sedang membentuk tim dikoordinasikan kepada seluruh warga masyarakat, Camat dan seluruh Dinas terkait. Untuk meraih penghargaan Piala Adipura tentu bukan suatu hal yang gampang, Diperlukan persiapan dan pembenahan sejak awal,” ungkapnya. (cr30) 


Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Areal Tambang Meluas, Nelayan Tanjung Ketapang Resah
Areal Tambang Meluas, Nelayan Tanjung Ketapang Resah
Jum'at, 25 September 2020 17:00 WIB
TOBOALI - Puluhan nelayan Tanjung Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Bangka Selatan merasa terganggu dengan adanya aktivitas tambang pasir timah laut
PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
Kamis, 24 September 2020 21:10 WIB
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Nomor: 78/PL.02.3-Kpt/1903/KPU-Kab/IX/2020 Tentang Penetapan Nomor Urut bagi Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupatidan
Ini Nomor Urut 4 Paslon Pilkada Basel
Ini Nomor Urut 4 Paslon Pilkada Basel
Kamis, 24 September 2020 14:49 WIB
TOBOALI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar tahapan pengundian nomor pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
Kamis, 24 September 2020 00:12 WIB
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Nomor: 75/PL.02.3-Kpt/1903/KPU-Kab/IX/2020 Tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati